BLANTERVIO103

Seputar Pendingin Mesin Mobil

Seputar Pendingin Mesin Mobil
Saturday, September 28, 2019
Seputar Pendingin Mesin Mobil

Seperti halnya badan manusia, bahkan mobil pun butuh suatu sumber untuk mendinginkan diri mereka, dan ini tentunya jauh dari kebutuhan yang hanya berupa sekedar air. Benar! Kamu pasti tidak salah mendengar, karena Car Engine Cooling System membutuhkan kunjungan yang tepat sesekali untuk menjaga pemeriksaan pada Car Engine Coolant atau pendingin mesin mobil.

Meskipun Car Coolant tidak akan berkurang dalam jangka waktu yang sebentar, namun pastinya perlu diperhatikan sebelum pemilik mengalami reaksi yang serius dari ketiadaan atau kekurangan pendingin tersebut. Semuanya ini terdengar rumit, bukan? Berhenti dulu! Santai dulu sejenak selagi kami akan membawa Kamu ke pandangan informatif secara menyeluruh dari penjelasan berkaitan dengan fungsi pendingin.

Apa itu Pendingin Mesin Mobil

Pendingin (dikenal sebagai Antifreeze dalam istilah teknis) dalam istilah orang awam berarti kombinasi dari ethylene atau propylene glycol dan air yang didistribusikan dalam porsi yang sama (50-50). Kombinasi tersebut berguna dalam menjaga temperatur mobil dan membutuhkan pengisian ulang setelah jangka waktu tertentu tergantung penggunaannya (jumlah kilometer).

Kenapa Pendingin Mesin Mobil Penting

Fungsi dari pendingin adalah menjaga kesejukan dari mesin seluruhnya, dan jika kekurangan atau tidak ada pendingin, panas yang dihasilkan dari pembakaran internal yang konsisten pada akhirnya akan meledakkan mesin dalam waktu yang sangat cepat yang kemudian menyebabkan kerusakan mesin. Akan menjadi kepercayaan yang salah jika berasumsi bahwa hanya dengan air dapat mencukupi dalam menjaga sistem tetap dingin karena kapanpun temperatur tinggi tercapai di bagian dalam dari motor, maka ini akan menciptakan masalah yang hebat. Sebagai tambahan, penting untuk dicatat bahwa air yang terdapat di sistem akan menguap dengan segera. Teori yang sama bahkan juga berlaku pada kondisi suhu dingin yang membuat air membeku, yang berujung pada tidak berfungsinya sistem pendinginan dengan benar. Oleh karena faktor tersebut, campuran antifreeze sangat penting untuk berfungsinya sistem pendinginan secara tepat dalam mobil.

Kapan Mengisi Ulang Pendingin Untuk Mobil

Jangka waktu habisnya pendingin mesin mobil sangat lama, dan pada skenario umum, pendingin butuh diisi ulang setelah mencapai kira-kira 100.000 mil. Namun, frekuensi pemeriksaan pengisian ulang dan jenis pengisian berbeda antara model yang satu dengan model yang lain, dan bahkan antara merek yang satu dengan yang lain. Sebagai tambahan, seseorang harus menjaga jadwal perawatan untuk setidaknya sekali dalam setahun untuk memastikan bahwa tidak ada penumpukan zat asam, karat atau zat pencemar lainnya, serta gangguan dalam pembekuan dan pendidihan. Sayangnya, jika Kamu mengalami kondisi yang merugikan pada pemanasan mesin, maka sangat disarankan untuk menghubungi teknisi profesional untuk mengganti/mengisi ulang pendingin berdasarkan tingkat keseriusan dari situasi yang terjadi.

Bagaimana Cara Mengisi Ulang Pendingin Mesin

Pertama, sangat penting untuk tahu bahwa perusahaan menjelaskan kategori yang pasti dari pendingin mobil yang meliputi berbagai warna, termasuk Merah, Merah Muda, atau Hijau. Akan tetapi, seseorang tidak harus bergantung pada toko onderdil mobil untuk membeli warna yang tepat. Karena seseorang perlu untuk mencari bantuan dan konsultasi professional untuk tahu warna yang ditujukan untuk mobil mereka, baik itu sekedar isi ulang atau penggantian. Hal tersebut akan terbukti menjadi pendingin mobil terbaik untuk model tertentu, sebagai tambahan, disarankan untuk mengganti pendingin ketika usia mobil seperti pedoman yang disebutkan dalam buku manual pemilik mobil.

Langkah-langkah Mengisi Ulang Pendingin Mesin:

Pedoman yang dikeluarkan oleh bengkel menyebutkan estimasi waktu kapan tempat penampung pendingin perlu dibuka. Prosedur:
  • Colokan/katup pembuangan yang terletak di bawah tangki radiator harus diketahui letaknya.
  • Radiatornya harus dipindahkan dengan hati-hati untuk melepas tutup tekanan radiator.
  • Setelah melewati prosedur ini, sistem pendingin mesin mobil (coolant) perlu diisi ulang.
  • Disarankan untuk menyalakan mesin untuk melaksanakan tahap verifikasi akhir.
  • Yang terakhir, buang limbah cair yang dihasilkan.
Share This Article :
Peri Hardiansyah

Seorang blogger dan urban farmer, juga sebagai buzzer dan influencer.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7472166934831473300