Pilih Air Mineral Atau Air Rebusan Sendiri?

Pilih Air Mineral Atau Air Rebusan Sendiri?

Kamu saat sekolah dulu mungkin pernah diajarkan bahwa air memiliki rumus kimia H2O yang terbentuk dari ikatan antara hidrogen dan oksigen. Namun, perlu ditekankan bahwa kandungan air tidak murni hanya H2O saja. Banyak zat lain yang terkandung dalam air yang kamu gunakan sehari-hari untuk minum dan keperluan lain.

Walaupun terlihat sama, sebenarnya kandungan air mineral berbeda dengan air rebusan. Air mineral dan air rebusan sekilas terlihat sama-sama jernih, tidak berwarna dan tidak berbau. Akan tetapi, kandungan air dari sumber yang berbeda memiliki komposisi yang berbeda pula. Itulah mengapa kandungan air dari berbagai sumber seperti air hujan, air sumur, air sungai, air danau berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jenis bebatuan pada sumber air tersebut.

Sesuai dengan namanya, air mineral mengandung berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan mineral dalam air mineral ini lebih lengkap dari air rebusan biasa karena bersumber dari air pegunungan. Beberapa kandungan dalam air mineral adalah kalsium, magnesium, selenium, seng, natrium, kalium, dan berbagai mineral lain yang yang diperlukan oleh tubuh.

Sementara itu, kandungan mineral pada air rebusan biasa bervariasi dan sangat bergantung pada sumber air rebusan tersebut. Jika sumber air rebusan adalah air hujan, maka kandungan mineralnya sangat sedikit karena tidak melewati batu-batu pegunungan.

Mana Yang Lebih Aman?


Kamu perlu mengkaji perbandingan dari segi komposisi air serta cara pengolahan air mineral kemasan dan air rebusan. Setidaknya ada lima hal yang menyebabkan perbedaan kualitas air dari satu sumber dengan sumber lainnya sehingga dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

  • Komposisi mineral
  • Kandungan ion
  • Bahan Organik
  • Bakteri
  • Kontaminan Kimia ( Logam Dan Zat Radioaktif)

Dari segi komposisi, komposisi air mineral kemasan lebih baik karena biasanya diambil dari sumber air pegunungan yang kaya akan mineral. Selain itu, air mineral diproses dalam beberapa tahap untuk menghilangkan kandungan ion berbahaya, bahan organik, bakteri dan kontaminan kimia dalam air.

Sementara itu, proses perebusan pada air rebusan biasa sebenarnya hanya mampu menghilangkan bakteri pada air. Kandungan lainnya seperti ion dan kontaminan bahan kimia masih mungkin terdapat dalam air rebusan. Akan tetapi, sekali lagi ini sangat tergantung dari sumber air yang digunakan.

Secara garis besar, air mineral kemasan lebih aman daripada air rebusan. Akan tetapi, jika kamu lebih memilih air rebusan, pilihlah sumber air yang bersih, bebas bau menyengat, serta rebus hingga mendidih untuk menghilangkan kuman dalam air. Kalau saya sendiri sih tetap memilih air rebusan sendiri, kalau kamu?.


Baca Juga :

Beragam Manfaat Kacang Hijau

Alasan Kenapa Badan Terasa Lemas Saat Bangun Pagi

10 Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan

14 comments

  1. Kalau air galon yang isi ulang itu masuknya ke air mineral kemasan atau beda lagi, ya? Aku pribadi sih lebih pilih air mineral kemasan, tapi kalo orangtuaku lebih suka air rebusan.

    ReplyDelete
  2. Kalau di rumah sih pakainya air rebusan hehe dari kecil gitu. Kalau di kostan pakainya galon sih, lebih praktis hehe

    ReplyDelete
  3. aku sih mineral karena belinya sekalian kardusan krn malam suka haus. Jadi kalau masak, itu butuh waktu dan juga gas hehe..

    ReplyDelete
  4. Sekarang di rumah pakainya air isi ulang yang sumbernya juga dari mata air. Air kemasan kadang-kadang aja kalau lagi pengin hehehe. Makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Aku pilih air mineral. Satu karena nggak punya banyak waktu untuk merebus air. Dua, karena air mineral lebih simpel. Tinggal beli. Hehe.

    ReplyDelete
  6. Kalau air mineral amankah jika direbus? Misalnya untuk air panas kopi dan teh? Hehehe, masih suka ragu khawatir kandungan mineralnya hilang saat direbus

    ReplyDelete
  7. Aku paling ga bisa banget minum air rebusan dari keran air ataupun air lainnya kecuali air rebusannya dari isi galon tuh baru masuk ke tenggorokan.
    .
    Soalnya dari segi rasa beda aja gitu kan

    ReplyDelete
  8. Karna dulu tinggalnya di kaki gunung Merapi, jdi aku anak air minum rebusan. Tapi sekarang krn jauh sama gunung, dan jadi anak PDAM, mending pake air galon. Air PDAM gak layak ah.. Buat konsumsi sehari2. Bau kaporit.

    ReplyDelete
  9. Saya lebih memilih mengonsumsi air mineral. Selain rasanya lebih sejuk, juga masih banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita

    ReplyDelete
  10. Aku masih konsumsi keduanya. Karena sering kehabisan galon kalo pas suami ngantor ya aku ngerebus air aja sampe suami bisa menuang galon ke dispenser.tapi air rebusanku dari air pdam. Bagus gak ya?

    ReplyDelete
  11. Aku sih memilih air mineral yang sudah terpercaya dan terjamin kualitasnya. Tapi kalau misalnya mau buat kopi atau teh atau susu aku tetap masak sih.

    ReplyDelete
  12. Kalau saya, tergantung kondisi. Biasanya sih lebih sering air mineral. Air rebusan dipakai untuk menyeduh kopi atau teh.

    ReplyDelete
  13. aku masih lebih pilih air mineral sih selama ini, karena kadang kalau minum air rebusan tuh masih berasa di lidah dan malah bikin jadi gak bisa minum karena terganggu sama rasa dan baunya

    ReplyDelete
  14. Benar juga sih. Tergantung kondisi air di tempat kita berada. Karena ada saja air yang berubah rasa dan warna.

    Makanya, sampai sekarang aku masih tim yang memilih air mineral ☺

    ReplyDelete