Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Perbedaan Gula Merah, Gula Jawa Dan Gula Palem


Perbedaan Gula Merah, Gula Jawa Dan Gula Palem

Gula dijadikan alternatif untuk menggantikan penyedap atau micin, biasanya gula dikombinasikan dengan garam dengan jumlah tertentu. Biasanya digunakan perbandingan 2 : 1, gula 2 bagian, garam 1 bagian, tapi balik ke selera masing-masing. Hampir setiap masakan yang kamu makan sehari-hari hampir semuanya menggunakan gula sebagai bahan campuran. Entah itu gula pasir, gula halus, gula cair ataupun gula merah. 

Gula sendiri merupakan pemanis alami yang tentunya akan mempermanis rasa makanan, minuman dan juga menambah cita rasa masakan agar lebih sedap. Masyarakat Indonesia dikenal kerap menggunakan gula dalam setiap masakan, makanya tak mengherankan jika di Indonesia sendiri gula mempunyai beragam jenis. Ada beberapa gula yang bentuk dan warnanya hampir sama lho, seperti gula merah, gula jawa dan gula palem. Tidak jarang ketiga jenis gula tersebut membuat banyak orang bingung. Kuy cari tahu apa sih perbedaan dari ketiga jenis gula tersebut.

Gula Merah

Banyak orang yang sering bingung membedakan antara gula merah dan mengiranya sebagai Gula Jawa, padahal beda euy. Gula Merah disebut juga dengan Gula Aren, terbuat dari nira pohon enau atau aren yang diolah secara tradisional dan dicetak dengan batok kelapa, biasanya dengan ukuran setengah batok kelapa. Namun ada juga yang dicetak bentuknya silinder layaknya Gula Jawa. Untuk membedakannya dengan gula Jawa sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu melihat dari segi warnanya saja, karena gula merah memiliki warna coklat gelap, katanya sih disebut gula merah juga karena warna gelapnya yang sekilas mirip dengan warna merah tua, tapi lebih dark lagi. Selain itu, berbeda dengan gula Jawa yang teksturnya lebih keras, gula merah memiliki tekstur yang lebih empuk. Cita rasa gula aren tergolong lebih manis dan ketika dicairkan teksturnya lebih legit. Gula merah banyak digunakan dalam berbagai hidangan seperti Onde - Onde, Kolak hingga Puding atau Agar - Agar.

Gula Jawa

Gula jawa lazim juga disebut dengan gula kelapa. Warna gula jawa coklat agak kekuningan, lebih cerah dibandingkan dengan gula merah  Gula Jawa banyak dijual dalam bentuk silinder kecil yang padat. Gula ini terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma. Rasa gula jawa atau gula kelapa lebih ringan dibandingkan dengan gula merah, jadi bagi kamu yang ingin tekstur dan rasa yang lebih ringan, kamu bisa memilih gula jawa ini sebagai alternatif.

Gula Palem

Gula yang juga sering disebut gula pasir cokelat atau Brown Sugar ini mempunyai tekstur yang mirip dengan gula pasir, namun lebih halus dengan warna kecokelatan. Selain disebut gula pasir cokelat, ada juga yang menyebutnya dengan nama gula semut. Gula ini terbuat dari nira pohon aren atau sari batang tumbuhan palem atau kelapa. Aromanya cukup khas dan light, membuatnya sering dipakai dalam campuran makanan manis seperti kue tradisional ataupun kue modern. Bisa dihaluskan untuk menjadi taburan di beberapa kue atau makanan manis. Beberapa masakan juga sering memakai gula palem ini, terutama bagi yang kesulitan dan repot untuk menemukan gula merah.
QuickEdit

You Might Also Like

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)