Plus dan Minus Mobil Automatic dan Manual

Plus dan Minus Mobil Automatic dan Manual
pict by : www.pixabay.com
Tahun 2019, sudah berapa lama kemajuan teknologi yang kita rasakan sekarang ini bray, termasuk ke perkembangan jenis kendaraan yang beredar di pasaran dunia.

Hampir semua produsen kendaraan memiliki produk-produk unggulan mereka sendiri yang tentunya memeiliki daya jual dan appeal yang menurut mereka mampu bersaing di pasaran. Nah, kita balik lagi ke basic dari jenis mobil yang ada di pasaran dunia sekarang.

Sekarang yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah mobil yang memiliki tansmisi manual dan automatic atau manual. Banyak kalangan menilai mobil bertransmisi automatic sangat membantu di jaman macet ini, lha, wong operasiinnya gampang banget koq, katanya.

Tapi ada juga pihak blok berbeda yang menganggap essense dari berkendara ialah menggunakan mobil manual, true art dari naik mobil ya transmisi manual. Yap, setiap orang pasti memiliki referensi yang berbeda, selera yang berbeda, kecenderungan yang berbeda, daripada kita ribut gak tentu arah, mana yang paling baik, kuy kita bahas saja dua-duanya apa saja kelebihan dan kekurangan transmisi manual dan transmisi automatic.

Plus dan Minus Mobil Automatic dan Manual
pict by : www.pixabay.com

Transmisi Manual 

Plus :

  • Biaya perawatan dan spare-part yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil automatic.
  • Rate penggunaan atau pemakaian bahan bakar yang lebih irit dibandingkan dengan mobil bertransmisi automatic, karena beban perpindahan gigi pada mobil manual jauh lebih ringan, dan pengendara bisa mengatur sendiri mau di gigi yang mana yang efektif.
  • Mobil bertransmisi manual jelas memiliki akselerasi yang terbaik dibandingkan dengan mobil bertransmisi automatic, karena responsif dari posisi netral ke posisi gigi selanjutnya dan selanjutnya yang menuntut sistem operasi mobil menjadi titik daya ukur unggulnya transmisi manual. 

Minus : 

  • Penggunaan tranmisi manual memiliki tingkat kenyamanan yang sedikit kurang, karena pengendara dituntut untuk selalu awas dengan perpindahan gigi, pedal rem, pedal kopling.
  • Mobil bertransmisi manual mengharuskan pengendaranya berkonsentrasi penuh pada saat berkendara, karena kombinasi sistem pengoperasian yang sulit.

Plus dan Minus Mobil Automatic dan Manual
pict by : www.pixabay.com

Transmisi Automatic

Plus :

  • Penggunaan yang lebih mudah, karena mobil bertransmisi automatic memakai sistem yang all in one, sehingga pengendara tinggal menginjak pedal gas saja tanpa harus memikirkan kombinasi kopling dan gigi.
  • Pengendara cenderung lebih merasa nyaman, karena mobil bertransmisi automatic memang lebih simple dalam pemakaian, sehingga lebih cepat dikuasai dan handy banget. 

Minus :

  • Biaya service atau maintenance yang tergolong cukup mahal, karena juga biaya spare-part yang tidak murah apabila jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.
  • Tingkat penggunaan bahan bakar yang terbilang sangat boros karena sistem mobil yang menggunakan sistem auto-transmisi yang menjadikan kerja mesin lebih berat hingga 2-3 kali lipat.

No comments