Cara Memilih Lampu Yang Benar Untuk Rumah

Cara Memilih Lampu Yang Benar Untuk Rumah

Setiap hunian pasti memerlukan lampu, namun apakah kamu mengetahui bahwa bola lampu sekarang sudah mempunyai berbagai macam jenis seperti lampu LED yang lebih hemat listrik? Tak hanya itu, bola lampu mempunyai variasi tingkat pencahayaan dan warna yang berbeda pula.

Daripada gegabah dan memilih bola lampu yang salah untuk kenyamanan pencahayaan di hunian, ikuti lima tips Kania agar kamu dapat memilih bola lampu yang tepat sesuai dengan keperluan dan keinginan kamu.

Teliti Aspek Brightness Dan Warna

Putuskan dulu level brightness atau skala watt lampu yang diperlukan. Semakin besar tentunya akan semakin terang dan tidak semua pencahayaan ruangan memerlukan daya lampu yang begitu besar. Selain lebih boros, masalah kesilauan juga mengganggu fungsi ruangan, misalnya kamar tidur dan kamar belajar yang tentu beda fungsinya.

Warna suatu bola lampu ditentukan oleh skala Kelvin. Kisaran skala ini antara lain 1.600K untuk pijar lilin, hingga 5.500k untuk sinar matahari. Warna bola lampu akan sangat memengaruhi mood interior hingga warna nyata benda, jadi cocokkan secara tepat sesuai kebutuhan ruangan.

Pilih Fitting Yang Pas

Sering harus berbelanja bola lampu secara dadakan? Kamu bisa jadi bingung dengan banyaknya variasi bohlam berikut fitting alias dudukan dan juga bentuk yang tepat. Nah, jika tidak membawa bola lampu sebagai contoh, perlu kamu ketahui sebelumnya bahwa terdapat empat fitting lampu yang umum ditemukan di pasaran: ukuran kecil (E12), sedang (E14), standar untuk lampu hemat energi (E27), dan standar untuk lampu hemat energi dengan watt besar (E40).

Selain itu, ketahui juga ada beberapa fitting bola lampu umum lainnya seperti fitting plafon, fitting gantung dan fitting colok. Dengan mengetahui jenis lampu dari bola lampu yang akan dibeli, penjual biasanya akan bisa mengarahkan ke pilihan bola lampu yang paling cocok buat keperluan kalian.

Kenali Jenis Bola Lampu

Secara umum, terdapat tujuh jenis bola lampu atau bohlam yang mungkin sudah tidak asing lagi. Selain lampu pijar atau lampu incandescent yang merupakan jenis lampu pertama buatan Thomas Alva Edison, terdapat lampu neon dengan pijar fosfor berpendar yang cukup menyilaukan.

Compact Fluorescent Lights (CFL) merupakan jenis bola lampu pijar bertenaga elektrik yang lebih hemat dan tahan lama. Jika terdapat High Intensity Discharge (HID) alias lampu untuk penggunaan area luas dengan intensitas ekstra, terdapat halogen atau tungsten serta Hybrid Halogen-CFL yang merupakan kombinasi dari ketiga jenis lampu sebelumnya. Pilihan ramah lingkungan yang cukup dikenal ialah bola lampu LED yang populer untuk penggunaan rumah tangga yang hemat energi.

Jangan Hanya Berpatokan Pada Harga Jual

Membeli bola lampu termasuk juga menggunakan prinsip investasi karena lebih baik membeli mahal di awal, namun bisa menguntungkan untuk pemakaian jangka panjang. Untuk pencahayaan rumah, tiga jenis bohlam yang sering menjadi pilihan adalah CLF, halogen dan LED.

Lebih murah dan tersedia dalam berbagai output, CFL empat kali lebih efisien daripada bola lampu pijar dan cukup menguntungkan dari segi harga, walaupun memang pijarnya lebih menyengat. Sementara itu, lampu halogen atau tungsten umumnya bertahan hingga 2 tahun pemakaian, namun lebih mahal dibandingkan jenis lampu hemat energi lainnya. Bola lampu LED rata-rata 90 persen lebih hemat energi daripada lampu tradisional lainnya dan harganya cukup mahal. Namun dengan ekspektasi pemakaian hingga 25 tahun, bohlam LED termasuk cukup direkomendasikan untuk pemakaian sehari-hari rumah tangga.

Pilih Kualitas Terbaik

Ciri-ciri bola lampu dengan kualitas prima adalah menyala dengan cepat, tidak mudah pudar dan bersinar maksimal dengan daya yang seminimal mungkin. Pastikan kalian memilih bohlam dengan kualitas terbaik dan juga hanya membeli produk dari toko yang terpercaya. Membeli bola lampu mungkin dianggap sepele, namun memilih bohlam yang tepat akan dapat menghemat energi dan memastikan sistem pencahayaan di rumah lancar tanpa gangguan.

No comments