Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Cara Sederhana Tanam Rumput Di Taman



Ada banyak cara untuk mempercantik eksterior rumah. Konsepnya tergantung dengan tema seperti apa yang kita inginkan. Nah, salah satu cara yang paling sering digunakan adalah dengan menambah beberapa plot rumput taman di halaman rumah.

Biasanya rumput taman juga dikombinasikan dengan beberapa tanaman lain seperti bunga, pohon kecil, bonsai, pohon buah dan lai-lain. Komposisinya bisa beragam,balik lagi ke kreativitas dan mood kita sih, hahaha. Ibarat lantai rumah yang sudah diberi karpet atau permadani, maka tampilan eksterior rumah menjadi lebih fresh green looking dan menawan. Sebelum memulai berkreasi dengan rumput taman kamu, kuy lihat dulu cara sederhana menamam rumput di taman yang benar di bawah ini.

Memilih Jenis Rumput

Ada berbagai jenis rumput alami yang bisa kamu gunakan sebagai rumput taman, seperti rumput gajah, rumput Jepang, dan rumpur peking. Setiap rumput taman memiliki ketahanan yang berbeda-beda terhadap sinar matahari dan curah hujan. Untuk tumbuh, rumput Jepang memerlukan cahaya matahari lebih banyak dari pada rumput gajah. Ada juga rumput Swiss yang tidak tahan dengan curah hujan tinggi dan pijakkan orang.

Selain itu, setiap jenis rumput taman memiliki karakteristik tekstur dan panjang yang berbeda-beda. Ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari tampilan tamanmu nantinya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis rumput taman terlebih dahulu. Riset dulu sebelum memutuskan bray.

Pastikan Tanah Gembur Menjadi Media Tanam Rumput Pilihan

Tahap ini diclaim merupakan tahap terpenting dalam preparing tanam-menanam, karena tahapan ini sangat menentukan kualitas tanah yang digunakan. Tanah yang siap ditanami rumput taman harus dalam kondisi lembab dan tekstur lumayan longgar sehingga tetap kaya akan material organik dan zat hara.

Cara menggemburkan tanah adalah dengan mencangkul 5 - 10 cm bagian atas tanah, lalu tanah dicampurkan dengan pupuk kandang atau kompos, apabila ingin media lain, kamu bisa mencampurkan tanah dengan bubuk arang. Penggunaan pupuk alami sebagai booster nutrisi tanah lebih disarankan karena pupuk alami lebih mudah menyerap zat hara. Setelah tercampur secara merata, ratakan bagian atas tanah yang tercampur pupuk tersebut.

Basahkan Dan Petakkan Tanah Sebelum Menyemai Bibit Rumput

Sebelum memulai proses menyebarkan bibit rumput taman, basahkan tanah dengan sedikit air, lalu bagi ke dalam beberapa petak. Dalam meyemai bibitnya kamu bisa menanamnya membentuk pola selang-seling atau zig-zag. Setelah bibit rumput taman disebarkan, tambahkan gambut di atasnya. Lapisan gambut ini berguna untuk menjaga kelembapan tanah pada tahap perkecambahan.

Menyiram Rumput Yang Mulai Tumbuh Sekitar Dua Hingga Tiga Kali Sehari

Benih rumput taman sudah bisa kamu siram saat sudah mulai tumbuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dalam 8-10 hari pertama kamu bisa menyiramnya 2-3 kali dalam sehari, selama 5-10 menit. Jaga kondisi tanah tetap lembab. Kalaupun kamu menanam rumput taman saat curah hujan sedang tinggi, kamu bisa mengurangi intensitas penyebaran bibitnya.

Cara Sederhana Tanam Rumput Di Taman

Rutin Memangkas Rumput Saat Rumput Tumbuh Lebat

Pemangkasan menjadikan tampilan rumput tetap rapi dan ideal. Karena setiap jenis rumput taman memiliki karakteristik yang berbeda-beda, maka untuk perawatannya pun membutuhkan perilaku yang berbeda-beda. Beberapa jenis rumput cepat sekali tumbuh, contohnya rumput jepang yang harus dipangkas sekurang-kurangnya sebulan sekali.

Selain memangkas kamu juga harus mencabuti gulma. Rumput peking adalah salah satu jenis rumput taman yang paling banyak ditumbuhi gulma, teksturnya yang halus juga menyebabkan rumput ini memerlukan perwatan yang intensif. 

Terasa repot kan, oleh karena itu, sebaiknya kamu nggak menggunakan dua jenis rumput taman sekaligus karena bisa menyulitkanmu saat perawatannya nanti. Untuk menghindari rumput taman yang rusak karena sering terinjak-injak buatlah pijakan atau paving block di area taman, dengan penambahan pijakan ini, selain aman, tampilan taman juga jadi semakin cantik.


Baca Juga :

Tips Agar Rumah Memiliki Aroma Yang Menyenangkan

Cara Gampang Setting Kamar Tidur Agar Lebih Romantis

Perhatikan Hal - Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah Sewa

QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)