BLANTERVIO103

Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Mengemudi Malam Hari

Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Mengemudi Malam Hari
Sunday, May 5, 2019
Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Mengemudi Malam Hari

Ada kalanya kita harus bepergian atau masih berada di jalan di saat hari sudah malam. Dengan kondisi tanpa ada cahaya matahari yang menerangi jalan otomatis mengemudi di malam hari membutuhkan tingkat kewaspadaan yang sangat tinggi, terutama apabila kamu melewati lokasi yang sangat minim cahaya seperti hutan, daerah sepi penduduk dan lain-lain.

Rendahnya tingkat pencahayaan dan daya lihat mata memeang menjadi faktor yang vital kenapa berkendara saat malam hari perlu ekstra hati-hati. Sikap kita pastinya beda apabila saat berkendara siang hari donk ya, so stay alert for more safety. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu waspadai saat mengemudi malam hari guys.

Kurangi Tingkat Terang Lampu Indikator Mobil

Coba perhatikan mobil kamu ada fitur Dimmer Switch atau tidak, jika ada, coba aktifkan dan tambah tingkat redup lampu dashoard dan instrument interior mobil lainnya. cahaya yang berlebihan dari item interior mobil bisa mengganggu fokus mata kita lho. Efek lain dari mengurangi cahaya interior mobil adalah menghilangkan pantulan cahaya yang berada di kaca depan, sehingga mata dapat beradaptasi dengan keadaan yang gelap.

Fungsikan Lampu Utama Dengan Benar

Perlu kita jelaskan lagi betapa pentingnya etika berkendara, terutama etika berkendara malam hari, penggunaan lampu utama dengan mode jauh (High Beams) seringkali di salah gunakan oleh banyak pengendara. Penggunaan yang benar ialah hanya memakai High Beams di saat dirasa perlu saja, di saat tidak ada kendaraan yang mendekat, naum saat ada kendaraan mendekat, terutama berlawananan arah, segera alihkan ke Low Beams, atau mode lampu sorot rendah. Penggunaan lampu utama secara sembarangan bisa membahayan, bisa mengganggu penglihatan pengendara lain.

Setting Headlight Dan Kaca Spion

Untuk lebih memantapkan fokus pancaran cahaya, juga agar menghindarkan kita dari silau cahaya kendaraan dari belakang, maka kamu bisa mengarahkan kaca spion mobil sedikit ke bawah, lalu ganti mode kaca spion bagian dalam kamu ke mode Auto Dim atau Night Mode. So, kita sebagai pengendara dan pengendara lain sama-sama merasa nyaman saat berada di jalan.

pict by : www.pixabay.com

Mengatur Kecapatan Dan Jarak Antar Kendaraan

Atur kecepatan secara pintar, terutama saat malam hari nih bray, Depth Perception (kemampuan mata untuk mengenali objek), pengenalan warna dan Peripheral Vision (penglihatan seseorang di sekeliling benda utama) semuanya bakal terganggu saat kondisi gelap. Di sisi lain, 90% dari reaksi pengemudi bergantung pada penglihatan.

Harus diingat bray, sinar low beams hanya mampu menjangkau sekitar 50 hingga 75 meter dari depan kendaraan. Sementara sinar high beams sekitar 100 hingga 150 meter di depan. Ketika mengemudi dengan kecepatan tinggi, dibutuhkan sekitar lebih dari 60 meter untuk berhenti agar ideal. Maka, memperhatikan jarak dengan kendaraan di depan sangat penting untuk dipahami bray.

Waspadai Hewan Yang Tiba-Tiba Masuk Ke Jalan

Banyak terjadi kasus seperti beberapa hewan yang seringkali melintasi jalan raya, oleh karena itu, selayaknya kita selalu waspada ya bray. Cara sederhana yang paling dijadikan indikator ialah dengan memperhatikan adanya titik pantulan terang cahaya yang muncul, nag itu adalah tanda dari sinar lampu yang terpantulkan oleh mata hewan, sehingga dengan memperhatikan hal ini, kita sebagai pengendara bisa melakukan pengereman sedari dini.

STOP Berkendara Saat Capek

Lebih dari 20% faktor utama penyebab kecelakaan di jalan raya adalah akibat pengemudi mengantuk di jalan. Mayoritas dari terjadinya kecelakaan itu, berhubungan dengan kelelahan yang terjadi di malam hari, capek. Bahkan kelelahan adalah faktor yang mungkin terjadi dalam pada hampir 1/3 kecelakaan tunggal di daerah pedesaan. Karena sudah cukup jelas, maka apabila terasa lelah atau capek, jangan paksakan untuk membawa kendaraan, lebih baik istirahat sejenak hingga fit, baru aman berkendara.


Share This Article :
Peri Hardiansyah

Menulis tentang apa yang terlintas di pikiran, Semoga bermanfaat untuk diri sendiri dan khalayak luas.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7472166934831473300