SEBELUM MEMBELI GITAR LISTRIK, PERHATIKAN HAL-HAL INI

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.ibanezvo.com
Hellowww pemirsahh, gimana khabar nya.? sehat khan...??. Harus lah, jikalau sakit, harus segera sembuh, sebab waktu kita di dunia terbatas, mari memacu kencang!! * kencang tapi cermat.. hohoohoho

Oke brader, pernah gak sih kalian ditanya, "Bang, gimane ya cara milih gitar bagus buat gue?", atau "mbak, gue cocok nya beli gitar yang gimana yakk??". Nah, terkadang kita jawab, "Serah lu lah,", ato " Bentar, gue cari di google dulu". wkwkwkwk kelamaan.

Mulai sekarang kalo brader sama sistah ditanya gituan lagi, jangan bilang "ga tau". Dengan postingan aku ini, aku harap kita semua ngerti tentang basic-basic dasar milih gitar listrik, sebelum membeli nya. Ingat, menyesal di belakang kaga bergune, mending cermat sebelum membeli. Jangan sampe uang kita terbuang percuma.

Selalu kita ingat brader, Dasar adalah hal yang penting. sebelum kita mulai, yuk cek bagian-bagian gitar listrik. Di bawah udah aku sediain gambar beserta keterangan nya. cekidot.

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.guitarnoob.co.id

Gimana, dah jelas kan? dari Head sampe Strap pin. Berikutnya, kalo brader nemenin temen ato sodara ke toko musik buat nemenin gitar, sebelum membeli gitar listrik nya, perhatikan hal-hal ini:

1. Untuk Siapa Gitar Tersebut Dibeli


sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.guitarsquare.net
Jelas ini wajib diperhatiin brader, perhatiin buat siapa ini gitar listrik bakal dibeli, sesuain dengan aliran musik, selera musik, ukuran yang pas, suara yang cukup bagus, pokok nya dengan ada nya gitar listrik ini, motivasi buat lanjut main makin berkobar-kobar. Jangan pula orang mau main klasik kita kasih gitar listrik, salah lah. Atau jangan orang yang badan kecil nan lemah kita kasih gitar yang bobot berat, salah pula itu.

2. Jenis-Jenis Body Gitar Listrik


sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.solidg.com

Body atau badan dari gitar listrik ada bermacam-macam loh, ada 3 macam pada umumnya yaitu Solid Body yaitu memiliki bodi yang utuh tanpa ada rongga, Hollow Body yang gitarnya terdapat rongga seperti pada gitar akustik. dan Semi-Hollow Body yang mirip seperti Hollow Body, tetapi pada bagian tengah gitar masih terdapat kayu padat, sehingga bodi gitar tidak sepenuhnya berongga. Pilih yang mana yang sesuai dengan teknik dan aliran, baru deh tarik.

3. Jenis-Jenis Pickups

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.sdommus.com

Pemilihan Pickup. Disini lebih penting dalam memilih artikulasi suara gitar yang dihasilkan. Biasanya pada gitar elektrik ada dua pickup, yang pertama (dekat dengan neck gitar) biasanya suara yang dihasilkan lebih rendah / tebal, pickup yang kedua (dekat dengan bridge) suara yang dihasilkan biasanya cenderung kearah treble. Pemilihan 5 way selector switch akan lebih membantu mengubah suara yang dihasilkan. Juga pemilihan apakah kita pengen make 2 Humbucker + 1 Single coil, ato cukup 2 Humbcukger saja. pilihan menentukan suara.

4. Jenis-Jenis Bridge


sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.whammyj.com
Style dari yang make gitar ato aliran nya perlu ditanya dulu nih brader, mau make bridge yang gimana nyaman nya, apa yang Vibrato Bridges seperti yang ada di Floyd Rose, Kahler, Wilkinson, Edge, Bigsby, dll. Vibrato bridges memiliki tambahan part, tremolo arm. Part ini dapat ditekan atau ditarik yang memungkin seorang gitaris merubah tegangan senar dan menghasilkan efek suara tertentu pada pitch. Kalo aku pribadi yang suka mainin tremolo arm, lebih milih floyd rose, 


sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.guitarmonstr.com


Atau kah brader lebih milih Non Vibrato Bridges, seperti yang ada di gitar2 model Les Paul seperti Artrock JPI Series, RLP Series, dan pastinya Gibson.Tinggal pilih.

5. Aksesoris


                                                    sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini


sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.picksstd..co.id
Nah terkadang ini yang sering khilaf, mentang-mentang udah beli eh malah yang dibawa balik cuma gitar nya doank, salah itu.

