Trik Untuk Rumah Sangat Sederhana


Rumah sangat sederhana tentu menjadi idaman bagi kamu yang ingin menghindari kerepotan dalam membersihkan rumah. Hidup di dalam rumah dengan kapasitas seadanya bukanlah alasan untuk menelantarkan desain rumah impian.

Rumah sangat sederhana sudah menjadi tren yang cukup menjamur dalam industri home and living, baik karena alasan finansial ataupun preferensi pribadi. Nah berikut cara atau trik untuk rumah sangat sederhana kamu biar lebih terlihat mempesona lagi.

Manfaatkan Pencahayaan

Rumah sangat sederhana yang umumnya kecil akan terasa lebih renggang dengan pencahayaan yang tepat. Pastikan cahaya matahari dapat menyinari dalam rumah secara maksimal, misalnya dengan menghindari penggunaan kaca gelap atau tirai yang berat. Selain itu, pastikan setiap sudut ruang dalam rumah terkena pancaran cahaya lampu agar menimbulkan kesan bahwa dalam rumah sangat sederhana pun, terdapat ruang yang relatif luas.

Membuat Ilusi Luas dengan Karpet

Mendekorasi rumah sangat sederhana bergantung pada permainan perspektif yang tepat. Salah satu triknya adalah dengan menggunakan karpet. Pilihlah karpet yang cukup besar untuk diletakkan di bawah mayoritas furnitur di dalam ruangan. Selain menjadi dekorasi ruang, menempatkan karpet dalam setiap ruang di rumah sangat sederhana dapat menciptakan ilusi bahwa setiap ruang lebih luas dari perkiraanmu.

Lebih Luwes Dengan Rotan

Untuk rumah sangat sederhana, lupakan gaya furnitur yang terkesan berat. Beralihlah ke perabot yang dibuat dari material alami seperti rotan yang mudah dipindahkan karena beratnya yang relatif ringan. Furnitur rotan juga sangat tahan lama dan harganya lebih terjangkau. Desain furnitur seperti ini membawa nuansa natural yang dapat melegakan kesan sempit dalam rumah sangat sederhana.

Tambahkan Dekorasi yang Tepat

Cermin adalah senjata ampuh yang patut digunakan dalam rumah sangat sederhana. Dekorasi yang satu ini bisa menjadikan rumah sangat sederhana terasa lebih luas karena efek mirroring yang tercipta. Daya reflektif cermin menimbulkan kesan luas terhadap ruangan. Kamu juga bisa menampilkan gaya artistik pada dekorasi cermin supaya rumah sangat sederhana terasa makin bergaya.


Bermain di Ruang Vertikal

Karena minimnya ruang lantai di rumah sangat sederhana, saatnya untuk berpikir luas ruang secara vertikal. Manfaatkan ruang vertikal dengan memilih furnitur berukuran tinggi atau memanfaatkan ketinggian seperti rak dinding. Ubah preferensi desain furnitur dengan memprioritaskan ketinggian perabot, misalnya dengan memesan furnitur berukuran pas dengan tinggi dinding. Rumah sangat sederhana pun akan terasa lebih unik dan tertata rapi.

Pilih Rak Susun Yang Praktis

Keterbatasan ruang di rumah sangat sederhana menuntut kamu agar lebih kreatif dalam menyimpan barang. Manfaatkan model kabinet susun yang bisa ditata sesuai kebutuhan. Susun sedemikian rupa di salah satu sisi rumah yang memadai. Walaupun dibilang rumah sangat sederhana, tentu kamu tetap perlu tempat penyimpanan yang cukup dan merangkap dekorasi rumah yang kece.

Jangan Lupakan Sentuhan Hijau

Hadirkan suasana alam di dalam rumah sangat sederhana dengan menambahkan tanaman hijau di sudut-sudut ruangan yang tidak terpakai. Sesuaikan jenis tanaman dengan besar ruang yang tersedia, misalnya dengan memprioritaskan tanaman dalam pot gantung yang tidak menyita ruang atau pot-pot kecil.

Meminimalisir Barang dalam Rumah

Hal yang terbaik untuk rumah sangat sederhana adalah meminimalisir jumlah benda dan furnitur dalam rumah. Ciptakan kebiasaan membersihkan dan merapikan barang-barang setelah digunakan. Pastikan kamu sudah menyingkirkan benda-benda yang tidak digunakan lagi. Luangkan ruang hanya untuk furnitur pokok seperti meja dan kursi makan di ruang makan dan simpan benda-benda lain dalam laci atau ruang penyimpanan lainnya.

Mempercantik Sudut Ruangan

Pintar memanfaatkan sudut ruangan adalah salah satu tips terpenting dalam mendesain rumah sangat sederhana. Perlakukan sudut ruangan sama seperti ruangan kosong yang perlu diisi. Banyak sekali cara kreatif untuk menjadikan sudut ruangan sebagai celah yang maksimal seperti dengan menambahkan furnitur sudut seperti rak, kasur, dan lemari sudut.



Baca Juga :

Tanaman Hias Daun Merah Yang Eksotik
Wisata Yogyakarta Impian

9 comments

  1. Aku nih sellau takjub juga sama saudaraku, walau rumahnya memliki ruang kecil, cuman penataannya bagus banget dan rapi hhehee
    Apalagi itu kalau lihat di head photonya kak, cem itu bakalan betah deh walau area rumahnya kecil hehheee
    TFS ya kak ^_^

    ReplyDelete
  2. Aku masih kesulitan nih mendekor rumah. Padahal udah stalking di ig atau pinterest, tetap aja susah

    ReplyDelete
  3. Sederhana bukan berarti sumpek ya. Setuju aku. Terutama tentang pencahayaan dan meminimalisir jumlah barang dalam rumah itu sangat penting. Meski kecil, ruangan di rumah bs tetap terasa lebih lega.

    ReplyDelete
  4. Dah, kalau gitu kita beli karpet banyak-banyak. Stok di rumah hayukk.....

    Ntar barang-barang yang kurang penting didonasiin aja

    ReplyDelete
  5. Ternyata menempatkan karpet di ruangan bisa menimbulkan ilusi ruangan tampak lebih luas ya.

    ReplyDelete
  6. Bener bgt nih. Sama pemilihan warna juga perlu loh kaa... Karena esensinya bakal makin luas suatu ringan dengan warna yang kesannya bikin lebar ruangan

    ReplyDelete
  7. Memilih komposisi warna yg tepat itu juga bisa menambah efek rumah terasa lebih lapang loh.
    Nambah cermin yg agak gede juga boleh

    ReplyDelete
  8. minimalis dengan konsep modern ya kak. memanfaatkan interior yang simple dan minim jadi ngebuat ruangan lebih luas terlihat dan yang paling penting sih jadi luas. Pinter pinter aja meletakkan perabot supaya hasilnya makin maksimal

    ReplyDelete
  9. Beneerr..
    Bisa juga menambahkan cermin dengan ukuran tertentu agar menambah efek rumah lebih besar.
    Tapi kalau aku, suka meminimalisir perabot aja agar rumah terlihat lebih luas.
    Hhehe...kata lain dari hemat.

    ReplyDelete