12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.exim.ca.za
Hellow Brader and Sistah, di hari jumat berkah ini, yuk kita ngomongin tentang rempah khas indonesia. Sebagai salah satu negara penghasil rempah terbesar di dunia, nama Indonesia udah ga diragukan lagi di seluruh dunia.

Selain seni dan budaya, Indonesia memiliki kekayaan alam rempah-rempah yang sangat beragam. Keragaman rempah-rempah ini menjadi satu bagian tak terpisahkan dari kepingan sejarah bangsa Indonesia. Rempah-rempah inilah juga yang narik perhatian bangsa Portugis buat datang menjajah demi menguasai rempah-rempah yang saat itu ditemukan di Maluku. Sepanjang abad ke-16 dan 17, bangsa Portugis dan Spanyol memperebutkan penguasaan tanah rempah-rempah di Maluku. Disusul oleh bangsa Belanda di abad ke-17.


Rempah merupakan barang dagang utama dan paling berharga saat itu. Bayangkan aja brader, harga jual cengkeh hampir sama dengan harga emas batangan.!. Gilak..!.

Rempah-rempah memiliki nilai penting karena manfaatnya, misalnya untuk kesehatan nih ye, menghangatkan badan, ataupun pengobatan. Bahkan rempah juga sudah digunakan sejak bangsa Mesir Kuno, jauh sebelum jaman penjajahan bangsa Eropa di abad 16. Saat itu bangsa Mesir Kuno menggunakan kayu manis, merica, dan cengkeh untuk mengawetkan mumi raja-raja Mesir. Rempah-rempah juga digunakan sebagai bumbu dalam meracik masakan.

Ada banyak buanget rempah-rempah khas Indonesia yang menjadi komoditas utama perdagangan, Yuk Cekidot :

1. Cengkeh

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.pixabay.com

Cengkeh atau Cengkih, dalam bahasa ilmiah disebut Syzygium Aromaticum, dalam bahasa inggris disebut Cloves, adalah salah satu rempah-rempah khas Maluku-ndonesia yang pernah bernilai mahal di Eropa melebihi harga emas.! Provinsi Maluku adalah penghasil cengkeh terbesar. Daerah penghasil lainnya adalah Sulawesi Utara, Aceh, Sumatera Barat, Lampung, dan Jawa Tengah.

Cengkeh juga bisa disebut sebagai rempah-rempah paling tua di dunia karena menurut beberapa penelitian, cengkeh telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Selain digunain sebagai campuran masakan, campuran minuman, cengkeh juga digunain sebagai obat alergi terhadap udara dingin. 

Dalam bahan pangan sekecil cengkeh terkandung banyak zat-zat bermanfaat seperti zat anti inflamasi, Antibiotik, dan minyak esensial. Cengkeh bermanfaat buat ngobatin sakit gigi nyut-nyutan, mencegah radang, dan menjaga sistem pencernaan. Cengkeh juga bisa mengatasi sinusitis dan membantu merangsang keluarnya lendir yang tertahan. Cengkeh juga baik untuk kecantikan nih brader, misalnya menghilangkan flek pada wajah dan menyembuhkan peradangan akibat jerawat.
.
Dalam masakan, Cengkeh umumnya digunakan sebagai penambah aroma seperti pada Gulai, Kari, Nasi Kebuli dan sebagainya. Masakan Timur Tengah banyak mengandung cengkeh sebagai penambah aroma. Tidak hanya itu aja brader, cengkeh juga bisa dijadiin hiasan misalnya di kue Nastar, Bolu, dan sebagainya. Di beberapa daerah di Indonesia, bubuk cengkeh dicampur dalam kopi hitam sebagai penambah rasa dan aroma. patut dicoba buat pecinta kopi nih brader.

2. Pala

 

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.pixabay.com
Pala, Dalam bahasa ilmiah disebut Myristica Fragrans, Dalam bahasa inggris disebut NutmegDaerah Penghasil utama pala adalah Sulawesi Tenggara, Papua, Maluku, Bengkulu dan Sulawesi Utara. Indonesia adalah negera terbesar ketiga sebagai penghasil pala. Pala mengandung zat kalsium dan magnesium yang bagus untuk perkembangan tulang dan membantu menjaga kesehatan organ-organ tubuh brader. Pala berfungsi sebagai penghangat tubuh dan menjaga metabolisme serta membantu proses detoksifikasi alami.

