Item Yang Wajib Ada Di Dalam Mobil

Item Yang Wajib Ada Di Dalam Mobil

Mobil zaman modern, semakin banyak dibekali fitur keselamatan canggih. Tapi, itu saja jelas belum cukup. Tatkala mengalami kecelakaan, Anda dihadapkan pada keadaan harus melakukan proses penyelamatan terhadap orang lain (termasuk Anda sendiri).

Karena kejadian mobil bermasalah atau kecelakaan, tidak bisa diprediksi dan dapat terjadi pada siapa saja. Ada saatnya Anda harus menolong diri sendiri. Ada waktunya pula harus menolong orang lain.


Maka, tak ada salahnya menyimpan benda-benda ini di dalam mobil, agar siap menghadapi kondisi tak diinginkan.

Kotak P3K

Perlengkapan yang tidak hanya penting ada di mobil, tapi juga di dalam rumah, kantor dan lain-lain. Bahkan menjadi perlengkapan standar dalam mobil yang disediakan oleh pabrikan. Sayangnya P3K kerap diremehkan dan tidak disimpan dengan baik. Banyak orang yang merasa tidak membutuhkan dan mengeluarkannya dari mobil.

Jangan lakukan itu! Isi berupa perban, kapas, obat antiseptic, gunting dan segala macam, amat berguna bila ada yang terluka saat terjadi kecelakaan. Sebelum bantuan datang, P3K adalah pertolongan pertama. Pastikan juga isi dalam P3K tidak kadaluarsa. Terutama untuk mobil yang dipakai sampai bertahun-tahun. Ada baiknya mengganti isi kotak P3K dengan yang baru.

Pemadam Api

Mobil terbakar sering kali terjadi. Tidak menimpa mobil tua saja, mobil baru pun turut berpotensi. Kesalahan pada kelistrikan sulit terdeteksi, meski mobil dalam keadaan standar tanpa alami modifikasi. Mencegahnya memang sulit, tapi bisa mengurangi efek yang disebabkan. Makanya sangat penting menyediakan pemadam api (fire extinguisher). Sekarang sudah banyak pemadam api berukuran kecil khusus di dalam mobil. Letakkan saja di kolong kursi pengemudi agar mudah dijangkau. Bukan hanya untuk menolong Anda, bisa juga membantu pengemudi lain di tengah jalan yang mengalami kejadian mengerikan itu.

Pemecah Kaca

Benda yang jarang terpikirkan tapi bisa menyelamatkan nyawa Anda. Biasanya kita melihat alat berbentuk palu ini di dalam bis atau bangunan yang banyak kaca. Begitu pula mobil yang melindungi seluruh penumpangnya di dalam kaca. Bisa saja pintu dan kaca macet tidak bisa dibuka saat terjadi insiden. Agar akibat fatal tidak terjadi, pentingnya seluruh penumpang keluar dari dalam mobil. Beberapa alat pemecah kaca diselipkan pisau yang berguna untuk memotong sabuk pengaman.

Segitiga Pengaman

Salah satu benda yang kerap diremehkan sama halnya kotak P3K. Padahal juga disediakan sebagai standar kelengkapan di setiap mobil. Sering kali terlihat, pengguna mobil alpa memasang segitiga pengaman ketika mobil sedang bermasalah. Fungsi benda ini memberi peringatan terhadap pengemudi lain, ada mobil yang alami gangguan. Terutama sangat penting di malam hari, karena merefleksikan cahaya sehingga mudah dilihat.

Buku Telepon

Mungkin bukan tepatnya seperti buku telepon tebal atau catatan nomor telepon zaman ponsel belum tenar. Setidaknya menyiapkan catatan berisi nomor-nomor telepon penting yang dapat dihubungi bila Anda mengalami masalah di tengah jalan. Catat mulai dari nomor panggilan darurat polisi, Roadside Assistance, rumah sakit, mobil derek, nomor telepon anggota keluarga hingga layanan darurat 24 jam, yang biasanya dimiliki merek kendaraan. Bisa saja menyimpan nomor itu semua di dalam smartphone Anda. Tapi jika baterai habis atau sedang berada di tempat terpencil yang tidak ada sinyal, mungkin saja bisa ditolong oleh orang lain.

No comments