Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Alasan Kenapa Harus Rutin Ganti Oli Gardan Motor Matik


Motor Matic

Oli transmisi atau yang disebut juga dengan oli gardan di motor matik tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan dan melakukan pergantian secara rutin guys, sebagaimana oli mesin. Jika telat, siap-siap beban tambahan yang harus Kamu bayar bisa melambung tinggi.

Berdasarkan rekomendasi pabrikan, interval pergantian oli gardan adalah setiap 4.000 - 8.000 kilometer sekali. Tapi faktanya tak jarang banyak pengemudi yang lalai, akibatnya sistem penggerak motor matik menjadi tidak nyaman lagi. Apabila sudah cukup lama, biasanya akan keluar bunyi. Ini menandakan ada masalah di gir rasio.

Kapan Oli Gardan Harusnya Diganti?

Oli gardan matik harus dilakukan penggantian ketika 8.000 km sekali guys. Seperti layaknya oli mesin, oli gardan yang sudah lama tidak diganti akan kotor dan tingkat kekentalannya berkurang sehingga fungsi oli gardan yang seharusnya melumasi dengan sempurna menjadi tidak bisa melumasi gesekan antara gir yang berada di sistem transmisi motor. Ketika dibiarkan terus-menerus, gir rasio tersebut akan kemakan. Ngeri kan. 

Biaya pergantian komponen ini cukup mahal, untuk sekarang sih sekitar Rp 300.000,-an. Oleh sebab itu, diharapkan untuk para pemilik dan pengguka matik jangan sampai lupa untuk mengganti oli gardan secara periodik. Baiknya, diganti rutin bersamaan dengan oli mesin. "Paling tidak 3 sampai 4 bulan diganti. Lalu ketika kondisi hujan atau banjir, pergantian bisa lebih cepat.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)