Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Manfaat Akar Maca Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Akar Maca Untuk Kesehatan Tubuh

Macca dikenal sebagai tanaman herbal berkhasiat sejak ribuan tahun lalu, khususnya dalam meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita. Ternyata tak hanya itu, tanaman herbal yang dimanfaatkan bagian akarnya ini juga memiliki manfaat secara keseluruhan pada tubuh. Apa saja manfaat maca root (akar maca) untuk kesehatan? Yuk, cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Manfaat Akar Maca untuk Kesehatan Tubuh

Maca memiliki nama latin lepidium meyenii, berbentuk seperti lobak dengan pucuk hijau dan akarnya yang berwarna kuning, ungu, atau kehitaman. Tanaman ini banyak tumbuh di Pegunungan Andes di Peru, Amerika. Namun sudah banyak yang mengolah akar maca ini dalam bentuk bubuk kecoklatan yang dikeringkan terlebih dahulu atau cair hingga dalam kapsul sehingga mudah untuk digunakan. Rasa akar maca ini mirip seperti kacang.

Maca root adalah tanaman herbal yang memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan antioksidan, seperti glukosinolat dan polifenol. Oleh karena itu, tanaman ini juga dikenal juga sebagai adaptogen, yaitu istilah suatu tanaman herbal yang mengandung zat alami membantu tubuh beradaptasi dengan stres atau penyakit tertentu.

Beberapa manfaat akar maca untuk kesehatan yaitu:

1. Mencegah Pembentukan Radikal Bebas

Salah satu manfaat maca root adalah meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, seperti glutathione dan superoksida dismutase. Antioksidan adalah zat yang diperlukan tubuh untuk mencegah terbentuknya radikal bebas, penyebab dari penuaan dini hingga kanker. Bahkan polisakarida (karbohidrat dalam akar maca) sudah terbukti dapat mencegah kerusakan sel dan melawan penyakit kronis.

Sebuah penelitian pada hewan di Ceko menemukan bahwa pemberian dosis maca pada tikus tidak hanya meningkatkan kadar antioksidan tapi juga menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di hati serta menurunkan kadar gula darah. Sementara, penggunaan ekstra daun maka juga menunjukkan adanya perlindungan terhadap kerusakan saraf.

Meningkatkan antioksidan memang dapat menghindarkan tubuh dari risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, stres oksidatif, dan kerusakan sel. Namun sejauh ini untuk manfaat akar maca kali ini memang dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

2. Menambah Energi dan Performa Atlet

Bubuk akar maca sangat dikenal di kalangan atlet dan binaragawan. Pasalnya suplemen ini diyakini dapat meningatkan energi, menambah otot dan menambah performa tubuh. Dikutip dari Men’s Health, Paul Salter, MS, RD, mengatakan,” Akar maca diperkirakan memiliki dampak positif untuk menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Itulah sebabnya banyak orang yang melaporkan mengalami peningkatan energi setelah menikmatinya.”

Walaupun bersifat stimulan, suplemen akar maca tidak mengandung kafein. Oleh karena itu, tidak akan memberikan efek gugup atau gemetar seperti mengonsumsi kafein.

Jadi saat gula darah dalam tubuh melonjak, tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin, sehingga dapat menimbulkan efek lemas pada tubuh. Namun bila keadaan gula darah stabil, Kamu dapat mempertahankan energi lebih konsisten sepanjang hari.

Meskipun demikian, masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk memastikan potensi akar maca sebagai penguat energi, tapi beberapa bukti menunjukkan bahwa ini mungkin menjadi pemicu yang kuat.

3. Menyeimbangkan Kadar Estrogen

Estrogen adalah hormon seks pada wanita yang bertanggung jawab untuk mengatur sistem reproduksi. Bila jumlah hormon ini tidak normal, maka akan menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, mengubah suasana hati, dan mengatasi wanita yang sulit memiliki anak. Manfaat lain maca root adalah membantu menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada International Journal of Biomedical Science, sebanyak 34 wanita pascamenopause dini mengonsumsi maca root dalam tablet dua kali sehari selama empat bulan.

