Fakta Makan Beralaskan Daun Pisang

Fakta Makan Beralaskan Daun Pisang

Dari kita kecil, hingga sekarang, dari sudut pasar tradisional hingga pasar modern, masih sering kita jumpai penjual makanan yang menyajikan dagangan mereka dengan menggunakan daun pisang, disini daun pisang difungsikan sebagai alas loh ya. 

Bahkan sekarang, dengan mulai beralihnya trend gaya hidup kekinian, tidak sedikit terlihat menjamurnya restoran-restoran besar yang mengambil tema "Back To Nature", dimana mereka menyajikan hidangan dengan beralaskan daun pisang juga. Selain difungsikan sebagai alas makan, daun pisang juga digunakan sebagai pembungkus makanan. Jadi kesannya kayak earthy banget gitu (^0^).

Namun tau kah kamu bray, dibalik dari tampilannya yang adem di depan mata, ternyata daun pisang memiliki berbagai macam manfaat yang bisa kita dapat baik secara sadar atau tidak. Nah, ini kami berikan contoh beberapa kelebihan menggunakan daun pisang sebagai alas makan ataupun sebagai pembungkus makanan.


Bebas Zat Kimiawi 

Daun pisang cenderung aman untuk digunakan sebagai alas atau pembungkus makanan dibandingkan dengan daun tanaman lain yang ada yang pahit bahkan bergetah, sehingga cenderung tidak efisien. Selain aman, daun pisang juga bebas dari bakteri dan zat kimiawi berbahaya.

Fakta Makan Beralaskan Daun Pisang

Alami

Setelah digunakan sebagai alas atau pembungkus makanan, daun pisang yang selanjutnya dibuang sebagai sampah dapat sangat mudah diurai oleh tanah, yang ujungnya daun pisang ini bisa berfungsi sebagai kompos alami. Sangat berbeda dengan bahan plastik atau metal, yang tidak ramah lingkungan. Dengan penggunaan daun pisang ini, alam tetap aman, tanpa polusi, dan ramah lingkungan lho bray.

Menambah Cita Rasa Makanan

Ternyata, daun pisang memiliki senyawa bernama Polifenol yang berfungsi bukan hanya sebagai anti oksidan, tapi juga berfungsi sebagai senyawa yang menambah cita rasa makanan lho. Makanya tak heran, banyak teman-teman yang berkomentar, koq makan pakai daun pisang bisa terasa lebih nikmat ya. Lha itu efek si Polifenol bray (^o^). Selain itu daun pisang terkenal memiliki sifat anti bakteri sehingga makanan yang dibungkus bisa tersimpan lebih lama dengan kondisi yang baik.

Pembungkus Makanan Ideal

Daun pisang memiliki bidang dimensi yang lebar dan panjang, sehingga kerap kali digunakan untuk membungkus makanan, seperti nasi bungkus, sate, nasi goreng, gado-gado dan lain-lain. Tekstur daun pisang yang tebal, tidak berpori dan kokoh ini lah yang membuat makanan tidak merembes atau pun jatuh, sehingga daun pisang merupakan bahan ideal untuk pembungkus makanan.



No comments