Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Done - Kun Saraswati, Sebuah Elegansi Dalam Musik


Kun Saraswati
Kun Saraswati
Jagad musik Indonesia semakin ramai dengan tumbuh dan berkembangnya generasi penerus para musisi-musisi Indonesia. Dari setiap genre, melahirkan warna Lagu Indonesia yang baru dan fresh yang selanjutnya berkembang menjadi sebuah identitas dalam daftar talenta musisi Indonesia.

Salah satu dari sekian banyak single atau Lagu Indonesia yang muncul dalam beberapa waktu belakangan ini, Lagu Kun Saraswati yang berjudul "Done", launching pada tanggal 4 oktober silam ini worth banget untuk masuk ke daftar lagu favorit kamu bray. Lagu ini merupakan single Kun Saraswati yang pertama. 

Warna yang disajikan oleh Kun Saraswati dalam lagunya sangat memanjakan telinga, sesuai banget dengan tren musik sekarang yang menuntut untuk musik yang lebih easy listening namun sarat bobot musikalitas. Biar kalian bisa lebih menikmati Lagu Kun Saraswati yang fresh ini, kuy kita kenalan dulu dengan penyanyi bertalenta Indonesia ini. 

Siapa Kun Saraswati?

Dia adalah seorang musisi kelahiran Surabaya, 9 September 1998. Kun Saraswati mulai menunjukkan bakat bernyanyi sejak umur 3 tahun. Pada usia 5-9 tahun ia mengikuti les piano klasik. Ia juga belajar bermain gitar secara otodidak ketika memasuki SMP. Lalu untuk melatih keberanian dan kepercayaan diri, ia mengikuti beberapa kompetisi menyanyi ketika SMP dan SMA.

Sedari kecil Kun Saraswati tidak tertarik dengan sistem edukasi konvensional, namun menariknya saat ini dia adalah salah satu dari jajaran Vocal Teacher di MSI (Music School of Indonesia) Pondok Indah. Tidak hanya memiliki bakat menyanyi dan bermusik, Kun Saraswati juga sangat gemar memasak. Ia pernah menjuarai lomba memasak tingkat sekolah ketika SMA. Kun Saraswati dulu bersekolah di SMA Tarakanita 5 di Pulo Raya (Jurusan Bahasa). Selain bernyanyi, Kun Saraswati juga memiliki bakat dalam hal make-up. salah satu pekerjaan sampingan yang sempat digeluti oleh Kun Saraswati adalah menjadi make-up artist. Kliennya kebanyakan adalah siswi SMP-SMA yang ingin melakukan photoshoot buku tahunan sekolah dan juga untuk acara prom-night

Kun Saraswati mulai menulis lagu sendiri sejak umur 18 tahun tak lama setelah mulai memasuki dunia perkuliahan. Penyanyi pertama yang menjadi inspirasi Kun Saraswati adalah Diana Krall, pernah bela-belain menonton konsernya Diana Krall di Esplanade pada tahun 2016 silam. Bakat bernyanyi dan bermain musik Kun baru diasah secara profesional pada saat umur 18 tahun ketika diterima menjadi murid Fakultas Ilmu Seni Musik Universitas Pelita Harapan (peminatan: Jazz & Pop Music Performance; major: Vokal.

Ia bersyukur telah memilih kuliah di fakultas seni musik UPH dan ternyata diterima. Sempat deg-degan ketika tes masuk, karena tidak melakukan tes masuk di kampus lain. Ia memilih kuliah musik karena mengikuti minat dan bakat. Salah satu moto hidup Kun Saraswati adalah "I love what I do and I do what I love". Mengambil keputusan untuk serius berkarir di belantika musik pun juga karena mengikuti minat dan bakat dan selaras dengan salah satu moto hidupnya tadi. Murni 100% keinginan Kun Saraswati sebagai pribadi yang memiliki keinginan yang kuat. 

Sekarang Kun Saraswati berusia 21 tahun dan siap untuk berbagi pengalaman dan bakat yang ia miliki dalam bermusik kepada masyarakat, salah satu cita-cita nya adalah pesan-pesan dari lagu yang ia ciptakan sampai ke hati pendengar.

Elegansi Dalam Musik

Kun Saraswati
Kun Saraswati - Done
Sebuah elegansi dalam bermusik berhasil dicapai oleh Kun Saraswati melalui lagu ini. Rangkaian kombinasi gitar akustik, violin, piano melantun dengan balance yang cukup baik komposisi lagu ini. Kekuatan aransemen musiknya tidak mengubur vokal, malah bisa fusion dengan baik. Terkesan smooth banget sih menurut saya.

