11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop

11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.jalantikus.com


Haluw brader and sistah, gimana, udah ada yang kepikiran mau beli gaming laptop blom?.eiittss, jangan ragu jangan bimbang jangan galau, untuk sekarang nih ye, gaming laptop syudah buanyak sangad opsi dengan spesifikasi yang macem-macem di pasaran, powerful, stylish nan awet.

nah, namun ada beberapa aspek yang harus bener-bener kita perhatiin buat brader and sistah sebelum memutuskan memilih gaming laptop mana yang akan dipilih.

Pada ga mau kan, setelah terlanjur beli malah nyesel sampe nangis darah gara-gara ekspetasi diluar harapan?. huhuhu.  Ayo Cekidot: 


1. Prosesor
11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.techradar.com
Prosesor adalah brain dari sebuah komputer. Laptop gaming pasti dibekali prosesor yang tinggi. Semakin tinggi prosesor, maka kualitas laptop akan semakin baik.
Kita bisa milih jenis prosesor yang akan digunakan, seperti Intel atau AMD. Kedua merk prosesor ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sih.Tetapi biasanya, prosesor dengan merk AMD lebih murah dibandingkan prosesor dengan merk Intel. 

Prosesor dengan merk Intel biasanya mempunyai 2 versi, yaitu versi U dan versi M.
Apa itu versi U dan M ?
disini akan aku jelasin,
Kalau versi U itu maksudnya Ultra Low Voltage
Apa itu Ultra Low Voltage ?

Ultra Low Voltage adalah prosesor yang memiliki tekanan yang cukup rendah, biasanya laptop dengan prosesor Intel berakhiran huruf U sering digunakan untuk data / rendering.
Pokoknya untuk hal-hal selain game lah. Prosesor Intel dengan versi U ini pasti memiliki clockspeed (GHz) yang kecil.

Kalau yang versi M itu maksudnya Mobile.

Fungsinya untuk gaming. Performa nya cukup bagus jika digunakan untuk game. Selain itu, clockspeed nya pun pasti besar, biasanya diatas 2.5 GHz. Tapi, prosesor Intel versi M yang memiliki clockspeed antara 2.0 GHz hingga 2.5 GHz juga ada koq.
Kalo pengen memilih prosesor Intel, maka baik nya pilih Intel Core i7 ke atas untuk kelas gaming. Namun, kalo dana tipis, kamu juga bisa menggunakan prosesor Intel core i5. nah,  kalo memilih prosesor AMD, baik nya ambil yang A8, A10, dan sebagainya. Selain jenis prosesor, kecepatan prosesor juga harus dipertimbangkan dalam memilih laptop gaming. Usahakan memilih yang 2.5 GHz ke atas. 
Semakin banyak angka GHz pada prosesor, semakin baik kinerja laptop dan semakin nyaman digunakan untuk bermain game.



 2. VGA (Virtual Graphic Array)
     


11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : blog.dimensidata.com
Banyak orang yang jika sedang memilih laptop untuk gaming, yang dipentingkan hanya VGA. VGA memang penting, tetapi komponen lainnya juga penting. Kalau VGA bagus tetapi komponen yang lain biasa aja ya hasilnya pun biasa-biasa aja. VGA atau yang sering disebut kartu grafis ini mengatur kualitas gambar pada game saat kita bermain game. Semakin tinggi versi VGA, maka semakin bagus kualitas gambar yang tampil di game kamu.

Banyak anggapan orang yang keliru soal ini:
Di saat membeli laptop gaming, biasanya orang lebih mementingkan ukuran memory VGA ketimbang seri chipset pada VGA.
Hal itu salah besar.
Ada beberapa point khusus dalam membaca seri chipset pada VGA yang akan kamu pilih untuk games.
Misalkan ada VGA dengan seri chipset sebagai berikut : NVidia GTX 950
Cara membacanya adalah sebagai berikut :
  1. Angka 9 adalah angka generasi VGA tersebut. Berarti VGA tersebut generasi ke 9.
  2. Angka 50 adalah tingkatan kelas atau performa nya, semakin tinggi angka nya, maka semakin baik kualitasnya.
Dalam memilih Virtual Graphic Array (VGA) harus dipertimbangkan dan dipikirkan sematang mungkin dan se seksama mungkin agar kamu ga nyesel akhirnya. VGA memiliki peran penting yang sangat berpengaruh pada kualitas dan resolusi grafis pada game. 


