Muda dan Beruban..? Tangani Sekarang


Muda dan Beruban..? Tangani Sekarang
pict by : www.everywhite.com

Hellow brader and sistah, Kali ini kita bakal bahas problem yang buanyak di alami sama temen-temen ato adik - adik kita. Yapp,, Uban..!!.

Uban ato Grey Hair ato rambut putih yang ada di kepala merupakan salah satu dari sekian banyak indikator bahawa usia mulai menua, bberapa orang mengaitkan nya ke kedewasaan dan bijaksana. nah, pada fase ini banyak hormon yg perlahan menyusut serta memperlambat regenerasi sel-sel tubuh. biasa nya kalo di cowok fase nya sekitar umur  40an tahun, kalo di cewek 30an tahun. Nah, apabila uban mulai bersemi di saat masih muda, itu tandanya ada yang kaga beres sama tubuh kita.

Kenapa sih mulai banyak muncul uban di saat usia masih muda..?? apa penyebab nya dan gimana pula cara ngeberesin nya.??

Biasa nya nih ye, Uban yang muncul terlalu cepat bisa terjadi pada pria ato pun kaum hawa. meski para pria kliatan lebih sering kena, namun banyak juga lho kaum hawa yang dah beruban di umur muda, cuma mereka lebih pandai nutupin uban nya dibanding para cowok.

Faktor penyebab usia dini bisa berarti banyak hal nih guys, tekanan tubuh yang terlalu besar, kurang gizi, kemungkinan penyakit berat, sampe ke faktor genetika ato pun keturunan. semua bisa bikin rambut putih sebelum waktunya.

Muda dan Beruban..? Tangani Sekarang
pict by :www.healthncare.com

Stress merupakan salah satu faktor penyebab nya. Yap, kita tau bahwa semua masalah d badan itu bersumber dari otak kita sendiri. Stress kita, depresi, emosi, itu bisa menyebabkan hal-hal negatif dan berujung pada penyakit ato fenomena di tubuh. Makanya semua dokter salah satu saran nya pasti sama, "ibu/bapak hindari stress ya". lol.

Kurang Gizi juga jadi faktor tumbuh nya uban di usia muda. Lho koq bisa???? Ya bisa donk, asupan buat hormon dan sel yang jaga kesehatan rambut kan juga perlu di support sama makanan, jadi semakin kurang makanan bergizi, semakin lemah pula hormon dan regenerasi sel, dan semakin banyak dan cepat pula uban tumbuh dan berkembang biak. lol.

Kemudian Faktor Gen. Ga sedikit juga uban yang tumbuh di usia muda gegara keturunan ato penurunan genetika. nah, yang berperan disini adalah Kromosom yang turun dari orang tua ke anak. Dalam arti lain, kalo si bapak memiliki masalah beruban di usia muda, kemungkinan anak nya juga bakal mewarisi hal yang sama nanti nya, dan terus turun temurun.

Selain itu ada juga masalah Polusi, penggunaan minyak rambut yang berlebihan, cat rambut dan konsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Nah, kalo memang salah satu faktor di atas tadi emang pernah kalian alami, memang dah saat nya buat di perbaiki.

Sampe saat ini ada banyak cara untuk atasin masalah uban di usia muda, contoh nya adalah penggunaan shampoo dan cabut uban. Namun, ada yang harus di waspadai kalo mau cabut uban, di kepala banyak banget syaraf-syaraf yang berhubungan langsung dengan tubuh, jadi lebih baik hati-hati, bisa-bisa syaraf ada yang terganggu. Menurut beberapa ahli juga, Uban juga dipengaruhi oleh kinerja paru-paru dan ginjal yang kaga maksimal.

Oh iya guys, ini ada ulasan yang mayan buat kesehatan kepala juga, Ketombe dan Ketombe. Jangan lupa di cek yakk..

Berikut cara alami buat atasi masalah uban di usia muda:

1. Konsumsi Makanan Bergizi 

Pola makan yang sehat adalah syarat wajib biar tubuh juga sehat, perbanyak konsumsi juga makanan yang baik untuk kesehatan rambut, di anatara nya :

Muda dan Beruban..? Tangani Sekarang
pict by : www.greeango.id

  1. Wortel 
  2. Bayam
  3. Wijen
  4. Melon
  5. Daun Plantago
  6. Daun Pegagan
  7. Buah-Buahan yang Kaya Vit. C (Misal, Jeruk dll)

2. Gunakan Minyak Rambut Secukup nya

Muda dan Beruban..? Tangani Sekarang
pict by : www.gatsbyindo.net
Penggunaan minyak rambut ato Gel bisa menyebabkan kerusakan rambut lho, rontok, patah, sampe uban. karna itu, gunakan secara bijak, ga usah berlebihan, dalam 1 hari cukup 1-2 kali aja brader. 

3. Hindari Stress

Muda dan Beruban..? Tangani Sekarang
pict by : www.hellodoct.id

Ini nih salah satu yang paling penting, Tetap jaga pikiran selalu tenang dan bahagia. kalo awal nya sudah stress, ujung nya bukan cuma uban, tapi penyakit lain juga bakal menyusul brader. Hindari Begadang juga brader, karna begadang bisa merusak sel dan syaraf kita.

Selanjutnya, tanamkan dalam diri kita untuk konsisten merawat tubuh, toh tubuh kita sendiri kita yang merawat donk, kalo rusak sekarang, ke depan sesal tiada guna. ceilee.. Mandi yang teratur, pake shampoo jangan berlebihan,, terlalu berlebihan bisa merusak kesehatan rambut. 

Nah, itu ae dulu dari aku. silahkan bagi temen-temen yang mau ngasih kritik dan saran. feel free. Maklum, sebagai penulis pemula ane sadar kalo masih banyak salah. hahaha

Baca Juga : Atasi Masalah Ketombe Sekarang Juga!!

6 comments

  1. yup, yang paling penting itu hindari stress, hu um

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, krna nya kurangi stress yakk, biar selalu sehat wal afiat :D

      Delete
  2. iyah, terkadang walaupun make minyak rambut/gel mahal pun, uban tetep muncul jugag lho,,

    ReplyDelete
  3. aku juga ada uban sedikit sih, cuma sekarang pake cat rambut biar ga kliatan,, hehe

    ReplyDelete
  4. kalo pake pewarna aja aman ga sih kak

    ReplyDelete
  5. saya kalo pakai minyak rambut gak tahan, pingin cepet-cepet keramas,, ahahhaha

    ReplyDelete