Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

11 Kekeliruan Memilih Kitchen Set Yang Sering Terjadi


11 Kekeliruan Memilih Kitchen Set Yang Sering Terjadi

Bagi Kamu yang memiliki hobi memasak, dapur mungkin menjadi bagian ruangan rumah yang paling penting. Namun, terlepas dari itu, dapur tetaplah salah satu ruangan yang memerlukan perhatian lebih. Hal ini bisa kamu lihat dari betapa rumitnya memilih kitchen set yang tepat untuk dapur hunian kamu, sampai-sampai masih banyak yang main beli saja tanpa teliti terlebih dahulu.

Padahal ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, mulai dari desain yang tidak cocok hingga masalah space atau ruang penyimpanan yang kurang kerap menjadi permasalahan pada kitchen set. Masih ada yang bertanya, gimana sih cara mudah memilih kitchen set yang tepat?. Yes, we can do it by ourself!. Easy.

Untuk menghindari hal-hal enggak menyenangkan tersebut, biasanya beberapa orang langsung konsul ke konsultan interior atau arsitek. Namun, sebenarnya kita sendiri bisa lho mulai belajar untuk teliti sebelum membeli. Simak kesalahan-kesalahan atau kekeliruan umum saat membeli atau membuat kitchen set berikut ini.

1. Memilih Kitchen Set yang Terlalu Up to Date

Oke, tampil up to date memang penting, tapi apakah itu bisa dijadikan alasan utama dalam memilih kitchen set?. No.

Terlalu mengikuti tren tanpa menilai seberapa tingkat kualitas bahan dan juga tingkat efektivitas penggunaan kitchen set sangat perlu kamu hindari lho. Apalagi, tren bersifat sementara sedangkan kitchen set yang kamu miliki tentu ingin kamu gunakan dalam jangka panjang, bukan? Selalu utamakan kenyamanan penggunaan daripada tren.

2. Terlalu Memperhatikan Desain dari Kitchen Set

Memperhatikan desain dan penampilan kitchen set memang bukan sebuah kesalahan, hanya saja kamu juga perlu memperhatikan fungsionalitas dan juga material dari kitchen set tersebut.

Pada kenyataannya, banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih kitchen set, seperti ketahannya terhadap lingkungan dapur hingga kesesuaiannya dengan fungsi serta kebutuhan. Pastikan tampilan keren yang kamu miliki pada kitchen set sebanding dengan hal-hal tersebut.

3. Kitchen Set dengan Material yang Tidak Tepat

Ingat, sebisa mungkin hindari memilih kitchen set yang memiliki material kayu, karena material dari kayu termasuk material yang enggak akan tahan terhadap panas dan air yang merupakan hal umum di dapur.

Intinya, kitchen set yang kamu pilih harus terbuat dari material yang tahan terhadap panas dan air. Tentu . Namun, kenyataannya, kitchen set berbahan kayu masih jadi pilihan favorit. Untuk itu, pastikan betul-betul material kitchen set yang kamu miliki sudah diberi finishing guna melindungi material aslinya. Atau, untuk pilihan praktis kamu bisa menggunakan kitchen set aluminium. 

4. Storage yang Tidak Memadai

Sudah bukan rahasia jika dapur merupakan ruang dengan banyak sekali kebutuhan storage karena peralatan dan bahan makanan yang kamu miliki. Kitchen set adalah salah satu media penyimpanan paling utama pada dapur. Jadi, saat kamu memilih kitchen set, sesuaikan jumlah kabinet atau storage yang dimiliki dengan kebutuhanmu.

Enggak cuma storage yang memadai, kombinasikan juga ukuran storage sehingga kamu enggak kebingungan saat harus menyimpan panci berukuran besar namun kabinet kitchen set enggak bisa mengakomodirnya.

5. Minimnya Area Kerja pada Kitchen Set

Storage memang penting, tapi jangan lupakan juga keberadaan counter top yang memadai, karena area kitchen set satu ini akan berfungsi sebagai area kerja. Untuk kamu yang hobY memasak tentu kamu memerlukan counter top yang relatif besar, bukan?.

Jika kamu kekurangan area kerja pada kitchen set yang sudah kamu miliki, siasati dengan menambahkan island sebagai tamabahan area kerjamu.

11 Kekeliruan Memilih Kitchen Set Yang Sering Terjadi

6. Kitchen Set dengan Terlalu Banyak Kabinet Terbuka

Mengkombinasikan kabinet pada kitchen set dengan kabinet yang terbuka tentu adalah ide yang menarik agar kitchen set tidak tampil monoton sebetulnya. Tapi, jangan sampai kamu memilih kitchen set dengan kabinet terbuka terlalu banyak.

Karena enggak bisa dihindari kamu memerlukan area storage tertutup untuk menyimpan berbagai barang enggak terpakai tanpa perlu takut dapur terasa berantakan. Kabinet terbuka enggak cuma membuat berantakan, keberadaan banyak perabot yang terekspos juga bisa membuat dapur terkesan sesak, lho. Apalagi, kalau kamu berencana membuat kitchen set minimalis.

7. Tidak Memperdulikan Instalasi Listrik

Dapur kini sudah dilengkapi berbagai perlengkapan elektronik. Selalu persiapkan instalasi listrik yang memadai pada kitchen set yang kamu miliki. Mulai dari jumlah stop kontak hingga posisi-posisinya.

