Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

SEBELUM MEMBELI GITAR LISTRIK, PERHATIKAN HAL-HAL INI


sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.ibanezvo.com
Hellowww pemirsahh, gimana khabar nya.? sehat khan...??. Harus lah, jikalau sakit, harus segera sembuh, sebab waktu kita di dunia terbatas, mari memacu kencang!! * kencang tapi cermat.. hohoohoho.

Oke brader, pernah gak sih kalian ditanya, "Bang, gimane ya cara milih gitar bagus buat gue?", atau "mbak, gue cocok nya beli gitar yang gimana yakk??". Nah, terkadang kita jawab, "Serah lu lah,", ato " Bentar, gue cari di google dulu". wkwkwkwk kelamaan.

Mulai sekarang kalo brader sama sistah ditanya gituan lagi, jangan bilang "ga tau". Dengan postingan aku ini, aku harap kita semua ngerti tentang basic-basic dasar milih gitar listrik, sebelum membeli nya. Ingat, menyesal di belakang kaga bergune, mending cermat sebelum membeli. Jangan sampe uang kita terbuang percuma.

Selalu kita ingat brader, Dasar adalah hal yang penting. sebelum kita mulai, yuk cek bagian-bagian gitar listrik. Di bawah udah aku sediain gambar beserta keterangan nya. cekidot.

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.guitarnoob.co.id
Gimana, dah jelas kan? dari Head sampe Strap pin. Berikutnya, kalo brader nemenin temen ato sodara ke toko musik buat nemenin gitar, sebelum membeli gitar listrik nya, perhatikan hal-hal ini:

1. Untuk Siapa Gitar Tersebut Dibeli

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.guitarsquare.net
Jelas ini wajib diperhatiin brader, perhatiin buat siapa ini gitar listrik bakal dibeli, sesuain dengan aliran musik, selera musik, ukuran yang pas, suara yang cukup bagus, pokok nya dengan ada nya gitar listrik ini, motivasi buat lanjut main makin berkobar-kobar. Jangan pula orang mau main klasik kita kasih gitar listrik, salah lah. Atau jangan orang yang badan kecil nan lemah kita kasih gitar yang bobot berat, salah pula itu.

2. Jenis-Jenis Body Gitar Listrik


sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.solidg.com
Body atau badan dari gitar listrik ada bermacam-macam loh, ada 3 macam pada umumnya yaitu Solid Body yaitu memiliki bodi yang utuh tanpa ada rongga, Hollow Body yang gitarnya terdapat rongga seperti pada gitar akustik. dan Semi-Hollow Body yang mirip seperti Hollow Body, tetapi pada bagian tengah gitar masih terdapat kayu padat, sehingga bodi gitar tidak sepenuhnya berongga. Pilih yang mana yang sesuai dengan teknik dan aliran, baru deh tarik.

3. Jenis-Jenis Pickups

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.sdommus.com
Pemilihan Pickup. Disini lebih penting dalam memilih artikulasi suara gitar yang dihasilkan. Biasanya pada gitar elektrik ada dua pickup, yang pertama (dekat dengan neck gitar) biasanya suara yang dihasilkan lebih rendah / tebal, pickup yang kedua (dekat dengan bridge) suara yang dihasilkan biasanya cenderung kearah treble. Pemilihan 5 way selector switch akan lebih membantu mengubah suara yang dihasilkan. Juga pemilihan apakah kita pengen make 2 Humbucker + 1 Single coil, ato cukup 2 Humbcukger saja. pilihan menentukan suara.

4. Jenis-Jenis Bridge

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.whammyj.com
Style dari yang make gitar ato aliran nya perlu ditanya dulu nih brader, mau make bridge yang gimana nyaman nya, apa yang Vibrato Bridges seperti yang ada di Floyd Rose, Kahler, Wilkinson, Edge, Bigsby, dll. Vibrato bridges memiliki tambahan part, tremolo arm. Part ini dapat ditekan atau ditarik yang memungkin seorang gitaris merubah tegangan senar dan menghasilkan efek suara tertentu pada pitch. Kalo aku pribadi yang suka mainin tremolo arm, lebih milih floyd rose.