Saat ini brader, pala juga lagi diteliti dan dikembangkan sebagai penghambat sel kanker darah karena mengandung semacam minyak essensial. Pala juga baik untuk kesehatan kulit dan menjaga sirkulasi darah.

Untuk urusan kuliner, Pala ga peru ditanyalin lagi dah. Pala terbukti menambah aroma dan rasa rempah yang kuat dalam masakan. Contoh masakan menggunakan pala adalah Bakso, Sop, Rollade, Patty dan sebagainya. Pala juga terkadang digunain untuk menghangatkan tubuh dengan ditambahkan dalam minuman hangat berempah. Pala berkhasiat pula untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam bahan masakan misalnya ikan.

3. Lada

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.pixabay.com

Lada atau dikenal juga dengan Merica ato Sahang , Kalo Lada Hitam dalam bahasa ilmiah disebut Piper Nigrum, Kalo Lada Putih Piper Albi Linn, dalam bahasa inggris lazimnya disebut Black Pepper dan White Pepper, adalah rempah-rempah asli dari Indonesia.

Produksi merica yang sangat berlimpah membuat negeri Indonesia dinobatkan sebagai penghasil merica kedua terbesar sedunia. Provinsi Lampung adalah provinsi penghasil lada hitam terbesar. Lada putih banyak dihasilkan di Provinsi Bangka. Daerah lain penghasil lada adalah DI Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan DI Yogyakarta.

Cita rasa pedas dari lada mampu menghangatkan badan dan ampuh menghilangkan masuk angin. Selain itu, aroma lada yang sedap namun kuat biasanya digunakan untuk mengobati influenza. Dalam dunia masakan, Lada jadi bumbu utama di masakan indo ato pun masakan eropa/asia/amerika, dari masakan kaki lima sampe bintang 5, dari tukang masak sampe chef, istilah Salt-Pepper jadi familiar banget.

4. Kapulaga

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.dreamstime.com
Rempah-rempah satu ini banyak dihasilkan di sekitar daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dalam bahasa ilmiah kapulaga disebut Amomum Compactum, kalo dalam bahasa inggris disebut CardamonKapulaga dihasilkan terutama dihasilkan secara komersial dari Jawa Barat dan Sumatra Bagian Selatan.

Kapulaga sering digunakan sebagai penyedap makanan dan kue. Tak hanya itu, kapulaga juga sering dimanfaatkan sebagai campuran jamu dan obat-obatan. Seperti akar dari kapulaga yang berkhasiat menyembuhkan kejang perut. 

Di Dunia, kapulaga bisa kita temui di India, Bhutan, Bangladesh dan Nepal, Karena emang sih masakan daerah Asia Tengah kebanyakan memakai rempah ini brader. Kapulaga terdiri dari dua macam yaitu kapulaga Jawa dan kapulaga India.

5. Kayu Manis

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.pixabay.com
Kayu manis, kalo dalam bahasa ilmiah disebut Cinnamomum Verum, kalo dalam bahasa inggris disebut Cinnamons ini adalah jenis kayu dengan aroma yang tajam serta memiliki citarasa pedas dan manis saat diolah bersama makanan. Kayu manis banyak terdapat di daerah Jambi, Sumatera Barat, dan DI Yogyakarta.

Pada Minuman Cappucino, Taburan cinnamon membuat cappuccino makin sempurna brader. Kayu manis ternyata tak hanya bermanfaat untuk penyedap masakan saja. Tapi, kayu manis juga digunakan dalam pengobatan tradisional. Kayu Manis mengandung beberapa zat seperti Eugenol, Kalsium Oksalat, Lemak dan Asparagin.

Kayu manis juga berfungsi  sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh nih, meringankan sakit kepala pada penderita Reumatik, sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh serta dapat mencegah infeksi. 

6. Serai

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.kylemoreabbey.com
Serai atau Seres atau Sereh, Dalam bahasa ilmiah disebut Cymbopogon Citratus, Dalam bahasa inggris disebut LemonGrass masih termasuk dalam suku rumput-rumputan yang sering digunakan sebagai bumbu pengharum masakan. Serai memiliki kandungan sitronela. Kandungan Sitronela ini ampuh untuk mengusir nyamuk. Nyamuk tidak menyukai bau dari serai brader. 