Aksesoris yang penting-penting juga harus di tarik juga, misal nya:
  • Case
    • Ya buat penyimpanan gitar kesayangan, bahasa awam nya Tas Gitar
  • Stand
    • Tempat istirahat gitar, aman ga goyang, beda kalo cuma nyender ke tembok 
  • Extra Strings
    • Ibarat mobil pasti ada ban serep donk, gitu juga gitar
  • Extra Picks
    • Beda tebal beda cara main, beda juga peruntukan, stok pasti perlu lah
  • Tuner
    • Memudahkan tune gitar kamu hanya dalam beberapa detik
  • Strap
    • Ga mungkin kan main gitar full 1 tangan? hahaha
  • Amplifier
    • Gitar listik ga ada yang masuk ke speaker  radio hahahaha
  • Kabel
    • Pilih antara sekitar 4-7 meter kira-kira
  • Efek Gitar/ Pedal Effect
    • Unutk awal, yang standar aja, dengan pedal minimal

6. Test Drive Dulu Sebelum Beli


sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.monsterguitar.co.id

Lha wong kita beli, ya kita berhak test drive dulu donk sebelum bayar. Nah, brader minta sama penjaga toko nya, kalo mau nge tes dulu gitar nya, tune standar dulu, duduk ambil posisi nyaman, baru deh tes main.

Kalo aku biasanya cek yang pertama, tekan senar 6 di fret 1, kemudian tekan juga senar 6 di fret 15, lalu perhatiin fret 2-14, kalo ada fret antara 2-14 yang kena senar atau ada antara fret 2-14 ketinggian jarak ke string, dipastikan itu gitar neck nya bengkok, ga banyak cingcong lansung ganti pilih yang lain. Setelah dapet yang lain, lalu uji kebengkokan neck nya lolos, baru deh ke next step.

Next step yaitu ngecek tegangan senar pada posisi tune standar apakah lembut atau terlalu keras/kencang. Pokok e kalo kaga lembut mending ganti, karena gitar listrik enak main ya senar nya walau tipis/tebal namun lembut kerasa pas main. Kalo tes kelembutan tegangan senar udah, lalu Coba tes mainin beberapa chord atau nada di clean, kemudian baru pake distorsi. Jangan ragu juga buat coba amplifier, kabel, pedal effect.

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.dholpinmuci.co.uk


Disini juga brader bisa nyoba perbedaan suara yang di hasilkan dari perbedaan pick-ups, perbedaan suara per merk gitar, kenyamanan macam-macam neck dan ketinggian string.

Kalo ngerasa kurang enak dan nyaman, jangan ragu atao segan untuk memilih gitar yang lain, karena dalam memilih, kita harus yang dapet yang benar-benar balance antara kantong dan kenyamanan. Yakk kalo bisa sih nyaman tapi murah abis.. hahahahaha



Buat brader yang di area kota bengkulu,   laper habis main gitar, coba cek:

PANGSIT KENANGAN, PANGSIT MAS BEJO CABANG SMA 2 BENGKULU

Highly Recommended lah.
Sekian dulu dari aku. Jangan ragu bertanya ato pun komentar di bawah. Next time, kita bawa topik lain lagi yang bakal bikin hari-hari kamu makin berwarna. See ya next time guys :O. 






30 comments

  1. duh ini harusnya dibaca waktu kemarin sebelum suami beli gitar. Sekarang udah terlanjung beli gitar akustik elektrik yg yamaha, tipe apa gak tau juga hehehe. Asal dia cocok ambil aja haha

    ReplyDelete
  2. Suka sama hollow body. Kayak merek Gibson gitu.

    ReplyDelete
  3. Aku ga bisa main gitar. Eh malah parah deng, ga bisa main musik. Mau start nyoba UKULELE dulu kayaknya. Gitu kali ya om? Biar nambah ganteng lah 10 derajat kalau bisa metik gitar eh ukulele ala Iz dari Hawai aja dulu ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang, konon kemampuan gitar mampu menambah karisma sampai beberapa kali lipat.. wkwkwkwkw

      Delete
  4. iya, sebelum membeli gitar juga perlu diperhatikan untuk siapa gitar itu nanti dimainkan

    *kode

    ReplyDelete
  5. Wuah ternyata ribet juga ya kalo milih gitar. Ngalah-ngalahin milih pasangan. Hahaha

    Makasih ya mas bro udah bagi2 tips milih gitar. Ntar kalo ada temen nanya tipsnya, kuarahin ke sini deh

    ReplyDelete
  6. Kakau gitar aku sukanya yang merek Ibanez karena itu gita gitarist favorit aku Joe Satriani wakakakakakak.
    Pada dasarnya sih lebih senang gitar akustik karena bisa main itu, kalau gitar listrikk biasa aja.
    Btw ulasan yang bagus mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw.. sipp... Joe Satriani juga salah satu gitaris pedoman saya :D

      Delete
  7. Kalau untuk gitar biasa, gitar yang sering pengamen pakai apa perlu memperhatikan hal-hal diatas juga :D

    ReplyDelete
  8. Papa aku di rumah ada nya make Les Paul katanya. Aku baru tau sekarang kenapa pick-ups gitar beda-beda.. hihihi

    ReplyDelete
  9. oh iya, kalo senar putus misal, langsung ganti semua atau lebih baik 1-1 aja yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1-1 aja ga apa, tapi pastiin merk senar sama ketebalan nya sama aja... :D

      Delete
  10. Badan aku kecil, kalo pas main gitar listrik jadi ilang, semenjak itu aku cari gitar listrik yang ukuran kecil ajah.....

