7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Bulan ini berisi pahala yang berlipat ganda, tentunya dengan suasana yang penuh dengan kegembiraan dan keceriaan donk. Variasi makanan dan minuman yang tersaji di dapur rumah tidak akan sama seperti biasanya apabila berada pada bulan Ramadhan ini.

Cenderung sih ya, makanan sewaktu bulan ramadhan ini lebih wah dan royal, hahahaha. Banyak menu yang bisa menjadikan mood kita semakin baik, dan membuat hari-hari di bulan ramadhan ini menjadi lebih menyenangkan.

Momen spesial ramadhan ini pastinya ada banget makanan dan minuman yang sangat spesial yang selalu hadir menemani kita. Pada kesmepatan kali ini, kita akan lihat 7 makanan dan minuman yang digemari saat ramadhan. kuy cek guys.

1. Kurma

7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Makanan ini menduduki posisi yang paling identik dengan makanan dan minuman khas saat ramadhan. Tiap kali disebut makanan dan minuman ramadhan pasti langsung inget, ah, Kurma. 

Yap, Kurma atau Buah Kurma merupakan buah dari pohon yang berjenis palem yang disebut pohon kurma, dengan daerah asal sekitar dataran timur tengah. Rasanya yang manis dan lembut menjadikan buah ini menjadi trade mark untuk berbuka puasa. Harga yang ditawarkan untuk buah kurma ini bermacam-macam lho, tergantung dengan jenisnya, ada yang jenis eceran hingga premium.

2. Cincau

7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Tahu kan cincau itu apa?. Sekarang kan sudah semakin menjamur penjual es cincau yang kerap kita jumpai di beberapa spot jualan di sekitar kita. Nah, yang kina kenal cincau biasanya ada 2 jenis, yaitu Cincau Hijau dan Cincau Hitam. 

Cincau hijau biasanya lebih ringan rasanya dibanding dengan cincau hitam, tapi kedua-duanya sama-sama baik untuk kesehatan koq, bermanfaat untuk panas dalam, malaria, maag, zat anti kanker dan sebagainya. Idealnya, setiap hari makan lah kurma minimal 3 biji untuk menjaga kesehatan kamu bray.

3. Kolak

7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Sajian ini yang biasanya selalu ada saat berbuka puasa. Bahan dasarnya ialah pisang, atau bisa juga dikombinasikan dengan ubi jalar yang kuning atau yang ungu, ada juga yang menambahkannya dengan labu kuning, tergantung dari selera dan kreasi masing-masing, hohohoho.

Varian yang paling populer ialah kolak pisang, diitambah dengan batu es, beuhhh, nikmatnya jadi berlipat-lipat euy.

4. Kolang Kaling

7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Bahan makanan ini pastinya sudah gak asing lagi kan di telinga kalian?. Kolang Kaling sekarang semakin sering dipakai oleh masyarakat untuk topping dalam berbagai macam makanan, dari sup buah hingga cemilan.

Kolang Kaling berasal dari buah aren yang masih hijau, kemudian biasanya direbus, dibelah, dan diambil biji yang terdapat di dalamnya. Buah ini bagus banget untuk memperlancar pencernaan kamu lho, so, jangan ragu untuk mengkonsumsi kolang kaling ini

5. Cendol

7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Minuman ini merupakan salah satu minuman yang berasal dari daerah Jawa Barat. Ada juga yang sering menyebutnya dengan Es Dawet, tapi sebetulnya berbeda lho. Es Cendol itu berasal dari Jawa Barat, dengan bahan dasar Tepung Hunkwe, sedangkan Es Dawet itu berasal dari Banjarnegara, dengan bahan dasar Tepung Beras atau Tepung Beras ketan.

Campuran yang biasanya untuk es cendol ialah santan, gula merah cair, dan es batu. Bisa juga kamu beri topping lain sesuai selera, warna hijau dari cendol bikin mood jadi naik ya. hohoho

6. Bubur

7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Makanan ini juga sering kita jumpai saat bulan ramadhan, biasanya disajikan saat berbuka puasa, teksturnya yang lembut membuat bubur menjadi salah satu makanan yang ramah juga di lambung. Toppingnya bisa kamu beri kedelai goreng, kerupuk, kecap asin, abon, kecap manis, atau saus sambal.

Olahan dengan kombinasi rempah menjadikan hidangan ini lebih nikmat, apalagi kalau ditambah dengan suwiran daging ayam atau daging, beuhh, enak euy.

7. Es Campur

7 Makanan Dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Minuman ini merupakan salah satu minuman yang paling merakyat di Indonesia. Harganya yang murah dan enak menjadi daya tarik minuman ini masih menjadi pilihan rakyat. Selain itu, adanya bermacam-macam topping dalam minuman ini menjadi sebuah ajang kreasi juga untuk ibu-ibu dirumah, biasanya mulai dari cincau, delima, cendol, sirup, tape hingga rumput laut sering dijadikan variasi. 

  

14 comments

  1. Tambah satu lagi nih, di sini juga sering ada es garbis atau blewah, segeeer ditambah sama sirop atau nata de coco

    ReplyDelete
  2. Saya suka banget sama es campur dan cendol, enak banget kalau pas buka puasa ini pake minuman itu. Tapi sayang, kalau didaerah saya susah nyari es cendolnya, padahal saya suka banget

    ReplyDelete
  3. Kalau di Makassar es pisang ijo wajib banhet ada pas ramadhan... dan saya pribadi makan es pisang ijo frekwensinya bisa 4x seminggu selama ramadhan..hihi

    ReplyDelete
  4. Semuanya aku suka... Mulai dari cincau.. Kolangkaling... Semuanya enak.. Es campur juga favorit akuh.. Duh puasa semua nikmat

    ReplyDelete
  5. Kurma alhamdulillah selalu Ada,, bikin ngiler semua ini klo buat buka puasa plng favorite dirumah es cendol...sesekali buka di luar milihnya but yam

    ReplyDelete
  6. kurma, iyes
    pokoknya menu wajib itu kurma
    selain enak yang satu ini sesuai sunnah

    ReplyDelete
  7. untung mampir kesini pas udah buka puasa klo ga bisa ngiler deh liat foto foto makanan yang mengugah selera

    ReplyDelete
  8. Nyam. .nyam...menu Ramadan emang selalu menggoda dan ngangenin. . khas banget gt ya...

    ReplyDelete
  9. Bubur? Wew.. kalo dsni es buah sama gorengan.. gorengan itu yg wajib..

    ReplyDelete
  10. Waaaah aku buka ini pas siang2 gini.. menggoda sekali wkwk. Kalau untuk buka puasa kurma itu yang paling utama sih kak. Sama es hehe

    ReplyDelete
  11. Ramadhan ini aku udah nikmatin kolak, es campur, dan cendol.. enak dan seger banget buka puasa pake yg manis2 gini.. btw aku suka pisang ijo juga.. semua makannya tanpa es, soalnya aku alergi makanan dingin :)

    ReplyDelete
  12. Masya Allah tabarakallah semua makanan dan minuman yang begitu menggoda sekali ya

    ReplyDelete
  13. Gorengaan...
    Hahaha....menu wajib saat berbuka.

    Aku bener-bener baru tahu kalau es dawet sama es cendol ini berbeda.
    Aku pikir, hanya sekedar beda nama karena beda tempat.

    ReplyDelete
  14. Favorit semua ini aku juga suka makan kurma dan bikin semua jenis masakan ini buat buka puasa kak

    ReplyDelete