Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

19 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan



Adakah yang sudah pernah mencicipi buah plum?. Sepertinya mayoritas atau kebanyakan orang Indonesia belum pernah mencicipinya ya, bahkan mungkin melihatnya secara langsung saja belum pernah.

Wajar memang, karena buah ini tergolong buah impor dan bisa dibilang keberadaannya pun masih langka di negara kita. Nah, agar banyak yang tertarik untuk membudidayakannya di Indonesia, yuk coba kita bahas manfaat buah plum ini. Siapa tahu saja kedepannya buah ini tak lagi menjadi komoditi langka.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Plum

Buah yang banyak dibudidayakan di Negeri Tiongkok ini mengandung begitu banyak senyawa yang amat sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti antioksidan yang tentunya dapat menjadi senjata dalam melawan radikal bebas, zat besi untuk mencegah anemia, serta sorbitol dan isatin yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

Bagi yang sedang melakukan diet atau ingin menjaga berat badan ideal, buah ini wajib masuk ke daftar menu diet sehat Kamu. Mengapa? karena buah plum rendah kalori (46 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh. Sangat mendukung diet sehat Kamu bukan? 

Apa Saja Manfaat Buah Plum?

Begitu banyak manfaat buah plum, diantaranya sebagai antioksidan, membantu mengatasi obesitas serta komplikasinya, memerangi diabetes, menjaga kesehatan tulang, jantung dan masih banyak lagi. Selengkapnya, yuk kita bahas satu persatu.

1. Membantu Mengatasi Obesitas

Nah, bagi Kamu yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, coba tambahkan buah plum kedalam menu diet Kamu. Bukan tanpa sebab, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, buah plum terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

Hebatnya lagi, buah ini mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak. Bahkan, membantu menghindari komplikasi terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular berkat kandungan senyawa flavonoid dan fenolik seperti antosianin, asam klorogenik, kuersetin dan katekin yang terkandung didalamnya. Luar biasa bukan!

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Ternyata buah yang memiliki tampilan menarik ini memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung lho. Berdasarkan penelitian, asupan plum kering secara teratur dapat membantu dalam mempromosikan fluiditas darah di arteri sehingga akan mengurangi risiko dari berbagai gangguan jantung seperti, aterosklerosis bahkan serangan jantung dan stroke.

Buah plum juga mengandung mineral potasium yang mampu menjaga laju detak jantung dan tekanan darah agar tetap stabil.

3. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah plum cukup tinggi, maka tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai ancaman infeksi atau penyakit. Selain itu, kandungan unsur imunostimulan pada buah plum juga terbukti dapat mendorong produksi oksida nitrat di dalam tubuh sehingga dapat membantu menghambat metastasis sel tumor dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Agar tubuh selalu berada dalam kondisi fit dan prima, nampaknya kita harus mulai berburu buah yang satu ini bukan.

4. Sebagai Antioksidan

Buah plum memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Jangan heran, karena plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. Kehadiran zat-zat inilah yang mampu menjadikan buah yang memiliki beragam warna ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida.

Ditambah dengan kehadiran fenol didalamnya, semakin menunjukkan kemampuan buah ini sebagai salah satu sumber antioksidan yang mampu menjadi senjata dalam melawan radikal bebas.

5. Melancarakan Sistem Pencernaan

Manfaat buah plum juga dapat dirasakan bagi Kamu yang memiliki masalah pada sistem pencernaan. Mengapa? Karena buah plum merupakan sumber serat makanan yang baik terutama berkat kandungan sorbitol dan isatin didalamnya.

Bahkan manfaatnya dalam mengobati gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit disinyalir lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi sekam dari biji psyllium. Sekali lagi, ini semua berkat kandungan sorbitol dan isatin didalam buah plum yang memiliki efek pencahar serta dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus sehingga dapat meningkatkan pembilasan limbah secara lebih efisien melalui usus besar.

6. Membantu Menjaga Fungsi Kognitif

Khawatir akan menurunnya fungsi kognitif seiring bertambahnya usia? Mulai sekarang, cobalah untuk mulai mengonsumsi buah plum. Kandungan fitonutrisi seperti flavonoid yang terkandung didalamnya ternyata memiliki manfaat lebih terhadap fungsi kognitif manusia. Senyawa ini mampu mencegah gangguan neurologi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson serta membantu mengoptimalkan fungsi memori dan belajar.