    ReplyDelete
  11. Hmm kalo aksesoris paling stand sama casenya aja dulu dah ngirit biar kalo rusak aja macem senar dllnya hihi dan masih lebih suka akustik si wkwkwkwk. Yg sering aku liat ya yg solid body

    ReplyDelete
  12. Suami saya suka main gitar, tapi kami belum punya gitar listrik. Anak perempuan saya ingin dibelikan yang agak kecil. Kalau gitar listrik, ada yang ukuran kecil, enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh,, ada donk, sekrang model udah banyak, yang mini buat anak-anak juga ada mbak.. :D

      Delete
  13. Keluargaku gak ada yg bs main alat musik. Kalau ada temen yg genjreng gitar, pengen bgt belajar. Tp aku tuh buta nada. Jd soal gitar2 ini, aku seneng aja lihatnya. Mgkn bs direkomendasiin buat temen2ku yg main gitar

    ReplyDelete
  14. Yang dilihat gitar untuk dipake itu sih body berpengaruh banget karena untuk kenyamanan akan meningkatkan skill bermain game

    ReplyDelete
  15. Dulu kupengen belajar gitar, tapi gak diijinkan orang tua. Tapi makasih tipsnya ya kak...ku save ah

    ReplyDelete
  16. belum pernah beli gitar listrik, pernahnya gitar biasa dan tanpa accesorisnya...ya gitu deh, kalau mau meletakkannya bingung karena enggak punya stand-nya. Bodinya pun baret-baret karena gak ada case-nya... terima kasih, jadi kepikiran buat beli nih...

    ReplyDelete
  17. kebetulan di rumah udah punya gitar listrik yang bentuknya solidbody gitu punyanya suami.. kalo lagi senggang di rumah sering dimainin gitarnya, aku cuma jadi penonton aja wkwk

    ReplyDelete
  18. duh dari dulu pengin banget bisa main gitar, tapi sayang gak pernah kesampean huhuhu pengen banget bisa main gitar padahal :(

    ReplyDelete
  19. Aku pernah nonton film ttg anak seorang penyanyi terkenal yang hartanya dibala lari pengacara keluarga. Dan cm ditinggalkan macem macem gitar peninggalan ayahnya. Harga gitar tersebut mahal banget waktu dilelang. Ternyata wajar Sih ya. Ternyata memilih gitar itu ga bisa sembarangan, Harus tahu tips tips dasar.. kirain gitu Lh sekedar gitar kok bisa 75.000 dollar harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap mbak, gitar ori yang jadul biasa nya emang di hargai besar, apa lagi kalo misal masih mulus, uihhh,, bisa ratusan ribu sampe jutaan dollar dihargai :O.

      Delete
  20. Suamiku sebenarnya pengen beli gitar. Cuma tentu saja bukan gitar listrik hehe. BTW apakah cara ngetse gitar listrik tu pd prinsipnya sama dgn cara cek gitar biasa? TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja koq mbak, cuma kalo gitar biasa harus benar-benar hati-hati pas cek kelembutan tegangan senar pas tune standar, soal nya kalo gitar biasa susah di akalin nanti buat di lembutin tegangan nya.

      Delete
  21. Langsung tercengang liat bagian2 gitar. Aku bukan pemain musik dari alat apapun. Jadi nol besar banget soal alat musik termasuk gitar. Ternyata rumit juga ya. Salut sm yg jago ngegitar

    ReplyDelete
  22. Dari dulu kepengen banget belajar gitar huhu tapi belum kesampaian juga. Tipsnya bermanfaat banget, semoga aja bisa segera terealisasi untuk beli gitar biar bisa belajar gitar hehehe

    ReplyDelete
  23. Oh, gitu. Sejauh ini sih baru pegang aja, dan belum beli kalau gitar listrik.
    Baiknya memang begitu, sebelum beli kalau bisa tahu dulu barang yang akan dibeli, banyak cara bisa tanya atau searching, salah satunya baca di blog Mas Peri Hardiansyah.

    Bermanfaat, Mas. Makasih ya, sharingnya..

    ReplyDelete
  24. Yang teknik buat nentuin kebengkokakn neck gitar ini baru tau saya, sumpah.

    ReplyDelete