Kuy Intip Persiapan Asian Games 2018 Jakarta - Palembang !!!


Yo yo yo, Perhelatan akbar saentero Asia yang ditunggu-tunggu bentar lagi udah di depan mata nih bray. Apa lagi kalo bukan Asian Games!!. Asian Games atau yang kita kenal juga dengan Pesta Olahraga Asia adalah ajang atau event olahraga yang diadakan oleh Dewan Olimpiade Asia setiap empat tahun sekali. Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Asian Games ke 18, selanjutnya dengan konsep 2 lokasi pelaksanaan event yaitu Jakarta dan Palembang, maka jadilah Asian Games ke 18 ini juga dikenal dengan 18th Asian Games Jakarta-Palembang. menarik kan? :D

Lihat kan foto Gelora Bung Karno di atas?, ternyata pemerintah bener-bener sungguh-sungguh lho untuk mensukseskan perhelatan pesta olahraga akbar ini, salah satu buktinya adalah dengan renovasi berbagai fasilitas-fasilitas infrastruktur sebagai penunjang utama Asian Games yang menurut saya sih skalanya udah gak main-main lagi. Liat saja salah satu contohnya Gelora Bung Karno yang sudah direnovasi sampai kece badai banget, pakai rumput Zoysia Matrella pula, sistem tata suara 80k watt juga, ckckckck.

Trus infrastruktur yang lain gimana?, scroll ke bawah, dan lihatlah, betapa kecenya Aquatic Centre Palembang punya bray. Memang disiapkan bener-bener untuk memberikan servis yang memuaskan gak cuma buat para atlet, juga untuk penonton tentunya. 


Arsitektur atap venue ini dibuat semi indoor, dengan tetap memperhatikan faktor Eco Green, yaitu agar sirkulasi udara tetap berjalan secara alami. Struktur ini juga membuat Aquatic Green ini hemat listrik. Bahan atap terbuat dari membran, sehingga suhu panas saat siang hari dapat tertahan dan dilepaskan pada malam hari, sehingga membentuk warna-warni layaknya kunang-kunang.

Bahan material kolam renang berasal dari Myrtha Pool, sebuah pabrikan penyedia fasilitas kolam renang berstandar olimpiade. Pabrikan asal Italia tersebut memasok seluruh material kolam seperti liner (pelapis lantai dan dinding beton kolam) dan bulkhead (pembatas antar lintasan). Cekungan kolam berbahan stainless style yang diproduksi Myrtha Pool.

Pemerintah kita sadar dengan adanya acara ini, maka semakin terbuka kesempatan untuk semakin menunjukkan eksistensi dan kesiapan serta keberanian Indonesia untuk memperlihatkan kemampuan dan keanekaragaman budaya kita ke bangsa Asia secara luas tentunya.

Beberapa hari lagi tinggal hitung mundur saja, maka Opening Ceremony akan segera dilaksanakan, kira-kira bakal keburu waktu gak ya dengan renovasi infrastruktur-infratruktur ini?. Menurut saya, yes!. Karena dilihat dari progres pengerjaan, speednya termasuk cepat menurut saya, dan juga dengan tim-tim yang handal, pengerjaan proyek bisa dipersingkat lebih efektif lagi.

Setelah cek Gelora Bung Karno dan Aquatic Centre, kuy lihat arena pacuan kuda Pulomas, yang merupakan Equestrian terbesar di Asia!. Dimulai dari Pasir. Pasir yang dipakai di arena tribun utamanya adalah pasir dari daerah Bangka yang dicampur biotekstil dari Jerman. Hal ini membuat tekstur pasir terasa lembab. Widihhh. Tepat di depan area tribun utama, terhampar sebuah danau yang dikelilingi tanaman-tanaman hijau. Air di danau ini merupakan air yang digunakan untuk menyiram lapangan berkuda. Selain itu, ada juga arena Cross Country yang dibuat dengan kontur tanah tidak rata dan berliku diperuntukkan bagi ketangkasan berkuda.



 So, dengan berbagai macam fasilitas ini, saya rasa kita gak usah kuatir lagi, Asian Games pasti sukses dan memuaskan!. 
  

No comments