Cara Mudah Menjaga Body Mobil Tetap Terawat



Membeli dan memiliki mobil bukanlah hal yang sepele. Selain memerlukan biaya yang tak sedikit,  saat membelinya, perawatan intensif juga diperlukan. Bagi mereka yang bukan petrolhead (istilah untuk penggemar otomotif) dan tak ingin ambil pusing, bengkel resmi pabrikan menjadi hal yang memudahkan. Namun bagi yang terbatas pada urusan perawatan teknis saja seperti mesin. Bagaimana dengan perawatan non-teknis? Ambil contoh perawatan penampilan. Biasanya solusinya adalah salon mobil.

Kalau penampilan kurang diperhatikan, sekadar dicuci asal saja, bisa menyebabkan 'penuaan dini'. Artinya, mobil yang seharusnya masih berusia satu tahun, sudah terlihat bak mobil lebih dari 4 tahun pakai. "Tapi perawatan mobil perlu biaya yang tak sedikit," seperti itu pikiran yang sering terlintas ketika memikirkan perawatan mobil. Memang mengeluarkan biaya, tapi ingat itu adalah resiko yang harus dipikirkan ketika memutuskan memiliki mobil. Bayangkan jika tak dirawat dan Kamu harus menjualnya. Harganya pasti jatuh. Pada kasus lain, malah harus masuk body repair dan cat ulang sehingga biaya yang harus dikucurkan malah membengkak. Berikut beberapa cara menjaga body mobil dengan mudah :

Mencuci Mobil

Mencuci mobil merupakan langkah mendasar dalam menjaga penampilan mobil tetap menawan dan prima. Kedisiplinan berperan besar dalam urusan pencucian mobil. Kalau peralatan, pengetahuan, dan keinginan Kamu minim, manfaatkan pencucian mobil profesional. Tidak terlalu mahal. Apalagi sebagai yang menyandang titel pencucian mobil profesional, mereka tahu betul apa saja yang harus dilakukan dan menggunakan bahan apa saja. Pastikan tetesan air segera dilap dari bodi mobil karena air yang mengering juga bisa membahayakan cat, seperti air hujan misalnya. Tak hanya air, kotoran apa pun yang menempel pada bodi sebaiknya segera ditangani.

Saat mencuci mobil di pencucian atau mencucinya sendiri, pastikan cairan pembersihnya aman untuk bodi mobil. Jangan sembarang sabun digunakan, apalagi detergen atau sabun pencuci pakaian. Karakter dari detergent sendiri sudah sangat keras. Hasilnya memang kotoran bisa mudah terangkat, namun berpotensi sangat tinggi merusak cat mobil Kamu lho, meski tak langsung terlihat. Efeknya muncul setelah beberapa lama, menjadikan cat mobil terlihat usang dan hilang kilaunya, seperti mobil kadaluarsa.

Parkir Dengan Benar

Dari segi ini ditekankan ke pemilihan tempat parkir. Misalnya banyak yang memilih di bawah pohon sebagai lahan parkir dengan alasan teduh. Padahal perlu diperhatikan juga bahwa getah pohon yang jatuh dan menempel bisa jadi musuh utama bodi. Selain sulit dibersihkan, reaksi kimianya kemudian bisa merusak. Selain getah, kotoran burung dan tokek juga sering menjadi musuh cat mobil.

Saat memarkir di rumah, cover mobil juga bisa digunakan. Apalagi kalau Kamu memiliki hewan peliharaan atau parkir di tempat terbuka. Perlu diingat pilih cover mobil dengan bahan yang berkualitas. Banyak yang dijual dengan harga lebih murah namun materialnya kurang baik. Mulai dari menyebabkan gores, sampai menimbulkan jamur pada bodi karena lembab.

Waxing, Poles, Coating

Kamu yang sangat memperhatikan penampilan bodi mobil, poles menjadi hal yang wajib. Dengan coating dan waxing, memberikan lapisan ekstra di atas cat bodi mobil. Hasilnya tak hanya mobil tampak berkilau untuk jangka waktu tertentu, membersihkannya pun jadi lebih mudah. Pasalnya kotoran yang menempel tidak langsung kontak dengan cat, melainkan dengan lapisan ekstra tadi yang sifatnya juga lebih licin. Ada beragam jenis coating dan waxing yang bisa Kamu pilih, kualitas dan harganya pun bervariasi. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan budget.

13 comments

  1. kudu rutin cuci sama waxing juga ya, soalnya kalau ditunda2 nanti malah menempel dan susah untuk dibersihkan lagi

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu , kalau ada air menetes di mobil harus segera dibersihkan takut merusak cat. Berarti saa mencuci mobil pun harus dikeringkan dengan benar ya mas.

    ReplyDelete
  3. Ini saya males banget neh buat cuci mobil, alhasil harus sering-sering ke pencucian sekaligus ngewaxing hehe

    ReplyDelete
  4. Nggak punya mobil, tapi ada satu motor saja. Itupun kuakui perawatannya masih sering teledor hahaha

    ReplyDelete
  5. Suami saya tipe yang apik dengan mobil. Ada goresan kecil di bodynya pasti tau, dan langsung dipoles sampai hilang..hehehe

    ReplyDelete
  6. Aah...sungguh ku merasa bersalah.
    Kalau mobil sudah kotooorrr, aku pasti bawa ke tempat pencucian mobil (yang hanya terjadi seminggu sekali). Tapi bila sedang berhemat, karena tanggal tua (huhuu~) biasanya aku cuci sendiri sama anak-anak.

    Pakai sabun apa?
    Pakai sabun cuci piring. Aaakk~
    Karena aku gak tahu, Abi naro sabun cuci mobil dimanaaa... Kadang kebawa di mobil satunya..
    Jadilah seadanya yaa..

    ReplyDelete
  7. Merawat body mobil kudu sama kaya ngurusin body makhluk hidup ya kak. Kudu segera dibersihkan kalau sudah kotor dan selalu membersihkan body mobil dengan perawatan secukupnya. Selamat menikmati bersih bersih mobil

    ReplyDelete
  8. Kalau soal mobil, suami aku yang paling sensitif. Kalau kotor dikit buru-buru dibersihkan. Apalagi ke gores pasti uring-uringan

    ReplyDelete
  9. Waduh, mobil pun bisa mengalami penuaan dini ya? Istilahnya bisaa aja.hahaha

    ReplyDelete
  10. Kalau mandiin mobil biasanya serahin ke ahlinya hehe. Tapi betul juga tuh penggunaan cover, kdng ada kucing suka naik2 gtu kan, demi menghindari baret2 dan menjaga body mobil tetep mulus ya, apalagi kalau abis dicuci :D

    ReplyDelete
  11. Terima kasih mas peri atas infonya. Ini pas banget aku lagi cari seputar otomatif. Dapet 3 cara mudah di atas, aku jadi semangat untuk merawat mobil.

    Ini aja udah hampir sebulan mobil di rumah belum dicuci. Kebiasaan nyuruh orang terus 😕

    ReplyDelete
  12. Cocok banget nih cover mobil karena di kompleks perumahan saya tinggal buanyaaaak kuncing. Suka naikin kap or body mobil sampai baret

    ReplyDelete
  13. Betul sekali perhatikan parkir yang benar karena mobilku tergores anak anak yang main sepedah di komplek jadi sekarang suapaya aman dipakein cover

    ReplyDelete