3. Media Penyimpanan ( Harddisk )
11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.flipkart.com


Hardddisk juga tidak boleh dilewatkan. Perangkat ini sangat penting untuk menyimpan data-data pada game. Baik nya kamu memilih harddisk yang ukurannya minimal 1 TB, karena itu sudah cukup untuk menyimpan game-game besar. Jika kamu memilih harddisk di atas 1 TB pun ga apa-apa, tergantung kondisi keuangan masing-masing. Tetapi, harddisk 1 TB sudah cukup koq.



Mengapa disarankan untuk memilih harddisk dengan kapasitas 1 TB ? 



Karena kita juga tidak bisa menambah harddisk internal pada laptop. Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan harddisk yang sudah berkapasitas besar, supaya bisa menyimpan games-games yang berukuran besar. Tetapi, kalau anda sudah terlanjur membeli laptop dengan harddisk yang tidak terlalu besar dan space harddisk anda sudah hampir habis, anda bisa membeli harddisk external. 

Nah, selain itu, kalo ada uang berlebih, ada baik nya pertimbangkan memakai SSD. 



11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.amazon.com

Laptop gaming memang ga harus make SSD (Solid-State Drive), tetapi SSD mampu meningkatkan performa gaming khususnya untuk load dan kecepatan game.

Hal ini dikarenakan SSD menggunakan memory chip dan tidak menggunakan plat mekanik seperti di hardisk konvensional. Hasilnya kecepatan read-write data bakal jauh lebih cepat.

Tetapi ingat ya brader, SSD tidak akan membuat frame rate game menjadi lebih cepat, tetapi bisa membuat game yang kamu mainkan lebih responsif karena proses read-write nya yang cepat. Kamu juga perlu memperhitungkan storage yang kamu butuhkan mengingat dengan harga yang sama kapasitas SSD saat ini masih jauh dibawah hardisk konvensional.



4. RAM
11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.cdw.com


Strongly Recommended buat brader and sistah buat pilih RAM ukuran 4 GB ke atas. RAM segitu sudah cukup untuk bermain game-game besar.

Karena jika laptop anda hanya memiliki RAM yang kecil (2 GB itu kecil untuk bermain game berat), pastinya game yang anda mainkan akan mengalami lag atau seperti slow motion.
Pastinya hal itu sangat tidak disukai seluruh gamers. Untuk itu, pastikan anda membeli RAM dengan kapasitas minimal 4 GB.

Kalau RAM nya kurang dari 4 GB, lebih baik anda pikir-pikir dulu. Kalau bukan untuk game sih RAM sebesar 2 GB sudah cukup, Semakin banyak kapasitas yang terdapat pada RAM anda, maka semakin baik kualitas game anda.



Pilihlah RAM dengan jenis DDR3 karena RAM jenis ini tersedia banyak di pasaran. Jadinya, kalo pengen nambah RAM, ga bakal susah cari nya. Perhatikan berapa kapasitas RAM yang cukup dan sesuai keperluan. 

Banyak orang beli RAM hingga 16GB karena berharap performa yang jauh lebih powerful saat nge-game. Namun sebetul nya untuk sekarang RAM 4 - 8GB udah cukup dan mumpuni untuk memainkan mayoritas game koq. Bahkan RAM 16GB mungkin tidak begitu memberikan keuntungan lebih jika digunakan untuk memainkan game populer saat ini.


Daripada menggunakan budget untuk RAM 16GB, lebih bijak jika kamu menggunakannya untuk mendapatkan GPU yang lebih powerful atau SSD yang lebih cepat.


 5. Resolusi dan Layar



11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.battleofthebone2009.com


Resolusi layar yang cukup mumpuni untuk gaming adalah ukuran 1920 x 1080 karena layar dengan ukuran segitu besarnya sudah cukup mantap untuk menampilkan grafis game yang sangat memuaskan.


Sedangkan untuk ukuran layar, bagusnya untuk memilih layar yang berukuran sekitar 14″ karena layar dengan ukuran segitu sudah sangat memuaskan.



