KOMUNITAS ITU WAJIB BRO

KOMUNITAS ITU WAJIB BRO
pict by : www.pixabay.com

Sebagai orang Indonesia saya paham betul gimana keberagaman budaya kita, dari Sabang sampe Merauke sana, dari Aceh hingga ke Papua sana, suku jawa, melayu, batak, minangkabau, dayak dan lain-lain. Ibarat gado-gado, justru aneka ragam isiannya yang bikin gado-gado makin leezat. Lha, koq ke makanan wkwkwkwk.

Sewaktu sekolah dulu brader, saya inget di pelajaran PPKN dan Sejarah, guru saya pernah bilang, kalo persatuan itu penting. Indonesia kaga akan pernah bisa merdeka kalo ga bersatu. Beliau mengibaratkan persatuan seperti sapu lidi. mau nyapu halaman rumah pake 1 batang lidi emang bisa?. Tentunya dengan sapu lidi pastinya baru bisa. kumpulan dari banyak lidi, terus diikat, jadilah sapu lidi yang mampu menepis sampah-sampah.



Pulang kerumah saya mikir lagi. Hmm,, betul juga sih, lha, wong tangan kita cuma 2, mata cuma 2, kepala cuma 1, kaki cuma 2. Semua mau solo karir ya mana bisa, bisa-bisa keteteran terus sia-sia doank. Kalo di masalah ini jangan tiru ucapan Dillan lah brader "berat, biar aku saja" hahaha, nyatanya pekerjaan yang berat bakal terasa ringan apabila dikerjain bareng-bareng. Disini saya baru paham kalo indahnya kebersamaan. *sok bijak wkwkwk :D

Blog adalah ranah yang baru saya sentuh, sebetulnya sedari SMA saya udah tau sedikit sih, cuman aktifitas Band mengalahkan itu semua. Akhirnya sekarang saya udah move on dari Band dan menuju Blog. Bagi saya ngeblog lebih memberikan manfaat lebih dari yang lain, share menurut kita yang layak di share, dengan harapan kita bisa membagi ilmu ke khalayak ramai. Walaupun sedikit, setidaknya kita sudah berkontribusi untuk manusia lain melalui pemikiran kita.

KOMUNITAS ITU WAJIB BRO

Nah, di taman wisata mangrove Bhadrika tanggal 25 Febuari kemaren saya akhirnya bisa ikut kelas blogger yang digawangi oleh Blogger Bengkulu. Acaranya seru dan akrab suasananya, salah satu bahasan yang disampaein pematerinya ialah mengenai Niche. Dijelasin kalo Niche itu harus jelas di tiap blog kita, seperti identitas, dengan niche yang jelas maka perkembangan blog akan lebih terarah dan konsisten, aliran job pun akan lebih lancar. So, jangan lupa putuskan Niche blog kamu apa, gitu katanya brader. Kalo saya Insya Allah sudah muantapp dengan niche Lifestyle di www.lifebrown.com. Meski awal yang berat sebagai newbie di dunia blog, namun akhirnya bisa juga mulai jalan walau masih banyak kekurangan di sana-sini, Semoga selalu istiqomah yakk, aminn. 


Setelah penyampaian materi dan tanya jawab, akhirnya kita makan bareng, menu sederhana, tapi nikmatnya luar biasa saat dimakan rame-rame. Sembari makan, saya menyempati pula untuk ngobrol-ngobrol santai dengan veteran atau pun sesama peserta di kelas blogger ini. Bertambah lah teman, bertambah pula ilmu. bermanfaat kan brader hohoho.

KOMUNITAS ITU WAJIB BRO
pict by : www.catatze.com
Oh iya, untuk acara Kelas Blogger 7 ini, Point'O menjadi salah satu sponsor kegiatan. Point'O merupakan usaha milik orang Bengkulu yang spesifik menjual Cream Puff. Khas dan unik, itu kesannya saat pertama saya liat produknya. Semoga usahanya semakin lancar ya tim Point'O. Ayo dukung bisnis lokal kita semoga makin jaya dan berkembang.

Komunitas Blogger Bengkulu bagi saya sih sangat krusial sebagai pemersatu teman-teman seprofesi, ato yang memiliki hobi yang sama. Inget brader, manusia adalah mahluk sosial, mahluk yang membutuhkan orang lain. Begitu juga kalo ngeblog, disini kita bisa berbagi informasi, event, tips dan trik, saling memotivasi, saling belajar, macem-macem lah. Bayangin lah kalo kerja sendiri. ckckckck. Semoga nanti komunitas kami bisa semakin berkembang dan eksis serta kompak hingga ratusan tahun kemudian *ceiileee :D

Cek juga : Niche dan blog 

*Artikel ini dibuat untuk menjawab tantangan #NulisSerempak dari Blogger Bengkulu .
  




27 comments

  1. Ada beberapa poin yang ingin saya komentarin.

    1. Komunitas itu wajib: sepakat.
    2. Niche itu penting? iya, sepakat. Harus? Balik lagi ke masing-masing si empunya sih menurut saya.
    3. Envy sama kelas bloggingnya, semoga di tempat lain bisa ada acara-acara serupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm... Iyap, jelas balik lagi ke empu, mau sampe berbuih kita ngasih tau tapi kalo empunya ogah ya ga bakalan jadi juga wkwkwkwk... Amin, semoga di kota lain juga sering ada. aminnn...

