Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga




Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga
pict by : www.pixabay.com
Siapa sih yang ga tau apa itu ketombe..??? dia merupakan musuh umat seluruh dunia. lol. Ga kenal umur, bangsa, budaya, region, negara, dari yang muda-muda nih ye, sampai yang ubanan/tua, rata-rata pernah mengalamai konflik sama si doi.

Sampe sekarang, ada yang berhasil ngalahin ketombe nya, ada yang masih berkutat dan ada juga yang tinggal stress nya doank.. haha

Sebelum kita mulai dengan berbagai jurus buat ngalahin ketombe, sebaiknya kita intermezzo dulu brader n sistah, bak kata penyair melayu jaman dahulu, tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cuinnta. ceilehh. Nah, apa itu ketombe?.

Ketombe, dengan nama ilmiah Pityriasis Capitis adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala brader. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal jika pengelupasan itu jumlahnya sedikit doank, namun bisa menjadi masalah jika produksi ketombe menjadi di luar kendali, gatal, dan makin banyak. Banyaknya ketombe dapat menandakan terjadinya peradangan pada kulit kepala kita guys.

Ga hanya mengganggu kesehatan kulit kepala, ketombe juga dapat menyebabkan merah dan gatal pada kulit di sekitar wajah dan telinga. Beberapa hal di bawah ini dapat menyebabkan ketombe, antara lain:
  1. Adanya kelompok jamur tertentu bernama Malassezia, biasa berkembang biak di kulit kepala orang dewasa.
  2. Dalam banyak kasus, ketombe disebabkan oleh kulit berminyak yang mengalami iritasi.
  3. Kulit kering.
  4. Pemakaian produk perawatan rambut yang justru mengiritasi kulit kepala. Pada kulit kepala yang sensitif terhadap produk-produk perawatan rambut tertentu dapat mengakibatkan dermatitis kontak.
Nah, dah cukup jelas kan brader.? Next, adalah cara buat ngelawan ketombe yang terus membandel di kepala. Sebetulnya ada buanyak banget cara yang ada, baik yang alami ataupun yang lain. ada beberapa bahan alami yang sudah lama dikenal sangat manjur untuk atasi masalah ketombe kita. Beberapa diantara nya adalah:

1. Jeruk Nipis

Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga
pict by : www.remezcla.com
Jeruk Nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Selain ampuh buat ketombe, jeruk nipis dapat dipake untuk menebalkan rambut dan ngurangin kebotakan.


Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, yaitu :

  • Peras buah jeruk nipis
  • Campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya
  • Oleskan pada rambut
  • Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala
  • Bilas dengan air bersih

2. Minyak Zaitun

Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga
pict by : www.viva.co.id
Salah satu bahan yang sangat dikenal dunia, dari dipake buat masak, pijit, kecantikan, sampe buat ketombe juga bisa lho. Efek nya bisa cepat, aman dan permanen.

Caranya :
  1. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata
  2. Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak zaitun meresap
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air hangat

3. Garam

Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga
pict by : www.twogreatdaily.com
Bukan cuma buat bumbu dapur, pencair salju, pembersih mata,  Ternyata garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe juga brader. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam sangat mudah:
  1. Sediakan garam secukupnya
  2. Gosokkan garam pada kulit kepala
  3. Diamkan sebentar
  4. Bilas kepala dengan air hingga bersih

4. Tea Tree Oil

Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga
pict by : www.kawaiibeautyjapan.com
Bahan ini sekarang mulai nge hits guys, mulai dari sabun cair buat mandi, scrub, lulur, krim moisturizer sampe sabun cuci piring, Tea tree oil sangat digemari karna khasiat nya. Tea tree oil bersifat anti fungi. Cara penggunaannya juga sangat mudah.

Cara menghilangkan ketombe dengan Tea Tree Oil:
  1. Sediakan 1 sendok makan Tea Tree Oil
  2. Campurkan dengan 1 cangkir air hangat
  3. Semprotkan di area kepala, sambil dipijat ringan, lalu diamkan beberapa menit,
  4. Bilas kepala dengan air hingga bersih

5. Mandi, Keramas, Shampoo yang Tepat

Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga
pict by : www.scarymom.com
Kenapa aku masukin ke nomor 5?, Karna ini penting banget lah brader, coba ente bayangin, kalaupun kalo semua bahan alami di atas kamu-kamu pake, tapi kamu sendiri pun kaga pake mandi, keramas, shampoo yang tepat, kan percuma juga. lol. 

Pada dasar nya bahan di atas adalah untuk bahan tambahan doank, yang utama adalah, Kita harus tetep rutin mandi donk brader, minimal 2x sehari, tiap hari musti keramas minimal 1x sehari.
Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga
pict by : www.headandshoulders.co.id
Shampoo yang tepat sebetul nya lebih ke "shampoo yang cocok". Jangan lupa pastikan shampoo nya anti-dandruff ato anti-ketombe. Tapi, apabila kurang suka dengan aroma shampoo anti ketombe, pengecualian buat brader n sistah, bisa juga make shampoo apa pun yang disuka, asalkan ga pake ganti, lama kelamaan juga bakal cocok. Fase agar kepala cocok biasanya antara 1-3 bulan. jadi ga usah kuatir. 

So, Kebiasaan yang bersih akan diikuti sama hasil yang bersih. Segitu aja dulu dari aku guys, silahkan berikan kritik dan saran, feel free komen di bawah :D. see you guys next time.

QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)