Cara Puasa Tanpa Lemas


Pada minggu pertama awal-awal dari bulan Ramadahan ini, tubuh masih menyesuaikan dengan siklus puasa kita, baik itu pola makan maupun pola istirahat.

Banyak dari teman-teman kita yang terlihat sangat lemas padahal hari masih pagi, dan seharusnya kondisi masih fresh donk ya. Merasa lapar atau haus sih memang wajar, lemas saat puasa juga wajar, namun ratenya bisa kita kurangi dengan penanganan dan pencegahan yang tepat lho guys.

Berikut ini ada beberapa tips buat kamu agar puasa kamu tanpa ada kata lemas. Kuy scroll ke bawah.

Mengurangi Minuman Zat Diuretik Saat Sahur

Ada baiknya untuk mengurangi konsumsi minuman Kopi atau Teh pada saat sahur, saat berbuka puasa sih tidak masalah, yang jadi titik point adalah saat minum Kopi atau Teh dengan jumlah banyak saat sahur.

Sifat Kopi dan Teh mengandung zat diuretik, zat ini membuat tubuh kamu kehilangan cairan tubuh lebih cepat melalui urine atau pipis. Usahakan kurangi mengkonsumsi minuman ini.

Tidur Siang 30 Menit

Tidur siang berfungsi untuk mengganti porsi tidur malam kamu yang berkurang karena ibadah yang bertambah juga saat bulan ramadhan ini.

Menambah jumlah ibadah kamu juga penting, namun menjaga kualitas tidur juga penting, untuk itu tidur siang berkualitas selama 30 menit sangat dianjurkan agar menjaga kebutuhan istirahat tubuh harian. Sehabis shalat dzuhur merupakan waktu yang cocok untuk tidur siang.


Perbanyak Makan Sayur Dan Buah

Penting untuk menambah jumlah asupan makanan yang mengandung serat, vitamin dan mineral yang dibtuhkan tubuh. Cara yang paling sederhana dan nikmat ialah dengan menambah jumlah konsumsi sayur dan buah saat berbuka puasa dan sahur.

Dengan konsumsi yang ditambah dan rutin, maka asupan zat yang diperlukan tubuh akan terpenuhi, dan inilah yang juga turut serta mempengaruhi seberapa fresh kita saat berpuasa bray.

Olahraga Sehabis Sahur / Menjelang Berbuka

Puasa bukan berarti harus berhenti olahraga donk, gak perlu hentikan aktivitas favorit kamu ini apabila kamu berpuasa. Cukup akali saja di waktu olahraganya.

Kamu bisa berolahraga hingga dua kali sehari, dan waktu yang dipilih bisa antara menjelang berbuka atau sehabis sahur. 

Perbanyak Minum Air Putih

Negara tropis seperti Indonesia memang memiliki cuaca yang cenderung panas, sehingga salah satu cara agar berpuasa tanpa lemas badan kita harus menjaga kebugaran tubuh dengan perbanyak minum air putih.

Minimal konsumsi 8 gelas per hari, untuk membantu menjaga kebugaran tubuh dengan menjaga jumlah cairan tubuh dan mengurangi jumlah dehidrasi.

9 comments

  1. TIPSnya cespleeengg banget nih. Kudu dipraktekkan biar puasa lancar jaya sentosa!
    Selamat ibadah Ramadhan yaaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. iya lho aku kan suka teh ya pas buka atau sahur. Bawannya mau pipis terus hahaha...memang puasa asupan makanan juga jadi perhatian ya biar dapat berkah sehatnya juga

    ReplyDelete
  3. teh kopi nikmat diminum selepas buka/traweh ya..heheh...olahraga juag tetep penting puasa. kalo aku ambil waktu habis traweh

    ReplyDelete
  4. Tapi aku senang sekali minum teh manis loh saat buka puasa ataupun sahur mbak

    ReplyDelete
  5. air putih kudu nih.. aku yang sering dehidrasi dan pusing kalo sering kurang minum air putih

    ReplyDelete
  6. Perbanyak buah dan sayur wahib tuh, selain pencernaan juga buat badan lebih ringan.

    ReplyDelete
  7. Iya bangeett..
    Anakku sukanya minum teh...jadi bolak-balik aja gitu ke toilet.

    Dan beratnya shaum itu minum air mineral...pinginnya minum yang manis, yang seger, yang enak-enak...kalau air mineral, rasanya ada yang kurang.
    Hiiks~

    Gaya hidup itu yaa..

    ReplyDelete
  8. Aku yang masih kurang, makan buah dan sayur Sama istirahat berarti. Soalnya kalau sahur hanya lauk sederhana saja.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah semalam aku buka puasa dengan buah lega deh
    sekarang energinya beda banget sama pas nggak make buah

    ReplyDelete