Tetapi jika anda ingin membeli layar yang lebih dari 14″, itu juga ga apa-apa.


6. Baterai



11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.merawatlaptop.wordpress.com


Pasti tidak enak kan kalau anda sedang asyik-asyik nya bermain game, tetapi laptop kamu kehabisan baterai. kamu pun berhenti bermain game, lalu mengisi baterai dan menunggu baterai laptop tersebut penuh.
Hal itu sangat  sanagt sangat tidak disukai para gamer dan sangat mengganggu keyamanan gamer ketika sedang bermain games.
Ketika bermain game, laptop sangat boros karena mengeluarkan daya yang besar.

Maka dari itu, pilihlah laptop dengan baterai yang mampu bertahan antara 3-6 jam.

Agar main aman, ga perlu terlalu kuatir lagi.


 7. Upgreadable Laptop




11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.windowscentral.com


Apa artinya ? Yaitu laptop yang bisa diupgrade.
Maksudnya ?
Maksudnya adalah laptop yang bisa diupgrade komponen-komponennya.
Karena seiring berjalannya waktu, games yang hadir di pasaran pasti akan membutuhkan kualitas laptop yang tinggi. 
Anda bisa mengupgrade komponen seperti RAM untuk meningkatkan kinerja laptop kamu.


 8. Port 



11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.iamyourguide.com


Port juga merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop gaming.
Pilihlah laptop yang memiliki banyak port, karena kamu bisa memasukkan perangkat peripheral seperti mouse ke dalam laptop tersebut.

Sebaiknya, anda memiliki laptop dengan minimal 3 Port USB 3.0.


9. Keyboard Gaming


11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www3.lenovo.com

 
Keyboard merupakan sebuah perangkat laptop yang cukup viral, karena jika tanpa keyboard maka sebuah laptop (apalagi laptop gaming) maka akan menyulitkan para penggunanya untuk mengoperasikannya seperti bermain game.
 
Rekomendasi keyboard gaming yang bagus adalah dilengkapi lampu / backlight dalam sela-sela keyboardnya. Tujuannya agar para gamer tidak bingung saat mencari tombol keyboard.
 
Selain itu, ada juga saran untuk keyboard gaming. Sebaiknya, pada keyboard gaming juga memiliki warna yang berbeda pada tombol W, A, S, D nya, karena para gamer sering menggunakan tombol tersebut untuk mengarahkan karakter dalam gamenya. 


10. After Sales / Garansi


11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.mobiltekno.com

Pada saat membeli laptop, kamu juga tidak boleh mengesampingkan yang namanya after sales / garansi. Garansi itu penting, apalagi bagi laptop gaming.


Apalagi untuk laptop gaming yang pemakaiannya pun membutuhkan waktu dan daya yang cukup banyak.



Kalau pemakaiannya cukup besar, maka kualitas semakin lama semakin berkurang. 



Masuk akal kan ?



Nah, jika laptop gaming pilihan kamu ga memiliki garansi, dan pada perangkatnya pun misal terdapat kerusakan yang hanya bisa diketahui setelah beberapa bulan pemakaian, maka Anda tidak bisa mendapatkan garansi.


Itulah pentingnya garansi.


11. Kualitas Audio


11 Aspek Penting Memilih Gaming Laptop
pict by : www.ebay.com

Bermain game pastinya sangat mengasyikkan apabila diiringi sound / musik. Kita seperti berada di dalam dunia game itu sendiri. 


Dan pastinya akan sangat menarik jika kamu memiliki headphone yang khusus untuk bermain game. Sebaiknya, jika kamu membeli laptop gaming, maka sekalian aja kamu membeli headphone nya agar proses bermain game Anda tidak tanggung-tanggung.

nah, itu lah 11 aspek penting dalam memilih laptop gaming. Ingat, teliti sebelum membeli, sedikit ribet mah ga apa-apa asal puas. mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. kalo ada kritik ato saran silahkan koment aja yah brader.

Baca juga : 4 Gaming Laptop Termahal di Dunia

1 comment

  1. mau dong mau dong, aku mau headphone yang keren di bawah itu

    ReplyDelete