Teknik vokal Kun Saraswati menarik hati saya, pelafalan kata yang cukup jelas dengan intonasi yang stabil, dengan sedikit selipan light vibrato yang apik banget menjadikan lagu ini tidak bosen-bosen untuk selalu di dengar. Karakteristik seperti inilah yang mengangkat genre pop ke level yang lebih tinggi lagi.

Emosi yang dibangun oleh aransemen musik, sentuhan vokal, dan lirik sejak awal intro hingga outro sangat sempurna di mata saya. Pendengar musik seolah-olah diajak untuk mengarungi laut yang berombak tenang, kemudian ada sedikit goncangan, kemudian ada sedikit badai, hingga sampailah di destinasi. Sebuah perjalanan yang menjadikan seseorang lebih manusiawi. Mau lihat videonya?, klik di bawah ini.


Lirik Musik Kun Saraswati - Done

Tidak lengkap rasanya apabila membahas sebuah karya musik tanpa membahas lirik musiknya juga. Pasalnya, dengan menelaah lirik lagu, kita bisa lebih memahami keindahan yang tersirat dan tersurat dalam karya tersebut. 

"Done" ditulis pada pertengahan tahun 2016 lalu, namun baru dijadikan sebuah karya lagu pada bulan Agustus 2019 kemarin. Judul lagu Kun Saraswati ini terdiri dari 1 kata saja. Menarik, justru dengan judul lagu yang simple seperti ini malah bisa menggambarkan sebuah sikap yang teguh seseorang terhadap sebuah masalah. Easy to remember.  Berikut saya sajikan Lirik Musik Kun Saraswati - Done untuk kamu.


Verse 1
Take me with you or let me be with you
But if we knew, i’m trynna forget you
What did i do? i’m feeling so pale blue
This felt so true, but how about you?

Prechorus
The sky starts raining, but my heart keeps tracing
The storms are raging, but my heart keeps falling

Reff
I’m clinging on to you,
Just tell me it’s not true that violets are not blue
I’m clinging on to you,
Just tell me it’s not true and there is no i love you

Verse 2
Im broken in two, im drowning in deep blue
My feelings for you, has drowned with me too

Prechorus
The sky starts raining, but my heart keeps tracing
The storms are raging, but my heart keeps falling

Reff
I’m clinging on to you,
Just tell me it’s not true that violets are not blue
I’m clinging on to you,
Just tell me it’s not true and there is no i love you

Bridge
What i’m gonna do,
Tell me what i’m gonna do 2x

Reff Modulation
I’m clinging on to you,
Just tell me it’s not true that violets are not blue
I’m clinging on to you,
Just tell me it’s not true and there’s no i love you

Last Outro
But if we knew, i’m done with you


Usut punya usut nih bray, Judul lagu Kun Saraswati "Done" terinspirasi dari pengalaman pribadi Kun Saraswati sendiri yang pernah dikecewakan oleh orang-orang disekitarnya. Dengan lagu "Done", Kun Saraswati ingin menyampaikan bahwa jangan takut untuk menyudahi hal yang tidak baik untuk diri kita, apapun dan siapapun itu. Suatu akhir adalah awal mula dari sesuatu yang bisa jadi lebih baik untuk kita, jangan takut kalau kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Tidak apa-apa untuk merasa sedih, yang penting adalah bagaimana kita bangkit dari kesedihan itu dan melanjutkan hidup dengan semangat baru.

Kun Saraswati berharap dengan lagu "Done" ini bisa menjadi move on anthem bagi siapapun yang relate ketika mendengarnya. Lagu Kun Saraswati - “Done” bisa juga kamu dengar di beberapa online streaming platform seperti Spotify, Joox, iTunes. video lirik nya juga dapat dilihat di YouTube lho.

Overall

Sayang banget apabila kamu melewatkan lagu ini, karena kaya banget dari berbagai segi musikalitas dan lirik. Meski menggunkan bahasa inggris, lagu ini tidak mengurangi nilainya di telinga pendengar. Indonesia telah melahirkan talenta musisi yang benar-benar mempunyai skill, saya tidak sabar menunggu rilisnya lagu-lagu Kun Saraswati yang lainnya.  
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)