Menelusuri Wisata Kebudayaan Di Singapore


Apa hal pertama yang kamu bayangkan begitu mendengar kata "Singapore"?. Beberapa mungkin ada yang membayangkan tentang "kebersihan", mungkin ada juga yang membayangkan tentang "shopping", ada juga yang membayangkan tentang "kuliner", bahkan beberapa yang jomblo mungkin langsung membayangkan "tempat mencari jodoh" (haissss).

Impresi yang kita dapat dari Singapore tentunya bermacam-macam, akan tetapi yang jelas, Singapore semakin hari semakin menawarkan berbagai macam spot hiburan, yang cocok banget untuk kamu yang ingin liburan ke luar negeri, tapi gak mau terlalu jauh dari Indonesia.

Seperti yang kita tahu, Singapore merupakan negara modern yang terdiri dari berbagai macam gabungan etnik dan keturunan. Bangsa melayu adalah penduduk awal dari negara ini. Dimulai dari abad ke 19 / ke 20 banyak imigran dai Tiongkok, India, serta negara-negara tetangga sekitar yang berdatangan ke negara ini untuk mencari penghidupan yang baru. So, dari sini saja kita bisa lihat, seperti apa kekayaan budaya yang turun dan berkembang di Singapore.

Kamu juga bisa menyusuri menariknya budaya Singapore melalui beberapa wisata budaya, seperti Chinatown, Arab Street, Little India dan Bugis Street. Yuk kita cek seperti apa disana.

Chinatown Singapore


Salah satu tempat yang jangan kamu lewati saat berkunjung ke Singapore ialah Chinatown. Terletak di sebelah selatan kota Singapore. 

Kawasan ini memiliki sangat banyak bangunan yang iconic seperti Kuil Buddha Tooth Relic, Kuil Sri Mariamman, Jamae Mosque. Selain dari itu, disini ada juga museum yang bernama Chinatown Heritage Museum yang sarat akan sejarah masuk dan perkembangan budaya Tionghoa di Singapore, terletak di Jalan Pagoda Nomor 48, museum ini buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 8 malam, ada pilihan tur dengan pemandu wisata atau dengan multimedia lho.

Chinatown ini berada di daerah pusat Singapore, tepatnya di Distrik Outram. Cara yang biasa untuk mencapai kawasan ini adalah dengan menggunakan MRT dan turun di Stasiun MRT Chinatown. Ada dua jalur MRT yang menuju Stasiun Chinatown: North-East Line dan Downtown Line. Layanan MRT terakhir adalah pada pukul 11.50 malam waktu setempat.

Sampai di Stasiun Chinatown, cari Exit Pagoda Street untuk sampai ke salah satu jalan paling ramai dan paling populer di Chinatown dan membeli beberapa oleh-oleh unik disana, Nah, kalo untuk makan-makan, kamu bisa mengunjungi Smith Street, ada banyak banget makanan khas Chinatown yang berpusat disana. Worth banget dah.  Selain menggunakan MRT, kamu juga bisa naik bus atau taksi menuju ke kawasan Chinatown Singapore. 

Penginapan di Singapore


Salah satu persiapan yang kamu perlu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk liburan atau berkunjung ke Singapore adalah memilih mau ke penginapan mana nanti untuk stay. Beberapa teman-teman mungkin lebih memilih untuk stay di rumah teman atau kolega selama berada di Singapore, tetapi stay di Hotel juga lebih baik lho, lebih terjaga privacy dan adventurous.

Salah satu cara paling mudah yang sesuai dengan gaya kekinian adalah memilih hotel dengan aplikasi atau situs penyedia pencarian hotel, salah satu tempat untuk mencari hotel di Singapore  adalah di pegipegi.

Hal yang saya sukai dari situs pegipegi adalah interface yang responsive dan user friendly banget, mudah untuk dipahami. Untuk tarif kamar yang kita inginkan bisa kita set sesuai dengan range harga minimal hingga maksimal. Jangan lupa untuk set tanggal berapa Check-In dan Check-out, berapa jumlah tamu dan jumlah kamar. 

Untuk mengurutkan hasill pencarian yang lebih tepat sesuai dengan yang kita mau, kita tinggal klik saja di menu "urutkan", ada menu "Rekomendasi Pegipegi", "Harga Rendah Ke Tinggi", "Harga Tinggi Ke Rendah", "Nilai Ulasan". Kemudian, kamu bisa memilih hotel yang kamu inginkan berdasarkan dari referensi harga dan jenis kamar, fasilitas, foto - fotonya. Mudah kan?.

24 comments

  1. ngomongin Singapur nih kan jadi kepengen ke Singapur lho ini, gimana dong :D

    ReplyDelete
  2. Blum pernah k Singapore mba,, mudah2an sih y dlm waktu dekat biar bisa explore dan ke Pagoda Street trs Chinatown beli bnyak oleh-oleh unik

    ReplyDelete
  3. Ku suka main ke Chinatown di Singapore. Pusat oleh-olehnya murah, lho. Trus di sana berderet tempat ibadah dari masjid, pura, sampai temple.