Jangan sampai kamu terpaksa membuat kabel berserakan berjalan di atas kitchen set. Enggak cuma tidak sedap dipandang, hal ini juga sangat berbahaya untuk aktivitas Kamu di dapur lho. So, stay safe.

8. Kitchen Set tanpa Pencahayaan yang Cukup

Berbicara pencahayaan pada ruang dapur, enggak bisa hanya mengandalkan penerangan utama dari ceiling ruangan. Kitchen set yang kamu miliki juga memerlukan instalasi pencahayaan guna memaksimalkan penerangan saat memasak.

Jika kitchen set memiliki rak dinding, berikan tambahan pencahayaan di bagian bawah agar area kerja yang berada di bawah tidak terhalang bayangan dari lemari gantung atau rak dinding. Selain memaksimalkan aktivitas, pencahayaan yang baik pada kitchen set juga bisa mempercantik desain dan visual dari kitchen set itu sendiri.

9. Mengacuhkan Laci pada Kitchen Set

Kebanyakan kita hanya menggandalkan kabinet berbentuk lemari pada kitchen set tanpa mempertimbangkan menggunakan laci. Padahal keberadaan beberapa laci pada kitchen set bisa membantu aktivitasmu di dapur jadi lebih efektif. Hal ini disebabkan laci lebih argonomis dibandingkan kabinet lemari.

Laci ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang akan sering kamu gunakan seperti spatula, pisau, ataupun berbagai bumbu masak. Hal ini dikarenakan laci bisa kamu akses langsung dengan nyaman. Berbeda jika kitchen set berbentuk kabinet lemari semua dimana kamu harus berjongkok untuk mencari barang yang kamu butuhkan. Dengan laci-laci, kegunaan kitchen set mini bisa lebih maksimal!

10. Kitchen Set dengan Layout yang tidak Efisien

Pada kitchen set, umumnya terdapat bagian untuk meletakkan kompor, kitchen sink, dan juga counter top untuk mempersiapkan berbagai bahan makanan. Pada beberapa kitchen set juga dilengkapi lemari penyimpanan dan juga area untuk lemari pendingin.

Tahukah kamu, jika posisi berbagai hal ini atau layout dari kitchen set-mu akan mempengaruhi berjalannya aktivitas utama di dapur, yaitu menyimpan makanan, mempersiapkan bahan makanan, dan memasak?.

Untuk itu, pastikan setiap elemen atau layout dari kitchen set yang kamu miliki sudah memenuhi prinsip kitchen triangle yang baik dimana posisi secara berurutan adalah area penyimpanan makanan – area mempersiapkan makanan – area memasak. Dengan kitchen set yang memenuhi prinsip ini, kamu enggak akan dibuat mondar-mandir di dapur saat sedang menyiapkan hidangan.

11. Bagian Sudut Kitchen Set yang Tidak Efisien

Untuk desain kitchen set berbentuk “L” atau “U”, keberadaan kabinet sudut sudah enggak bisa lagi kamu hindari. Kebanyakan bagian sudut ini dibiarkan kosong dan digunakan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan karena bagian kitchen set satu ini memang sulit dijangkau.

Namun, jika kamu membutuhkan bagian sudut kitchen set yang lebih fungsional, pastikan kamu memiliki kitchen set yang dilengkapi aksesoris atau fitting khusus kabinet sudut pada kitchen set sehingga bagian ini menjadi jauh lebih efisien.
QuickEdit

You Might Also Like

9 comments:

  1. Saya blm bikin kitchen set hehe soalnya blm ada dananya tapi saya akali dengan bikin lemari yang letter L itu mas, lumayan lha dr sisi harga msh terjangkau. Kalau menurut saya saat ada dana ya bikin aja yg bagus kalau perlu pakai desainer jd gak zonk di awal :D

    ReplyDelete
  2. Bisa jadi bahan pertimbangan nih kalo nanti saya ada rezeki uddah bangun rumah sendiri dan bakal bikin kitchen set.

    ReplyDelete
  3. Kalau ibuku nggak pakai kitchen set sih hihi diatur DIY sendiri, kalau aku di masa depan nanti juga sepertinya designing sendiri dengan memperhatikan 11 poin di atas

    ReplyDelete
  4. Yap penting nih buat diperhatikan kalau mau memilih kitchen set. Kenyamanan pas digunakan itu emang utama ya mas. Thankyou infonyaaa

    ReplyDelete
  5. Pengen banget masang kitchen set, ternyata banyak hal yang mestu diperhatikan ya, makasih sharingnya, moga kesampaian nih pasang kitchen set di dapur

    ReplyDelete
  6. Aku nih perlu banget informasi beginian soalnya selalu banget beli tapi setelah itu bingung mau nyimpen dimana hehehe. Paling ngga perlu desain dan kalau bisa minimalis sih ya, biar luas dan gampang bergerakdidapur

    ReplyDelete
  7. Thanks ka.. Kebetulan sebentar lagi mau design dapur baca artikel ini jadi lebih prepare untuk memilih kitchenset..

    ReplyDelete
  8. Pas banget nih aku mau pasang kitchen set di rumah baru. Jadi punya referensi untuk mengenal lebih detail tentang penataan sebenarnya akan kitchen set.

    ReplyDelete
  9. Baru sadar gak cocok itu setelah dibeli.
    Huhuu~
    Jadi pas di toko, beli material, ngebayanginnya oke nih...pas dipasang ternyata kurang pas sama keinginan.

    ReplyDelete

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)