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.guitarmonstr.com
Atau kah brader lebih milih Non Vibrato Bridges, seperti yang ada di gitar2 model Les Paul seperti Artrock JPI Series, RLP Series, dan pastinya Gibson.Tinggal pilih.

5. Aksesoris

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.picktd..co.id
                                   
sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.picksstd..co.id
Nah terkadang ini yang sering khilaf, mentang-mentang udah beli eh malah yang dibawa balik cuma gitar nya doank, salah itu.

Aksesoris yang penting-penting juga harus di tarik juga, misal nya:
  • Case
    • Ya buat penyimpanan gitar kesayangan, bahasa awam nya Tas Gitar
  • Stand
    • Tempat istirahat gitar, aman ga goyang, beda kalo cuma nyender ke tembok 
  • Extra Strings
    • Ibarat mobil pasti ada ban serep donk, gitu juga gitar
  • Extra Picks
    • Beda tebal beda cara main, beda juga peruntukan, stok pasti perlu lah
  • Tuner
    • Memudahkan tune gitar kamu hanya dalam beberapa detik
  • Strap
    • Ga mungkin kan main gitar full 1 tangan? hahaha
  • Amplifier
    • Gitar listik ga ada yang masuk ke speaker  radio hahahaha
  • Kabel
    • Pilih antara sekitar 4-7 meter kira-kira (harus dibeli karena biasanya kabel enggak include bersama gitar sewaktu dibeli)
  • Efek Gitar/ Pedal Effect
    • Unutk awal, yang standar aja, dengan pedal minimal
Oh ya, jika perlu tanyakan apakah ada minyak pembersih senar gitar, karena beberapa senar gitar jika tidak dibersihkan bisa langsung berkarat hanya dalam jangka beberapa minggu saja, jika tidak ada minyak khusus pembersih senar gitar, kamu bisa menggunakan minyak pembersih mein yang bening, dan jangan lupa di lap. Setiap pemakaian gitar, usahakan untuk dibersihkan dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

6. Test Drive Dulu Sebelum Beli

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.monsterguitar.co.id
Lha wong kita beli, ya kita berhak test drive dulu donk sebelum bayar. Nah, brader minta sama penjaga toko nya, kalo mau nge tes dulu gitar nya, tune standar dulu, duduk ambil posisi nyaman, baru deh tes main.

Kalo aku biasanya cek yang pertama, tekan senar 6 di fret 1, kemudian tekan juga senar 6 di fret 15, lalu perhatiin fret 2-14, kalo ada fret antara 2-14 yang kena senar atau ada antara fret 2-14 ketinggian jarak ke string, dipastikan itu gitar neck nya bengkok, ga banyak cingcong lansung ganti pilih yang lain. Setelah dapet yang lain, lalu uji kebengkokan neck nya lolos, baru deh ke next step.

Next step yaitu ngecek tegangan senar pada posisi tune standar apakah lembut atau terlalu keras/kencang. Pokok e kalo kaga lembut mending ganti, karena gitar listrik enak main ya senar nya walau tipis/tebal namun lembut kerasa pas main. Kalo tes kelembutan tegangan senar udah, lalu Coba tes mainin beberapa chord atau nada di clean, kemudian baru pake distorsi. Jangan ragu juga buat coba amplifier, kabel, pedal effect.

sebelum membeli gitar listrik, perhatikan hal-hal ini
pict by : www.dholpinmuci.co.uk
Disini juga brader bisa nyoba perbedaan suara yang di hasilkan dari perbedaan pick-ups, perbedaan suara per merk gitar, kenyamanan macam-macam neck dan ketinggian string.

Kalo ngerasa kurang enak dan nyaman, jangan ragu atao segan untuk memilih gitar yang lain, karena dalam memilih, kita harus yang dapet yang benar-benar balance antara kantong dan kenyamanan. Yakk kalo bisa sih nyaman tapi murah abis.. hahahahaha


QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)