      Delete
  2. jika mau berkembang maka ikut komunitas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan,,,,biar gak one liner

      kalo boleh tahu gimana caranya bentuk komunitas yang solid yah??

      Delete
  3. Makanannya sederhana tapi menggoda selera, tuh.. #eh kok jadi salah fokus :D
    Setuju kalau komunitas itu bisa bikin kita maju bareng. Tapi kalau kita kurang sreg sama beberapa orang di sebuah komunitas, jadi kurang asyik juga sih :)

    ReplyDelete
  4. Setuju MaS
    Komunitas itu pentingg. Bisa jadi suport sistem yang baikk
    Karena itu penting bgt berkomunitas

    ReplyDelete
  5. komunitas itu mmg perlu
    kita ga bisa merasa "hebat' sendiri
    dari orang lain kita bisa dapat berbagai hal baru
    saling mensupport
    saya suka berkomunitas
    banyak kenal orang baru yg membuka jaringan baru

    ReplyDelete
  6. Saya sangat setuju mengenai gabung Komunitas. APlagi Komunitas Blogger yang salin komentari dan juga saling mengoreksi dalam hal yang baik sesama Blogger. Sebab melalui Komunitas tersebut, movitasi kita untuk muncul dipermukaan akan terlihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sependapat dengan komentar mas Pujiaman.

      Delete
  7. Waah pasti seru acara workshopnya ya. Apalagi tema bahasannya ttg niche yang ramah sponsor hahaha.
    Bagi bagi dong mba ilmunya, atuh..

    ReplyDelete
  8. Niche blogku Lifestyle, tapi suatu saat pengin aku kerucutkan lagi supaya lebih tertata. Dan dengan pengerucutan itu, mungkin juga akan muncul blog lainnya. Nah, itulah makanya belum dikerucutkan. Ngurus satu blog aja masih keteteran wkwkwk

    Sukses terus Blogger Bengkulu!

    ReplyDelete
  9. Bener juga nih, biar bs nambah temen juga ya, dan bs dpt ilmu2 jg :)

    ReplyDelete
  10. Ecie...yang dapat cream puff gretongan hheheheheee.....

    ReplyDelete
  11. Waah acaranya asyik yaah, komunitas penting banget agar kita bisa saling mendukung satu sama lain ya

    ReplyDelete
  12. Tanya doonk..
    Kenapa nama blognya lifebrown?
    unik..

    ReplyDelete
  13. Hahaha jadi semangat biar bisa berkomunitas di liar kampus terutama blogger sih, biar sesuai passion. Bosen sama organisasi kampus soalnya hmm hehe

    ReplyDelete
  14. Setujuu lah kalo komunitas itu penting, kalo lagi males nulis ada yg nyemangati juga hehe

    ReplyDelete
  15. Sebagai makhluk sosial kita perlu bersosialisasi dan pastinya harus sering berkomunikasi. dengan memiliki komunitas yang se visi dan misi maka akan terasa lebih mudah untuk menyelesaikan masalah yang sama.

    ReplyDelete
  16. Sepakat,dengan bergabung dalam komunitas kita bisa lebih banyak berkomunikasi dengan teman-teman yang memiliki visi sama. Kita bisa saling belajar dan berbagi pengalaman.

    ReplyDelete
  17. Aku ngiriiiiiiiiiiiiiii.
    Aku sepakat jika komuintas itu sangat penting, tetapi sampai sekarang aku belom pernah kopdar dg komunitas blogger. Hiks hiks hiks. Harus mencukupkan diri dulu dengan komunitas online. Semoga suatu saat bisa merasakan kebersamaan offline.

    ReplyDelete
  18. Menurut aku ya dengan adanya komunitas itu dapat membuka wawasan kita terhadap apa yg komunitas kita geluti termasuk komunitas blog..

    Seperti yang saya ikuti di medan taitu komunitas blog yang bernama Blogger Medan BlogM.. Tiap bulan mereka selalu mengadakan sharing session bisa berupa blog .Video creator dan sosial media ..Sangat membantu saya yg masih awam d dunia blog

    ReplyDelete
  19. Bener mas, setelah berkomunitas justru dapat banyak ilmu dan teman ya...

    Alhamdulillah di Jakarta, komunitas blogger banyak.

    Sukses terus ya blogger Bengkulu

    ReplyDelete
  20. Mantab gan di bengkulu ada komunitas blogger juga iya sih jaman skrng komunjtas itu perlu untuk berbagi share ilmu dan temen bermain juga

    ReplyDelete
  21. Setuju menurut saya berkomunitas itu penting. Bisa saling support, saling menginspirasi, saling menguntungkan pokoknya :D
    Enggak hanya soal kerjaan, tapi juga pengembangan diri :D
    Btw sukses ya buat Blogger Bengkulu :)

    ReplyDelete
  22. Iya komunitas itu wajib untuk mengasah dan mempertajam kemampuan kita. setuju deh kak!

    ReplyDelete