10 Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan

Daging ayam merupakan salah satu produk unggas yang paling mudah ditemui di pasaran. Banyak tempat makan di sekitar kita, baik itu kaki lima hingga restoran menyediakan olahan lezat yang berbahan dasar daging ayam. Enak dan relatif murah, merupakan beberapa alsa kenapa daging ayam begitu digemari oleh masyarakat, tetapi apakah sebatas itu saja manfaat daging ayam?.

Masih banyak orang menghubungkan dada ayam sebagai makanan hanya untuk para binaragawan karena efektif membentuk otot. Memang benar ituefeknya, tapi overall tentu saja tidak, ada banyak manfaat baik dari daging ayam selain dari itu lho. Kuy kita telusuri satu persatu di bawah ini :

Sebagai Anti Depresan Alami

Daging ayam mengandung asam amino triptophan yang berfungsi laykanya obat anti depresi, mampu meningkatkan kadar serotonin di otak, membantu melepaskan stres sehingga bisa meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik.

Sumber Protein Yang Baik

Daging ayam adalah sumber protein sehat yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian. Protein bisa menggantikan karbohidrat untuk diubah menjadi energi dan berfungsi dalam membangun dan memelihara struktur dalam tubuh. Selain itu, kandungan protein sehingga bisa membangun ototmu supaya jadi lebih kuat. Kandungan lemak sehat di dalamnya bisa mengekang nafsu makan, membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, dan baik untuk mendukung penurunan berat badan.

Mengurangi Resiko Tulang Keropos

Tulang bisa memasuki masa keropos ketika kamu usia semakin tua. Kandungan fosfor di dalam ayam sangat efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Konsumsi ayam akan sangat membantu untuk melawan pengeroposan tulang dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan persendian.  Termasuk mendukung kesehatan ginjal, lever, dan sistem saraf pusat.

Melawan Berbagai Jenis Penyakit

Sup ayam biasanya menjadi menu makanan melawan penyakit karena bisa pembangkit tenaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam daging ayam memiliki efek positif melawan penyakit degeneratif seperti radang, kardiovaskular, dan neurologis. Makan daging ayam juga membantu dalam mengendalikan dan menekan kadar homosistein dan melindungi jantungmu dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Mengatur Kadar Kolesterol

Makan daging ayam tanpa lemak juga efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat. Kandungan nutrisinya yang sehat mampu menjaga stabilitas kolesterol.

Mengandung Selenium

Selenium merupakan salah satu dari zat sehat yang ada di dalam ayam. Selenium adalah mineral penting yang membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh, mendukung kerja kelenjar tiroid, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Sistem Kerja Metabolisme

Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam daging ayam membantu untuk mencerna makanan tanpa menyimpannya sebagai lemak. Sehingga kamu akan terhindar dari kegemukan.

Kaya Niasin

Niasin adalah vitamin penting yang berguna untuk mencegah penyakit kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA.

Membantu Menyehatkan Mata

Kandungan retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene di dalam ayam berguna untuk menjaga ketajaman mata.

Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh

Banyak dari kamu yang mungkin sering mengalami masalah bibir pecah-pecah atau kulit kering. Zat di dalam ayam yang disebut dengan riboflavin membantumu untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menghindarkanmu dari gangguan kesehatan di atas.



Baca Juga :



19 comments

  1. Ihh ternyata banyaaakk faedahnya.
    Bersyukur anakku demen makan ayam goreng

    ReplyDelete
  2. Paling suka kalau ayam dibuat kaldu, kuahnya lebih nendang untuk bikin sop. Mudah didapat dan ternyata banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  3. kalo lagi di kos paling sering makan ayam, geprek, goreng dll. Ternyata banyak juga manfaatnya

    ReplyDelete
  4. Ooo pantesan kalo lagi bete, kadang aku pengen makan ayam. Ternyata bisa jadi anti depresan yaa.

    ReplyDelete
  5. kalo ayam ini, menu wajib di rumah kami, anak2 ya sukanya makan ayam, ternyata banyak sekali manfaatnya yah, jadi semangat makan ayam, hihihi

    ReplyDelete
  6. Untung aku suka ayam. Ternyata banyak manfaatnya juga ya. Enaaak dan murah hehe..

    ReplyDelete
  7. Banyak juga ya manfaatnya daging ayam. Jadi pingin makan ayamnya nih sekarang.

    ReplyDelete
  8. Olahan dari ayam ni favorit banget. .gampang juga bikinnya...Alhmdulillah kandungan gizinya juga banyak ya.

    ReplyDelete
  9. Selain sebagai sumber protein yang baik, jg termasuk miring harganya ayam. EH jd keinet kemarin ada festival ayam telur di Bogor. Ternyata ayam bisa jd anti depresan ya, pantes org makan ayam kok hepi :D

    ReplyDelete
  10. Yang pasti gak pake kulit ayam nya ya mbak, aku pun suka makan ayam

    ReplyDelete
  11. manfaat daging untuk kesehatan yang paling pertama itu adalah menuntaskan badmood dan lapar, ya kan ya kan ya kan

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen makan ayam pagi2 ini ternyata manfaat daging ayam banyak banget yah kak

    ReplyDelete
  13. aku suka daging paha ayam.. rasanya enak, empuk.. udah dekat lebaran nih, pasti ibu2 udah pada siap2 beli ayam di pasar..

    ReplyDelete
  14. Hihihi...kaget pas buka blog ada ayam segar. Infonya menarik banget secara aku dan keluarga pecinta ayam. Ternyata banyak juga manfaat nya yah. Aku taunya cuma manfaat cekernya aja

    ReplyDelete
  15. Aku baru tahu banyak banget manfaat daging ayam, pantes ya klo makan ayam goreng berasa enjoy hahaha. Tapi memang ayam favorit sejuta umat

    ReplyDelete
  16. kalo daging sapi, boleh dikonsumsi setiap hari juga gak ya?

    ReplyDelete
  17. Waaaah banyak juga ya manfaat daging ayam ini, baru tau hehe. Aku suka banget dengan daging ayam, gak ada bosannya deh. Apalagi kalau ayam kampung hehe

    ReplyDelete
  18. cocok banget ini aku suka banget makan ayam, manfaatmya banyak ..

    ReplyDelete
  19. Paling demen emang masak tuh...masak ayam.
    Di rumah, ayam selalu jadi idola.

    ReplyDelete