Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Cara Mudah Packing Koper Saat Traveling


Koper

Keahlian dalam mengepak barang atau packing perlu dikuasai agar kamu dapat berpergian dengan nyaman dan praktis. Kemana pun itu dan apapun tujuan perjalananmu, entah itu liburan, pulang kampung, atau trip bisnis, banyaknya kebutuhan pribadi kerap kali mempersulit kamu saat melakukan packing baju dan barang-barang lainnya.

Tanpa menerapkan teknik packing baju yang tepat, dapat dipastikan saat berpergian nanti kamu akan kerepotan sendiri dengan barang bawaanmu. Membereskan koper bisa menjadi tidak menyenangkan apalagi jika koper kamu terlalu kecil untuk semua keperluan kamu atau mungkin saja koper kamu sudah sesuai dengan kapasitas barang yang akan kamu bawa, tapi cara packing yang salah membuat koper yang ‘lega’ ini jadi ‘sempit.’

Berapapun lamanya kamu pergi meninggalkan rumah dan berapapun banyaknya jenis barang yang perlu dibawa, semua dapat terangkut dan tersimpan dengan rapi. Yang paling penting, jumlah koper bisa diminimalisir. Kuy lihat beberapa cara mudah membereskan koper saat traveling di bawah ini :

Mulai Packing Baju Dari Tumpukkan Besar

Sebelum menyortir barang dan memasukkannya ke koper, kumpulkan semua baju, sepatu, peralatan pribadi, dan barang-barang lain dalam satu tumpukkan besar.

Tak perlu banyak pertimbangan apakah barang tersebut cukup esensial atau tidak akan diputuskan saat kamu menyortir dan mengelompokkan barang. Ambil saja dulu semua barang yang sekiranya kamu perlukan.

Selain mempercepat proses pengelompokkan barang nantinya – saat packing baju kamu tidak perlu lagi bolak-balik mengambil barang – teknik packing baju ini juga menghindari tertinggalnya barang yang ternyata diperlukan.

Mengelompokkan Setiap Barang

Kesalahan yang kerap kali terjadi dalam teknik packing baju adalah tidak memilah dengan baik barang-barang yang dimasukkan ke dalam koper. Tinggalkan barang-barang yang tidak terlalu esensial, jumlah baju bisa diminimalisir dengan membawa lebih banyak baju warna netral sehingga lebih mudah dipadupadankan.

Setiap barang kemudian dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Pada tahapan packing baju ini, barang-barang selain baju, seperti pakaian dalam, peralatan mandi, make up, dan sepatu sebaiknya disimpan terpisah dalam kompartemen sendiri. Khusus untuk peralatan mandi dan make up, gunakanlah kompartemen anti air agar tidak mengotori baju dan barang-barang lainnya.

Pakaian

Gulung Rapi Semua Baju

Dibandingkan melipat baju layaknya ketika menyimpan di dalam lemari, teknik packing baju dengan cara menggulung pakaian dapat lebih menghemat ruang di koper. Gulung rapi setiap jenis pakaian sekecil mungkin.

Baju berbahan linen atau katun sangat mudah kusut saat dilipat dan disusun menumpuk, teknik packing baju seperti justru menjaga baju berbahan tipis tetap rapi saat disimpan di koper.

Jika terdapat baju berbahan satin yang lebih mudah kusut atau barang lain yang mudah tergores seperti kulit tas, lapisi permukaannya dengan kertas tisu. Trik packing baju seperti ini juga bisa ikut diterapkan untuk membagi pengelompokkan baju berdasarkan jenis bahan. Kertas tisu dapat diselipkan di antara kedua jenis bahan pakaian yang berbeda.

Susun Baju Secara Teratur

Kini kamu tiba di tahapan packing baju selanjutnya, yakni memasukkan barang-barang ke dalam koper. Tahapan packing baju ini tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu perlu menerapkan beberapa teknik tertentu, seperti metode melipat KonMari, agar semakin menghemat ruang penyimpanan di dalam koper sekaligus menjaga kerapihan baju.

Yang perlu diingant dari tahapan packing baju ini adalah hindari menumpuk pakaian dan barang di dalam koper. Menumpuk pakaian akan membuat susunan awal berubah saat kamu ingin memakainya, sehingga packing baju harus dilakukan berulang kali.

Baju yang telah digulung rapi sebaiknya disusun berhadap-hadapan secara vertikal. Susunan packing baju seperti ini juga mempermudah kamu saat mengambil dan menyimpan barang kembali ke koper.

Koper

Jangan Membawa Payung

Untuk berjaga-jaga saat cuaca buruk, kamu berpikir membawa payung adalah ide yang baik, namun payung memakan cukup banyak tempat di kopermu dan tidak melindungimu dari hujan disertai angin kencang. Sebagai gantinya, bawalah jas hujan yang ringan, jadi kamu tidak perlu was-was saat cuaca mendung, atau akan lebih baik lagi membeli jas hujan sekali pakai yang dapat kamu buang setelah selesai menggunakan.

Bawa Kosmetik Ukuran Mini

Kebanyakan para wanita memiliki lebih dari satu macam produk perawatan serta kosmetik, dan membawa semuanya akan membuat kopermu ‘gemuk’ tidak karuan. Untuk menghemat ruang, belilah produk perawatan dan kosmetik dalam ukuran kecil, atau kamu dapat membeli botol atau kemasan repack khusus saat traveling.

Hal ini juga berlaku untuk para pria lho, karena sekarang tidak hanya wanita saja yang memakai kosmetik.

Jangan Menyisakan Ruang Kosong

Saat kamu berlibur, kamu berpikir untuk menyediakan beberapa ruang untuk meletakkan oleh-oleh yang nanti kamu bawa pulang. Tetapi, ruang kosong di dalam koper dapat menyebabkan benturan benda-benda yang ada di dalamnya. Maka, untuk mengatasi ruang kosong tersebut, kamu dapat memasukkan gumpalan kertas atau semacamnya.

Laundry Bag Untuk Koper Bersama

Melalui teknik packing baju yang satu ini, kebutuhan satu keluarga dapat disimpan dalam satu koper. Bagaimana caranya? Setiap anggota keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dengan jenis barang yang bervariasi pula, maka dari itu kamu perlu memisahkannya ke dalam kompartemen yang berbeda.

Susun rapi semua barang sesuai dengan cara packing baju yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun kali ini, barang-barang disimpan dalam beberapa laundry bag, gunakan laundry bag dengan warna berbeda untuk membedakan barang setiap anggota keluarga. Barulah laundry bag tersebut dimasukkan ke dalam koper.

Tentunya, keberhasilan trik packing baju ini juga harus didukung dengan penggunaan koper dengan kapasitas yang optimal. Sekalipun besar, pilihlah koper beroda yang ringan sehingga lebih fleksibel saat digunakan saat travelling.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)