Hasilnya, akar maca tidak hanya menyeimbangkan kadar hormon tetapi juga mengurangi gejala menopause, seperti berkeringat di malam hari, mengurangi depresi, dan juga meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, kadar estrogen yang seimbang juga membantu meningkatkan kesehatan reproduksi dan kesuburan serta mengurangi gejala yag berhubungan dengan sindrom ovarium polikistik.

Manfaat Akar Maca Untuk Gairah Pria

Manfaat Akar Maca Untuk Kesehatan Tubuh

Klaim pasaran yang menyatakan bahwa suplemen maca root bisa bikin pria tahan lama di ranjang sudah didukung oleh sejumlah penelitian. Sebuah studi tinjauan dari tahun 2010 yang mengolah data dari empat penelitian acak dengan total 131 peserta menemukan bukti bahwa akar maca benar efektif meningkatkan gairah seks pria setelah dikonsumsi selama minimal enam minggu.

Dilansir dari NCBI, sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa akar maca dapat meningkatkan performa seks dan kesuburan tikus jantan setelah 15 hari. Kemudian, penelitian dilanjutkan dengan memberi suplemen maca root pada 25 pria yang memiliki masalah impotensi ringan untuk dibandingkan dengan 25 pria berkondisi sama yang mengonsumsi pil plasebo alias pil kosong. Setelah 12 minggu, pria yang mengonsumsi ekstrak akar maca mengalami peningkatan performa seksual yang lebih dramatis.

Ada juga beberapa bukti kecil yang melaporkan bahwa akar maca membantu meningkatkan kesuburan pria dengan cara meningkatkan produksi jumlah sperma dan meningkatkan kualitasnya. Beberapa penelitian kecil juga menemukan bahwa maca root membantu meningkatkan energi dan stamina tubuh.

Akan tetapi, para ahli kesehatan masih skeptis dengan kesimpulan-kesimpulan ini. Masih diperlukan bukti ilmiah yang lebih banyak dan dalam skala besar untuk mendukung teori efektivitas suplemen maca untuk vitalitas pria.

Efek Samping Akar Maca?

Dilansir dari WebMD, Kalthleen Zelman, MPH, RD, seorang pemimpin bagian nutrisi di WebMD, mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada orang yang melaporkan efek samping dari penggunaan suplemen maca roots.

Akan tetapi, distribusi dan penggunaan suplemen herbal tidak diatur oleh FDA, badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, dan juga oleh BPOM di Indonesia. Ini membuat jaminan keamanan dan risiko efek samping suplemen maca roots tidak benar-benar diketahui pasti.

Khasiat suplemen maca sejauh ini hanya dapat dibuktikan lewat eksperimen pada hewan lab atau pengujian kecil-kecilan pada manusia. Hasil percobaan inilah yang seringkali dijadikan dasar bahwa obat herbal dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Padahal, efeknya belum tentu tercermin pada khalayak publik. Selain itu, setiap produsen akan meracik produknya dengan dosis dan bahan komposisi yang berbeda, sehingga bisa menimbulkan manfaat dan risiko efek samping yang berbeda untuk setiap orang.

Banyak pula produk suplemen tidak memiliki izin edar BPOM alias ilegal. Untuk itu, Kamu sebagai konsumen harus lebih bijak dalam memilih dan membeli obat herbal yang aman. Dilansir dari Men’s Health, Jamin Brahmbhatt, MD, seorang ahli urologi di Orlando Health, berpendapat bahwa maca roots bisa saja dijadikan bagian dari menu makanan sehat, namun tidak bisa dijadikan andalan satu-satunya sebagai cara tahan lama di ranjang. Jadi, jika ingin mengkonsumsi akar maca, pastikan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan ya. 
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)