BLANTERVIO103

KENCING JONGKOK ATAU BERDIRI ???

KENCING JONGKOK ATAU BERDIRI ???
Tuesday, February 20, 2018
Simulasi Kencing

Hari ini bahasan saya terkhususkan ke para sesama pria. Saya merasa suangat penting untuk bawa topik ini demi kesadaran kita akan kesehatan, kaga cuma bagian atas doank, yang bagian bawah juga harus diperhatiin donk brader.

Lelaki jaman now, selain maksimalin penampilan luar, Kesehatan juga tetap jadi prioritas utama pastinya. Luar dalem sehat, satu kata buat ente. Cadas!!.

Nih, salah satu aspek kesehatan yang vital buat kita para pria tampan ini (ceileeee) adalah tata cara kencing/pipis/buang air kecil. Memang sih keliatannya sepele, namun banyak brader-brader yang nyesel belakangan karena lalai. Makanya, kuy baca baik-baik dan laksanain.

Inget ga dulu ga sedikit orang tua, kakek-nenek, om-tante kita yang rewel ngingetin ke kita kalo kencing itu jangan berdiri, harus jongkok. Sewaktu kecil mah kita pasti cuekin ae, tapi semenjak udah lumayan gede, baca beberapa literatur, artikel, buku bahkan memahami dari beberapa ajaran dari ulama, ternyata tata cara yang kita lakukan selama ini adalah salah bueesar.

KENCING JONGKOK ATAU BERDIRI ???

Dari segi agama, jelas Nabi Muhammad SAW tata cara kencingnya jongkok, dari sini ae kita sebaiknya menirunya. Cuma 1 kali beliau kencing berdiri, yaitu sewaktu darurat kencing di tengah tumpukan sampah. Cuma 1 kali seumur hidupnya. So, ulama-ulama sangat menyarankan untuk kencing jongkok, kecuali pada saat darurat yaitu di saat yang benar-benar ga memungkinkan kita untuk jongkok, misal nih ya, di toilet bandara, yang ada cuma toilet tegak, ga ada toilet yang lain, maka saat itu ga apa-apa kencing berdiri. Ingat pada saat darurat doank.


Keran Air

Nah, coba kita cek, ada kaga sih manfaat kencing jongkok. Kita lihat dari segi kesehatan, ternyata ada beberapa manfaat yang ga boleh kita lewatin, cekidot :

1. Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Saat kencing/buang air kecil dengan posisi jongkok, maka kandung kemih akan tertekan dan memicu keluarnya seluruh urin dari tubuh tanpa sisa. Nah, kosongnya kandung kemih inilah yang mengurangi resiko kanker prostat brader.

2. Membuang sisa metabolisme tubuh lebih maksimal

Metabolisme bahasa awamnya sih proses kimia yang terjadi saat tubuh mengubah makanan menjadi energi. Nah, sisa dari proses ini dikeluarkan lebih maksimal pada saat kencing jongkok. Biasanya pada saat jongkok selain air, keluar pula gas, yang sangat jarang terjadi saat kencing berdiri.

3. Mengurangi Resiko Batu Kandung Kemih

Brader, kalo batu kandung kemih tau kan apa. Iyap, ialah batu yang terbentuk di saluran keluarnya urin. ia dapat berada di ginjal, ureter, kandung kemih, ato pun uretra. Masyarakat mengenali lebih sering mengenalinya dengan sebutan "Batu Ginjal", khusus bagi batu yang ada di ginjal doank tapi. Salah satu pemicu dari munculnya batu ini ialah adanya sisa urin yang masih tertinggal di dalam tubuh, bayangin, kalo sampah disimpan di dalam rumah ae tentu bikin munculnya penyakit kan, gitu juga kalo nyimpan sampah sisa metabolisme seperti urin di dalam tubuh, tentu ningkatin resiko penyakit, salah satunya batu tadi brader.   

4. Lebih Bersih 

Kalo kencing berdiri brader, cek dah, pasti sisanya pada lompat kemana-mana. LoL.  Celana kena percik lah, pakaian lah, beberapa spot kamar mandi, tentu efeknya selain bau juga najis plus kotor kan. Beda ceritanya kalo kencing jongkok. lebih aman, percikan ga kemana-mana. alhasil lebih bersih.


Simulasi Kencing Pria

Next, di Jepang pada 2007, sebuah poling menunjukkan bahwa 49 persen pria Jepang yang sudah menikah lebih memilih kencing duduk karena para istrinya menyuruh demikian. Sejumlah negara lain juga udah  tegas nanganin perkara ini. Pada 2012, Swedia dan Taiwan membuat aturan untuk melarang pria kencing berdiri. Anggota parlemen di Swedia mengusulkan aturan tersebut yang menegaskan para pria agar tak lagi kencing berdiri karena dianggap menjijikkan dan tak sehat. Sementara pemerintah Taiwan, lewat Menteri Administrasi Perlindungan Lingkungan, mengimbau warganya untuk tidak lagi mengikuti cara kencing tradisional. 

Jadi, ngapain kita malu ato malas buat kencing jongkok brader ??. Menyesal kemudian ga berguna lho. Kalo ga sekarang kapan lagi. Kuy jadi pria sehat.  

Share This Article :
Peri Hardiansyah

Menulis tentang apa yang terlintas di pikiran, Semoga bermanfaat untuk diri sendiri dan khalayak luas.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7472166934831473300