Tips Agar Rumah Memiliki Aroma Yang Menyenangkan

Tips Agar Rumah Memiliki Aroma Yang Menyenangkan

Setiap rumah biasanya memiliki aroma tersendiri yang bisa tercium ketika kita memasukinya. Aroma itu ada yang berasal dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, hingga dapur. Namun, tidak selamanya aroma itu terasa menyenangkan. Ada juga yang baunya tidak mengenakkan sehingga membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Bahkan bisa jadi memalukan ketika tamu berkunjung ke rumah.

Beberapa trik untuk menghilangkan bau tidak sedap dan membuat rumah kamu harum dan menyenangkan kembali. Berikut ini caranya:

Merebus Ramuan

Rebuslah air di dalam panci kecil dan tambahkan irisan jeruk dan rempah-rempah, seperti lavender dan mint. Uap panas yang keluar dari hasil rebusan itu akan menimbulkan aroma wangi dan menembus  ke seluruh bagian rumah. Cara ini bisa digunakan tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga saat kamu berencana membuat acara keluarga atau pesta kecil di dalam rumah.

Membuat Toples Beraroma

Cara ini konsepnya tidak jauh berbeda dengan nomor 1 di atas. Gunakan toples yang terbuat dari batu dan berukuran besar. Tuangkan air mendidih ke dalamnya dan masukkan beberapa bahan pilihan, seperti kayu manis dan apel yang sudah mengering. Aroma yang muncul  dari dalam stoples itu bisa memunculkan bau yang menyenangkan ke seluruh rumah kamu.

Membersihkan Saluran Pembuangan Air

Perhatikan bau tidak enak yang sering muncul dari wastafel di kamar mandi atau tempat cucian piring di dapur. Sempatkan waktu untuk memeriksanya lebih detail lagi. Jika sudah tercium sumber baunya, cobalah untuk menyemprotkan sedikit sabun cuci piring beraroma lemon ke dalam pembuangan wastafel itu, kemudian keluarkan air dari kerannya.  Kamu juga bisa memasukkan kulit lemon atau jeruk nipis di saluran pembuangan, lalu disiram banyak air. Namun, jangan lupa mengambilnya kembali secara berkala, karena kalau tidak, akan menyumbat aliran air. Jika bau tidak enak tetap ada, tuangkan setengah cangkir baking soda sambil menuangkan air hangat ke dalamnya.

Gunakan Lilin

Menempatkan lilin merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat rumah kamu berbau wangi, tetapi harus punya strategi yang cerdik agar meningkatkan efisiensinya.   Letakkan beberapa lilin di tempat yang paling tidak kamu sukai, tetapi tidak perlu dinyalakan. Lilin itu akan menimbulkan aroma yang tahan lama, apalagi jika bentuknya didesain dengan bagus sehingga enak dilihat. Cobalah juga melapisi lemari dengan kain linen, atau letakkan kain itu di bagian rumah mana saja yang dapat menyerap bau tidak enak. Kamu akan mendapatkan kejutan yang menyenangkan setiap kali kamu membuka pintu lemari itu. Kain linen itu juga akan membawa aroma wangi ke mana pun kamu membawanya.

Membawa Tumbuhan Ke Dalam Rumah

Beberapa jenis tumbuhan yang bisa hidup di dalam ruangan bisa membersihkan udara sambil mempercantik rumah kamu, dan tentunya memberikan wewangian yang menyegarkan. Tumbuhan yang bisa diletakkan di dalam rumah itu antara lain bunga geranium, melati, ekaliptus, gardenia, anggrek korsase, dan tanaman oregano.

Memanggang Makanan Di Oven

Tidak ada yang mengalahkan aroma wangi yang keluar dari makanan yang baru dipanggang di oven, apalagi jika kita akan membuat acara keluarga atau menjamu tamu d irumah. Memanggang makanan yang sederhana, seperti roti isi kayu manis dan roti pisang, bisa memenuhi ruangan seisi rumah dengan aroma sedap dan tentunya hidangan lezat buat para tamu.


Baca Juga :

Kombinasi Warna Hijau Yang Fresh Untuk Hunian

Cara Merawat Lantai Rumah Dengan Tepat

Cara Menjaga Anggaran Bangun Rumah Tetap Dalam Jarak Aman

10 comments

  1. Topples beraroma ini tahan lama nggak kak kira-kira? Kalau pakai pengharum ruangan otomatis sih bisa juga tapi kalau lebih luas bisa juga pakai diffuser, aromanya bisa diatur :3

    ReplyDelete
  2. Point terakhir bukan cuma bikin rumah jadi wangi aja Kak. Tapi juga bikin anggota rumah jadi lapar. Apalagi manggang keju pakai mentega yang banyak. Woh, mantap.

    ReplyDelete
  3. di rumahku nanti aku pengennya ada bunga + vasnya di sudut ruang tamu. pengennya bunga seger. tapi kok mahal ya..
    palingan pake lilin aroma, hehe
    atau ya... stella deh, haha

    ReplyDelete
  4. Seru tuh panggang makanan di oven, bisa ntr dipraktekkan
    Tapi para tamu bawaannya pada ngiler tuh ntar

    ReplyDelete
  5. Salah satu nya menggunakan toples yang terbuat dari batu. Apakah harus dituangin air selalu atau kapan saja?
    Bahannya apa hanya ini (kayu manis dan apel yang sudah mengering) saja?

    ReplyDelete
  6. Saya pun senenb kalau ruangan wangi, biasanya disemprot pewangi ruangan aja, ternyata ada beberapa cara alami ya agar ruangan wangi

    ReplyDelete
  7. Wah bisa dipraktikkan nih. Pingin yang tumbuhan dalam rumah. Oke juga ya bisa menimbulkan bau wangi. Kebetulan lagi nyari yg gampang di rawat dan bisa di dalam rumah

    ReplyDelete
  8. Bau terakhir yang memanggang makanan itu aku sukaaaa haha.
    Kalau di rumahku seringnya wangi essential oil terutama aku nyalainn difusser saat malam buat bantuin aku tidur hehe

    ReplyDelete
  9. hhmm,, baca memanggang makanan di oven bikin auto lapar. Buat pengharum ruangan aku masih pakai pewangi biasa sh, lumayan memmbantu.

    ReplyDelete
  10. Untuk pengharum ruangan, aku biasanya pakai lilin sih. Tapi, aromatherapi gitu. Terus wanginya bisa gonta-ganti*

    ReplyDelete