True Way How To Enjoy Music


Hello guys, dah lame tak jumpe. Meski matahari semakin panas, hati kita tetep adem lah ya, bagaikan sungai yang membasuh sekitaran tetangga. lha?!?! :o.

Kali ini kuy kita lihat gimana sih caranya yang seebenarnya untuk menikmati musik, kalo dalam bahasa negara tetangga sih "True Way How To Enjoy Music". Saya gak berani bilang kalo saya sudah berpengalaman di bidang musik yak, banyak mastah-mastah disana yang bakal lemparin pacul ke saya nanti, hahahaha. Disini saya bersudut pandang sebagai seorang penikmat musik, seorang yang masih suka main aransemen, masih doyan otak-atik instrument, dari pertama belajar main musik dan hingga sudah jadi bapak-bapak, and that's how i feel about.

Sekarang, satukan frame set di otak kamu, buang semua kamu fans siapa, bias siapa, suka musik apa, suka main musik yang mana, ayo kita satuin suara, Dooo..Reee..Mii..Faa..Soll...La...Sii......Doo......... \(OoO)/, Cakep.

Now, sekarang kita intermezo kuy tentang beberapa genre musik yang ada di dunia, banyak sebetulnya kalo mau disebut, bisa rematik jari tangan saya ngetiknya. lol. (^0^), tapi kita ambil sebagian sebagai contoh aja, apa aja sih, cek di bawah :

  • Pop
  • Rock
  • Metal
  • Klasik
  • HipHop
  • R&B
  • Dangdut
  • Blues
  • Jazz
  • Reggae

Look, apa yang terlintas di benak kamu ketika melihat genre musik yang ada di atas?. Apa yang pertama yang terbayang, terimajinasi di otak kamu. Saya yakin ada yang komen seperti "wow, gue banget cyinn", "Musik bikin adem", "Musik gak jelas", "Musik berisik", "Musik murahan, gak mutu". Sesempurna apapun suatu karya musik, pasti ada aja cacadnya kalo mau di survey ke beberapa orang yang berbeda. 

pict by : www.pixabay.com
But Wait, Stop Right There, saya gak bakal pengertian genre musik di atas apa-apa aja, bukan juga nge break down teknik dan cara mainnya, disini saya pengen nge fix cara di diri kita sendiri dulu. Masalah yang lebih teknikal nanti di posting selanjutnya saya kasih, sekarang kita bikin akar dulu sebelum melangkah lebih jauh bray. Coba tanya ke diri sendiri dulu deh, sudah berapa lama kamu mulai suka denger-dengerin musik?. Seberapa banyak yang kamu suka dan yang kamu benci?. dah? kuy lanjut.

Step 1 

Guys, Learn 1 word. "Apresiasi". Lho, koq bisa, lihat dulu, Apresiasi adalah menghargai terhadap sesuatu, break down lagi, Apresiasi Musik, adalah mendengarkan beberapa jenis musik dan mengapresiasi musik-musik tersebut. Sebuah lagu atau album, video musik,  mengalami proses yang panjang hingga bisa layak beredar di pasaran, beberapa step yang dilewati biasanya :

  • Menulis Lirik
  • Aransemen
  • Rekaman Studio
  • Rekaman Live
  • Take Rekaman
  • Mixing
  • Mastering

Proses yang lumayan panjang, terkadang butuh berbulan-bulan utnuk 1 single saja, tapi ada juga yang cukup beberapa hari sudah kelar. Sama kayak syuting sinetron, take pas rekaman bisa sampai berkali-kali hingga ditemukan titik yang pas. Capek?. Pasti. Belom lagi urusan sama label, sponsor, penjualan, jadwal manggung, jadwal syuting yang kadang oke kadang cancel, juga masalah fans dan anti-fans. So, dari sini kita belajar untuk mengapresiasi, bahwa 1 lagu atau track atau single saja itu gak semudah yang kita kira, perlu modal dan tenaga dan pikiran, apa lagi 1 album. 

Apakah kita bisa menghasilkan karya yang lebih hebat dari mereka? (jika kita berada di profesi atau posisi yang sama). 

Apakah karya kita bisa terjual jauh lebih banyak dari mereka?. 

Saatnya Buang Arogansi kamu bray. ^o^

pict by : www.pixabay.com
Jika kamu sudah melewati step ini, selamat , 75% kamu sudah bisa mendengarkan berbagai jenis genre musik dengan lebih nikmat dari sebelumnya. Karena setiap musik itu berbeda rasa bray, tapi dengan perbedaan itu lah dia membuat semesta kita jadi lebih greget. uhuuu.

Yes, we are once Arrogance, but not anymore, dengan frame ini, dari Pop sampai Reggae bisa kamu lahap semua bray, yuakinnn.

Step 2

Yepp, 25% kesempurnaan dalam menikmati musik terletak di device apa sih yang kita pakai untuk dengerin musik tersebut, Speaker kecil, Speaker Gede, Headphone, Earphone atau seadanya dari handphone. 

pict by : www.pixabay.com
Believe me bray, kualitas device 25% suangad menentukan kesempurnaan dalam mendengarkan atau menikmati musik, saya gak bermaksud untuk ente-ente belanja beli device yang mahal lho, dimensi atau ukuran gak selalu menjadi ukuran.

Kalau kamu benar-benar teliti dalam dengerin musik, kamu bakal sadar kalau ada perbedaan yang lumayan signifikan dalam output audio dalam beberapa device.

  • Tingkat Solidnya Bass
  • Noise
  • Ketajaman Suara

Sedikit dari sekian banyak perbedaan antara device yang biasa sama yang sedikit mahal, bagi yang gak masalah dalam memilah-memilih speaker/headphone/earphone, oke kamu bisa lebih detail lagi perhatikan seperti daun speaker, magnet speaker, jenis kabel atau port serta karet penyangga ke telinga untuk earphone, jenis bahan dan fleksibilitas holder dan busa serta kabel dan port untuk headphone dan masih banyak lagi.

Tapi untuk yang gak suka ribet, sudah, cek di toko langsung, atau online, bandingkan dengan produk yang jenis sama namun beda harga, lihat yang kira-kira agak mahal, sesuai bugdet, tarik. Well,, kalo kata istri saya sih, "Ada Rupa, Ada Harga". That's It!!.   



No comments