Selain untuk mengusir nyamuk, Serai umumnya disuling untuk diambil minyak Atsirinya. Minyak serai memiliki banyak fungsi antara lain meredakan perut kembung dengan cara dioleskan ke bagian perut, Melembabkan dan menyehatkan kulit, hingga menghilangkan bau badan. 

Selain untuk kesehatan dan kecantikan, serai juga berfungsi untuk penyedap dan pemberi aroma harum dalam masakan. Masakan Indonesia sering mengandung serai dalam kandungan bumbu. Contoh masakan yang menggunakan serai biasanya masakan berempah banyak seperti Rendang, Soto, Rawon, Tumis-Tumisan dan masakan lainnya yang biasa ditemui di berbagai tempat nusantara.

7. Adas

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.organicsfact.net

Adas, Dalam bahasa ilmiah disebut Cuminum Cyminum, dalam bahasa inggris disebut Cumin. Biji Adas yg menghasilkan minyak merupakan salah satu bahan baku utama dalam pembuatan minyak telon. 

Dalam dunia masakan, Adas digunakan sebagai bumbu masak yang dapat memperbaiki rasa masakan dan sering digunakan utuk campuran salad dan bahan pengganti seledri untuk Sup.  Umbi adas juga digunakan sebagai bahan masakan, Umbi Adas dalam bahasa inggris disebut Fennel. Pasti brader-brader sering lihat kan di masakan eropa sering make Fennel  ini.

Biji Adas dapat disuling menjadi minyak Adas, Berfungsi Sebagai Anti Inflammasi, Diuretik, dan Anti Mikroba. Sebagai obat herbal, Adas yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti perut kembung, mual, diare, sakit kuning, kurang nafsu makan, batuk berdahak, asma, hernia, insomnia, batu ginjal, rematik, bahkan untuk memperbaiki penglihatan. Selain itu fungsi lain dari adas adalah membantu memperlancar dan memperbanyak ASI. Dapat membantu meringankan Nyeri Haid, Memperlancar Haid, dan mengatasi Haid yang tidak teratur

8. Kunyit 

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.alodokter.com
Kunyit, Dalam bahasa ilmiah disebut Curcuma Longa, Dalam bahasa inggris kunyit disebut Turmeric. Daerah penghasil kunyit terbesar di indonesia adalah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. 
Dikarenakan warna kuning pada daging buah, kunyit sering kali digunakan sebagai bahan pewarna untuk makanan atau masakan rumahan. Untuk menghasilkan masakan gulai yang sedap umumnya para koki rumah makan akan menggunakan kunyit sebagai pewarna alami. Selain Gulai, Rendang juga merupakan salah satu makanan kegemaran masyarakat Indonesia yang menggunakan jenis tanaman ini.
Di sektor kesehatan, kunyit memiliki banyak kegunaan. Manfaatnya yang paling utama adalah untuk mengobati atau menjaga bagian perut terutama mengatasi perut kembung atau bagian lambung. Banyak pula yang menggunakan kunyit sebagai obat untuk melancarkan pernafasan atau mengobati rasa gatal yang hebat. 

Untuk menjadikan kunyit sebagai bahan masakan, gunakan air perasan dari kunyit ini sendiri. Sementara ada pula orang yang menggunakan kunyit dengan cara digebrek seperti yang umum dilakukan kepada Jahe. Kemudian kunyit dimasukkan ke dalam masakan. Proses masakan yang menggunakan banyak air akan membuat kunyit mengeluarkan cairan kuning yang nantinya akan berpengaruh pada warna masakan yang dihasilkan.

9. Bunga Lawang 

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.kinisehat.com

Bunga Lawang atau Pekak, dalam bahasa ilmiah Illicium Verum dalam bahasa inggris disebut Star Anise. Bunga lawang/Pekak  dijadikan rempah untuk menjadi penyedap rasa untuk makanan, sama seperti kulit kayu manis dan bunga cengkeh. 

Bunga lawang juga banyak dipakai dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk Kari. Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia juga banyak memakai bunga lawang untuk penyedap masakan. Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja Gulai Aceh, Rendang Minang, masakan Jawa, dan Bali.

Mempunyai rasa yang hampir sama dengan adas manis. Bunga lawang sangat baik untuk kesehatan kita dan bahkan dapat dijadikan minuman seperti teh.


