Beragam Manfaat Kacang Hijau


Kacang hijau adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Bisa juga disebut Mung Bean, Green Gram atau Maash. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Bagian yang paling bernilai adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge.

Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam bubur. Tepung biji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun.

Kacang hijau termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang memiliki sumber protein yang sangat baik, serta rendah lemak dan mengandung banyak serat larut dan tidak larut. Selain protein dan serat, kacang hijau juga mengandung beragam nutrisi vitamin dan mineral seperti asam folat, magnesium, karbohidrat  yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Berikut ini adalah beragam kandungan serta manfaat kacang hijau yang wajib kamu catet bray.

Magnesium

Magnesium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 53% magnesium. Dengan mengonsumsi cukup magnesium, Anda dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopause pada wanita, dan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan pembentukan sel-sel tulang. Selain itu, magnesium juga memiliki efek yang baik bagi penderita diabetes, untuk kesehatan jantung, dan membantu dalam menurunkan gejala sindrom pramenstruasi (contohnya kembung, nyeri payudara, dan insomnia).

Karbohidrat

Siapa bilang kita tidak butuh karbohidrat? Meski seringkali dihindari oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan, ternyata karbohidrat penting bagi fungsi dan kesehatan tubuh. Kacang hijau termasuk salah satu sumber karbohidrat yang baik. Pada saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang berguna sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa yang tidak terpakai akan berubah menjadi glikogen pada hati dan otot. Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat yang mengandung serat, sehingga manfaat karbohidrat akan dilengkapi dengan manfaat serat yang baik dalam menurunkan risiko sembelit atau konstipasi, menurunkan kadar kolesterol, dan baik untuk kesehatan usus.

Serat Makanan

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa kacang hijau baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Tapi, ternyata kacang hijau juga mengandung serat makanan yang tidak hanya bagus untuk memperlancar pencernaan, tapi juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, serat makanan tersebut juga dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung, dan diabetes. Semua hal ini tercapai karena serat dari kacang hijau membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih.

Asam Folat

Asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau cukup tinggi, sehingga kacang hijau baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan. Pemberian asam folat yang cukup selama masa mengandung dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah, dan bahkan memberikan perlindungan dari terlahir dengan cacat pertumbuhan sistem saraf (Neural Tube Defect) setidaknya 50%.

Rendah lemak

Manfaat kacang hijau lainnya adalah kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Manfaat kacang hijau yang beragam berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang kaya dalam kacang hijau. Tidak hanya beberapa kandungan di atas, kacang hijau juga mengandung kalsium, zat besi, zinc, potasium, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin Oleh karena itu, mulailah untuk memasukan kacang hijau ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Murah, mudah ditemui, dan dapat diolah menjadi beragam makanan.

3 comments

  1. aku waktu kena kolesterol juga banyak konsumsi kacang hijau dan susu kedelai. lumayan, sekarang kolesterol normal. Sekarang sering simpen kacang hijau matang di kulkas, tanpa santan.

    ReplyDelete
  2. ujan2 gini enaknya juga makan bubur kacang hijau sih... :D

    ReplyDelete