7. Membantu Mengatasi Diabetes

Ternyata buah yang memiliki rasa manis asam ini juga mampu memberikan efek anti-hiperglikemik dan efektif dalam membantu memerangi penyakit diabetes lho. Manfaat buah plum yang satu ini bukan sekedar isapan jempol belaka, karena kandungan flavonoid didalamnya mampu memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Selain itu, sebuah studi juga telah membuktikan kemampuannya dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida dalam tubuh. Jadi, bagi Kamu yang menderita diabetes, tunggu apalagi? Rasakan manfaat buah plum yang satu ini.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Kabarnya, buah plum juga memiliki manfaat yang sangat amat baik bagi kesehatan tulang. Apa benar ya? Hem, ternyata kabar ini benar adanya, hasilnya pun telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah plum kering dapat membantu pemulihan massa tulang yang berkurang akibat penuaan.

Kandungan flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang ada didalam buah plum inilah yang menjadi dalang dibalik manfaatnya yang satu ini. Flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang terkandung dalam buah plum mampu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

Belum lagi, kehadiran polifenol dan kalium didalamnya yang mampu mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos terutama pada wanita pascamenopause yang mengalami penurunan hormon estrogen seiring bertambahnya usia.

9. Membantu Kelancaran Fungsi Sistem Saraf

Buah plum mengandung vitamin B-6 yang sangat penting bagi sistem saraf pusat, antara lain untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf, membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu terbentuknya hormon yang akan memengaruhi mood atau suasana hati seseorang.

Selain itu, kandungan triptofan dalam buah plum juga membantu memproduksi serotonin yang berhubungan erat dengan kualitas tidur, nafsu makan dan konsentrasi yang lebih baik.

10. Membantu Mengatasi Kecemasan

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa dengan mengonsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan. Berdasarkan penelitian, ternyata manfaat buah plum yang satu ini berkat efek anxiolytic dan sifat antioksidan dari asam klorogenik yang ada pada buah plum yang telah terbukti dapat mengatasi gangguan kecemasan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

11. Membantu Mengendalikan Kadar Kolesterol

Mungkin dari beberapa pembaca setia Mediskus ada yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Yuk, mulai teratur konsumsi buah ini. Menurut sebuah studi komparatif, buah plum sangat berguna dalam mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil. Bahkan, khasiatnya dalam hal ini lebih baik dibandingkan dengan anggur merah lho.

Kandungan serat yang ada di dalamnya juga menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

12. Mengatasi Flu Secara Alami

Selain mampu melawan radikal bebas, ternyata buah plum juga dapat memerangi virus influenza yang menjadi penyebab dari penyakit flu. Bukan sekedar omong kosong, manfaat yang satu ini telah dibuktikan dan hasilnya menunjukkan bahwa konsentrasi buah plum mengandung molekul mirip-lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

Untuk Kamu yang sedang mengalami flu, coba redakan gejalanya dengan mengonsumsi buah plum.

13. Sebagai Obat Alami Anemia

Mengalami anemia karena kekurangan zat besi? Tenang, manfaatkan saja buah yang satu ini. Buah plum mengandung  zat besi dan tembaga yang penting dalam membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah dan sirkulasi yang sehat. Tembaga yang terkandung dalam buah plum juga mampu berperan sebagai antioksidan dan sangat penting bagi kesehatan saraf serta membantu pembentukan kolagen.

14. Sumber Mineral dan Vitamin yang Baik untuk ibu Hamil

Ibu hamil tentunya membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih banyak selama kehamilan. Nah, buah plum dengan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya tentu saja dapat menjadi jawaban akan kebutuhan ini. Kandungan flavonoid, vitamin C, vitamin B6, zat besi, sorbitol, isatin, serat yang tinggi dan berbagai senyawa lainnya bukankah cukup menjadikan buah ini sebagai sumber alami yang baik untuk ibu hamil?

15. Membantu Menjaga Keseimbangan Asam-Basa Tubuh

Buah plum memiliki kandungan kalium yang melimpah, seperti yang kita ketahui kalium merupakan elektrolit yang sangat penting bagi fungsi saraf dan otot. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah plum yang kaya akan kalium ini tentunya sangat berpengaruh sekali dalam membantu mengatur kontraksi otot dan mengatur keseimbangan asam-basa tubuh.