10. Ketumbar

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.lorongperihal.id

Ini adalah salah satu rempah khas Indonesia yang populer, Ketumbar, dalam bahasa ilmiah disebut Coriandrum Sativum, dalam bahasa inggris disebut Coriander. Bentuknya hampir sama dengan lada, hanya saja kulitnya lebih kasar dan lebih kecil. 

Kegunaan dari ketumbar tidak lain adalah sebagai bumbu pelengkap masakan. Masakan tradisional Indonesia yang dikenal kaya akan citra rasa umumnya menggunakan ketumbar sebagai campurannya. Daun ketumbar digunakan seperti halnya kita menggunakan daun Seledri. 


Dengan menggunakan ketumbar, rasa dari masakan yang dibuat akan lebih pekat. Umumnya masyarakat akan menggunakan ketumbar yang digerus untuk mendapatkan rasa seperti itu. dalam masakan seperti Gulai ataupun sambel, highly recommended buat brader make ketumbar bubuk ato pun daun ketumbar. Selain penguat rasa alami, ketumbar juga dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan kembung sehingga memperbaiki saluran pencernaan. Ketumbar juga dipercaya dapat melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Tanaman ketumbar banyak tumbuh di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan.

11. Jahe

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.vemale.com

Jahe, dalam bahasa ilmiah disebut Zingiber Officinale, dalam bahasa inggris disebut GingerDi jaman penjajahan, jahe sering digunakan oleh tentara kompeni sebagai campuran makanan atau minuman penghangat tubuh ketika musim dingin. Karena itulah, sejak jaman itu hingga kini, jahe tetap menjadi primadona di Eropa yang mengalami musim dingin hingga minus di bawak nol derajat. 

Sampai saat ini hanya terdapat beberapa sentra utama penghasil jahe gajah di Indonesia. Antara lain Bogor, Tasikmalaya, dan Sukabumi (Jawa Barat), Ngawi, Nganjuk, Ponorogo (Jawa Timur), Wonosobo, Magelang, Temanggung, Karanganyar, Wonogiri (Jawa Tengah), Lampung, Medan, dan Sulawesi. Jahe yang merupakan golongan rempah ini memiliki banyak manfaat didalamnya. Diantaranya dapat sebagai kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit seperti, kanker usus, jantung, rematik, masalah pencernaan, dan juga morning sickness atau mual-mual. Jahe memang sangat bagus untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Disisi lain, jahe pun sangat nikmat jika dapat diolah menjadi berbagai macam minuman seperti kopi jahe, teh jahe, gula jahe, dan masih banyak lainnya. Rasanya yang hangat sangat pas bila dinikmati ketika tubuh sedang tidak sehat ataupun sedang dalam cuaca dingin. Untuk diolah ke dalam makanan biasanya jahe diiris-iris lalu dicampurkan ke dalam masakan.

12. Kemiri

12 Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Menjadi Komoditas Utama Perdagangan Dunia
picture by : www.satujam.com



Kemiri, dalam bahasa ilmiah disebut Aleurites Moluccanus, dalam bahasa inggris disebut Candlenut adalah rempah yang digunakan sebagai penambah rasa gurih pada makanan.  Daerah penghasil kemiri antara lain Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat,Karena itulah, kemiri sering digunakan sebagai pengganti santan pada sayuran. 

Kemiri memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan kalsium yang cukup tinggi juga. Manfaat kemiri yang terkenal adalah untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut dengan cara dibuat minyak. Kemiri juga dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, kemiri bisa dimanfaatkan untuk obat diare.

Penggunaan kemiri untuk masakan berfungsi untuk mengentalkan kuah. Kemiri dapat membuat kuah bening menjadi keruh dan kental. Penggunaan kemiri untuk mengentalkan kuah biasanya dimanfaatkan untuk Soto, Rawon dan sebagainya. Selain itu, kemiri juga umumnya digunakan untuk membuat bumbu menempel pada bahan masakan misalnya bumbu balado agar menempel pada ayam.

2 comments

  1. itu bumbu memawa berkah dan derita ternyata ya, kan gara-gara rempah kita dijajah. coba kalau Indonesia miskin rempah, sudahlah itu, ga ada yang datang

    ReplyDelete
  2. Itu enak dan sedap buat bumbu masakan soup

    ReplyDelete