    ReplyDelete
  4. Oh melalui pegi2 bisa juga ternyata mesen tiket hotel/ penginapan di luar negeri?
    Singapore negeri yg menyenangkan walu banyak aturan, budayanya jg kaya krn penduduknya beragam kyk penduduk kita ya. Begitu pula bangunan2 heritagenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Singapore ini kyk mirip2 Indonesia yang penduduknya juga terdiri dari banyak etnis ya, jd ada beberapa "kampung" atau wilayah yang juga mencirikan etnis2 tertentu gtu...

      Delete
  5. Aku jadi kangen lagi mau explore Singapore masih banyak tempat yang belum dikunjungi nih

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen ke Singapore lagi explore tempat yang belum dikunjungi

    ReplyDelete
  7. Kangen banget sama Singapore kak, Chinatown salah satu tempat favoritku karena di sana bisa beli oleh-oleh dengan harga terjangkau. Next mau ke sana lagi buat berkunjung ke tempat yang belum dikunjungi hehe

    ReplyDelete
  8. Singapore: bersih, maju, & singlish. Dulu pas belajar bahasa inggris dan mandarin, salah satunya membahas beberapa hal ttg singapur. Dan 3 hal ini yang paling membekas. Selain persaingan anak sekolah yang begitu ketat.

    ReplyDelete
  9. Singapura ini aslinya budaya melayu ya. Artinya satu nenek moyang. Dan banyaklah kesamaan dengan akan budaya melayu Indonesia yah kan.

    ReplyDelete
  10. Mba aku baru tahu loh kalo pegi-pegi juga bisa mesan ke luar negeri
    aduh katrok banget, aku biasanya pesan buat penginapan dalam kota aja
    keren ya ternyata. Bisa pesan untuk ke Singapore langsung. Pengen juga ih dolan Singapore, bismillah semoga ada rejeki bisa menginjakan kaki ke Singapore.

    ReplyDelete
  11. ternyata bisa pesen penginapan di LV via pegi-pegi juga ya..asyik, berarti nggak ribet lagi sekarang

    ReplyDelete
  12. Banyak tempat wisata yang menarik di Singapura, termasuk ChinaTown. Rasanya ingin segera ke Singapura, urusan mencari penginapan kini bisa dilakukan secara online melalui PegiPegi yang memudahkan.

    ReplyDelete
  13. Chinatown uwuwuwuuw! Teman saya yang pernah ke sini juga ngerekomednasiin sih, asyik katanya. Ow, pesen hotel di LN pun bisa pakai pegipegi ya? Semoga suatu saat ngerasain juga :3

    ReplyDelete
  14. Aku kalau ke Singapore justru paling suka main-main ke kampung kampunya. Chinatown, little india it's my favourite place.

    ReplyDelete
  15. Aduhh jadi pingin ke singapore deh indah banget pemandangan malam harinya ya dan penginapannya pun sekarang udh dimudahkan banget dengan pesan di pegipegi

    ReplyDelete
  16. Yang terbayang sama aku tentang singapore adalah pendidikannya. Pengen banget suatu saat bisa study banding ke lembaga pendidikan di sana.

    ReplyDelete
  17. Memang salah satu yg paling menguras dompet ketika di singapore adalah penginapan. Terbantu banget setelah ada penyedia yang membantu milihin penginapan gini

    ReplyDelete
  18. Wisata budayanya menarik sekali. Selama ini, saya taunya Singapura itu surga belanja dan rekreasi tempat2 modern gitu. Masukin wishlist kalo gitu.

    ReplyDelete
  19. Pingin euy ajak anak2 ke Singapura, tapi ya itu masih mikir wisatanya kemana, selain belanja. Hehe. Makan juga mahal2 ya katanya? Kalo soal penginapan tentunya bisa cari sesuai kebutuhan dan budget di Pegipegi ya

    ReplyDelete
  20. Sudah dua tahun tidak singgah di Negara Singapure, disana displin banget, bersih dan nyaman untuk mengelilingi daerah disekitarnya hanya sebentar, tanpa menginap.

    Next time jika ingin menginap saya intip aja iya aplikasi pegi-pegi mencari rekomendasi hotel yang ramah dikantong. :)

    ReplyDelete
  21. Aaaah lamaaaa banget gak ke Singapur. Terakhir tuh tahun 2013 sebelum aku masuk kuliah. Main-main jg di Chinatown. Menyenangkan banget. Sempat nyasar tapi orangnya baik2 banget jadi bisa balik lagi hehehe

    ReplyDelete
  22. Jadi mau ke singapore nih. Explore banyak tempat. Terus pesen kamarnya di aplikasi. Biar kaya orang2 gitu. Hehe.

    ReplyDelete
  23. Jadi pengen tau bentuk negara lain deh keadaan juga situasi masyarakat nya hihihi belum pernah k luar negri soalny

    ReplyDelete