16. Membantu Melawan Sel Kanker

Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Buah plum mengandung epicatechin (epikatekin) yang merupakan salah satu jenis flavonoid dan telah terbukti dalam membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas serta menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoselular atau kanker hati.

Buah plum juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang termasuk asam klorogenik dan asam neo-klorogenik yang memiliki efek penyembuhan melawan sel kanker payudara, tanpa membahayakan sel-sel yang sehat.

17. Perawatan Kulit

Buah plum yang kaya akan vitamin C bersama dengan antioksidan lainnya sangat amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit bercahaya. Tidak cukup sampai disitu, buah ini juga mengandung nutrisi anti-aging yang tentu saja akan membuat kulit Kamu selalu terlihat awet muda dan sekaligus membantu mengurangi bintik hitam dan keriput di wajah. Ekstraknya pun telah banyak diolah menjadi berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit, seperti facial wash dan masker wajah.

18. Membantu Proses Pembekuan Darah

Buah plum juga mengandung vitamin K yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Contoh kecilnya ketika jari Kamu terluka oleh sayatan pisau, tentunya darah akan mengucur bukan. Nah, disinilah vitamin K akan bekerja untuk mempercepat proses pembekuan darah agar darah tidak terus menerus mengucur.

Selain itu, vitamin K juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari pengeroposan. Ya meskipun tubuh tidak memerlukan terlalu banyak vitamin K, namun jika seseorang sampai mengalami defisiensi vitamin K maka dapat mengalami perdarahan berlebihan dan berbagai risiko kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan vitamin K dalam tubuh dengan cara mengonsumsi berbagai sumber makanan sehat, seperti buah plum ini.

19. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Kalau bicara tentang kesehatan mata pastilah identik dengan wortel. Namun siapa sangka, ternyata buah plum juga tak kalah hebat dari wortel dalam hal menjaga kesehatan mata lho. Apa sebab? karena buah plum juga mengandung vitamin A dan beta-karoten yang tentunya sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia.

Ditambah lagi dengan hadirnya senyawa karotenoid (lutein dan zeaxanthin) dalam buah plum yang sangat berguna untuk melindungi makula retina dari kerusakan oksidatif akibat radiasi sinar ultraviolet (UV).

Setelah ditelaah lebih dalam, ternyata begitu banyak ya manfaat buah plum ini. Sayang, keberadaannya di Indonesia yang masih tergolong langka menjadi kendala kita untuk bisa menikmatinya secara rutin. Kalaupun ada, jangan heran jika harganya cukup mahal. Namun, melihat manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan, nampaknya harga tak jadi masalah bukan?.

Variasi Cara Makan Buah Plum Yang Baik Dan Sehat

19 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Buah plum, selain menyegarkan, juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki nama ilmiah prunus ini dapat dikonsumsi dengan sejumlah cara. Berikut ini adalah cara makan buah plum yang nikmat dan menyehatkan.

1. Dimakan Langsung

Cara makan buah plum yang pertama adalah yang paling umum atau dasar, yakni mengonsumsinya secara langsung. Akan tetapi, rasa asli buah plum yang cenderung asam membuat cara makan buah plum merah ini mungkin tidak cocok bagi Kamu yang tidak terlalu suka rasa asam.

Untuk memakan buah plum secara langsung, pastikan untuk mencuci buah ini sampai benar-benar bersih. Kemudian, Kamu bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya (atau bisa juga tidak usah dikupas).

2. Jus Plum

Sama seperti buah-buahan pada umumnya, cara makan plum juga bisa dengan mengolahnya menjadi minuman jus segar.

Siapkan 2-4 buah plum segar, kemudian cuci sampai bersihi dan potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, masukkan potongan buah plum ke dalam blender bersamaan dengan es batu secukupnya, 3 sendok makan air gula, dan 2-3 sendok teh krim kental manis atau madu.

Mengonsumsi jus plum juga menjadi cara makan buah plum untuk diet bagi Kamu yang kini tengah menjalani program penurunan berat badan. Kandungan gizi dalam buah plum yang dikombinasikan dengan madu efektif melancarkan metabolisme tubuh.

