ERA TRANSPARANSI DEMI KEMAJUAN INDONESIA

ERA TRANSPARANSI DEMI KEMAJUAN INDONESIA
pict by : pribadi


Start from quote dari salah satu lelaki hebat Indonesia: "Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia - (Sunardi Rinakit - Staf Khusus Presiden)". Beuh, Bertempat di Hotel Amaris Kota Bengkulu kami keluarga besar Blogger Bengkulu diundang untuk datang ke acara "Flash Blogging" dengan tajuk "Menuju Indonesia Maju". 

Pukul 09.00 WIB acara dimulai, dibuka dengan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan kita, lagu Indonesia Raya, lanjut dengan do'a. Iyap, begitu khidmat, bagi saya pribadi yang sudah agak lama tidak menyanyikan lagu kebangsaan kita, begitu terangkai dari 1 nada awal saja, tetiba merasa rasa nasionalisme ini bertambah ratusan kali. ceileeee.

Good job Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia dan Tim Komunikasi Presiden. Memang acara seperti ini lah yang kami tunggu-tunggu. Dengan ini juga semakin tersambunglah komunikasi dan informasi antar pihak yang sangat membantu untuk proses edukasi masyarakat tentunya.

Materi pertama disampaikan oleh pak Andoko Darta (Tim Komunikasi Presiden) yang menyampaikan dan sangat-sengat menekankan tentang pentingnya memerangi berita HOAX. Kalo ibarat nih ya, berita HOAX ini ibarat bisa ular yang mematikan dan membunuh target. Very Dangerous. Apalagi kita sama-sama tau saking berseliwerannya berita, hingga kita sendiri pun berpendapat, "ya sudahlah, iya in aja". Ayo perangi berita HOAX !!!.

ERA TRANSPARANSI DEMI KEMAJUAN INDONESIA
pict by : Pribadi


Materi yang kedua disampaikan oleh mbak Mira Sahid, selaku perwakilan dari figur blogger nasional, KEB. Materi yang segar dan interaktif membuat suasana lebih cair lagi. Sangat inspiratif, kita belajar dari kisah blogger yang lebih senior, mengenai titik balik perjuangan konsistensi blognya hingga pencapaiannya yang sekarang.

Terus macam mana hubungannya era transparansi dengan kemajuan Indonesia?. Macam mana pula hubungannya dengan berita HOAX?. Sebelumnya ayo cek bagian dari slide paparan dari KEB (Kumpulan Emak Blogger), mbak Mira Sahid :

ERA TRANSPARANSI DEMI KEMAJUAN INDONESIA
pict by : Pribadi



Berkaca dari data di atas, kita bisa lihat kondisi dengan total penduduk Indonesia yang kira-kira 265,4 juta, dimana pengguna internet sebesar 132,7 juta, pengguna sosial media sebesar 130 juta, pengguna hape sebesar 177,9 juta hingga pengguna sosial media yang aktif sebesa 120 juta.

Kan kan kan, lihatlah perkembangan internet serta sosmed yang sangat pesat, otomatis arus berita semakin keras, begitu pula berita HOAX, tentu saja makin kenceng. Untuk itulah perlunya peran aktif kita sebagai rakyat Indonesia untuk mengontrol serta berpikir cerdas untuk pintar dalam menyingkapi sebuah kejadian atau berita. jangan langsung percaya, klarifikasi dulu, survey dulu.

Melalui internet maupun sosmed, pemerintah melalui kominfo serta berbagai pihak telah membuka jalur transparansi informasi yang lebih luas. 1x24 jam kita bisa mengakses berbagai macam portal berita atau portal informasi yang kita inginkan. Youtube kah, portal kementrian kah, semua ada. Niat aja lagi yang kita masih setengah-setengah.  Melalui internet ini juga kita bisa menjadi lebih dekat dan paham kepada para pemimpin kita, untuk ke depannya kita memberi koreksi maupun kritik mah bisa donk.

Era jaman Now, era yang lumayan menantang bagi kita, menuntut kita untuk cerdas dan teliti di berbagai aspek, termasuk aspek komunikasi dan informasi. Pemerintah sudah cukup transparan dengan program dan kinerjanya, Mulai dari BBM 1 harga, KIS, pengalihan subsidi, pembangunan daerah ujung indonesia dan lain-lain, tinggal kita lagi yang pintar untuk meneliti dan tak lelah mencari tau. Jalan sudah dibuka, Transparansi sudah,  ayo kita lewati dengan stabil dan seksama. Ada berita HOAX langsung hantam. Kemajuan Indonesia bukan cuma ada di pundak pemerintah semata, ini ada di pundak kita juga. Ayo sama-sama bertekad maju Indonesia!!!. 

  





9 comments

  1. Teliti adalah salah satu kunci ya kak, terimakasih telah berbagi

    ReplyDelete
  2. Mari bang kita lawan hoax dengan terus menulis, menyampaikan bahwa yang benar adalah benar dan menyampaikan yang salah dengan benar.

    ReplyDelete
  3. Transparan itu perlu agar hoax dan gosip tidak punya tempat di media indonesia

    ReplyDelete
  4. Keren acaranya, Narasumbernya keren-keren sih.
    Bener banget, kita harus mulai dari diri kita untuk bisa memberikan hal yang baik untuk kemajuan indonesia. minimal kita berinternet baik terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  5. Betul nih transparansi itu perlu biar masyarakat tau mana yg bener mana yg hoax

    ReplyDelete
  6. Acaranya keren, senang bisa bergabung juga disanaaa

    ReplyDelete
  7. Transparansi itu ontjng ya kak.. Biar nggakda kesalahfahaman..

    ReplyDelete
  8. Dari Bengkulu jangan pernah lelah mencintai Indonesia

    ReplyDelete
  9. Keren Acaranya kang...

    Kami sebagai ASN tiap hari senin menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya juga kok hehee...

    O Ya, kapan acara ini ada di Banjarmasin yah? Apa aku kurang update...heheee

    ReplyDelete