3. Pasta Plum

Pasta plum? Mungkin salah satu olahan buah plum yang satu ini masih terdengar kurang familiar bagi Kamu. Mengolah plum menjadi pasta adalah cara makan buah plum yang memang cukup aneh dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun demikian, Kamu bisa mencoba cara yang satu ini guna menambah variasi dalam mengonsumsi plum.

Siapkan 2-4 buah plum segar, kemudian potong menjadi beberapa bagian dan cuci sampai bersih. Setelah itu, masukkan potongan plum tadi ke dalam wadah mangkuk dan tambahkan 2 ½ gelas air mendidih. Setelah beberapa saat, masukkan bahan-bahan lain ke dalam mangkuk seperti gandum, kefir, dan biji rami. Aduk buah plum dan semua bahan sampai menjadi pasta.

Terakhir, simpan pasta plum di dalam kulkas selama kurang lebih 60 menit. Kemudian, keluarkan dan sajikan selagi dingin.

4. Plum dan Saus Cokelat

Makan buah plum secara langsung juga bisa Kamu modifikasi agar lebih menggugah selera. Salah satu cara makan buah plum merah secara langsung agar lebih variatif tersebut adalah dengan menyiram potongan buah plum dengan saus cokelat.

Cokelat, selain lebih mengugah selera dan mengurangi rasa asam pada buah plum, juga bermanfaat untuk meningkatkan mood Kamu dengan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin pada tubuh.

5. Salad

Cara makan buah plum yang asyik lainnya adalah dengan mengolahnya menjadi salad buah, tentunya dikombinasikan dengan jenis buah-buahan lainnya seperti anggur, stroberi, jeruk, apel, dan melon.

Potong kecil-kecil buah plum dan buah lainnya, masukkan ke dalam wadah mangkuk, kemudian beri dressing berupa mustard dan madu. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 60 menit. Keluarkan salad plum dari kulkas dan makan selagi dingin.

6. Campur dengan Oatmeal

Oatmeal atau sereal gandum lainnya adalah makanan yang bisa dikombinasikan dengan buah apapun guna menambah cita rasa, tak terkecuali dengan buah plum.

Terlebih lagi, baik oatmeal maupun buah plum sama-sama mengandung serat, sehingga mengonsumsi keduanya adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegahnya dari mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti sembelit.

7. Dikeringkan

Terakhir, cara makan buah plum adalah dengan mengeringkannya hingga menjadi buah plum kering. Cara ini juga bertujuan untuk membuat plum dapat bertahan lebih lama.

Guna mengolah plum menjadi buah kering, yang perlu Kamu lakukan adalah menjemur atau memanggang buah plum yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih. Untuk metode menjemur, idealnya plum dijemur selama 3-4 hari agar benar-benar kering.

Setelah plum kering, jangan langsung dikonsumsi, melainkan rebus bersama air dengan suhu sekitar 250 derajat celcius sampai air mendidih.

2 Resep Olahan Enak Buah Plum

1. Plum and Grape Juice

Bahan:

  • 100 gram buah anggur
  • 100 gram buah plum
  • 1/2 sdt madu
  • Air mineral secukupnya


Cara:

  • Masukkan buah anggur
  • Potong 4 bagian buah plum, buang bijinya.
  • Masukkan potongan plum dan anggur ke blender.
  • Tuang air mineral sesuai selera, jika ingin agak encer maka perbanyak airnya.
  • Masukkan madu.
  • Blender hingga halus.
  • Tuang ke dalam gelas, berikan garnis potongan plum di tepi gelas.
  • Siap Dinikmati


2. Salad Plum

Bahan:

  • 2 sdm cuka
  • 1 sdm madu
  • ½ sdt black pepper
  • 6 buah plum matang, potong tipis dan potong tebal
  • ¼ cup keju Parmesan yang sudah dicincang (opsional, boleh pakai, boleh tidak)
  • 2 sdm minyak zaitun extra-virgin
  • 1/4 sdt Garam halus (atau sesuai selera)


Cara:

  • Masukkan cuka, madu, dan black pepper dalam mangkok.
  • Aduk dressing hingga tercampur rata.
  • Tambahkan potongan buah plum dan aduk hingga semua plum terlumuri dressing.
  • Tambahkan Parmesan dan aduk lagi (parmesan cincang bisa juga diparut)
  • Pindahkan salad buah plum ke mangkok ceper, ciprati dengan minyak zaitun, taburkan garam halus serta black pepper.
  • Siap dinikmati.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)