Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

7 Cara Mudah Mengusir Tikus Curut Dari Rumah


Tips Ampuh Mengusir Tikus Curut di Rumah

Tips Ampuh Mengusir Tikus Curut di Rumah

Selain menjijikkan, tikus curut yang masuk ke lingkungan rumah berpotensi membuat penghuni mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, diperlukan cara mengusir tikus curut yang tepat agar rumahmu terbebas dari penyebaran virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti leptospirosis, pes, atau penyakit HPS.

Akan tetapi, Kamu tidak perlu khawatir dan bingung karena akan memberikan tips dan cara mengusir tikus curut yang efektif agar rumah tetap bersih dan sehat. Yuk, langsung intip cara mengusir tikus curut di bawah ini!:

1. Menggunakan Minyak Esensial



Minyak Esensial

Cara mengusir tikus curut yang pertama adalah dengan memanfaatkan minyak esensial. Kamu bisa memilih minyak beraroma cengkeh atau peppermint yang tidak disukai oleh tikus. Sebarkan aroma tersebut menggunakan alat difuser atau dengan cara mencelupkan kapas pada minyak esensial untuk dioles pada beberapa area yang sering dilalui tikus. Tak hanya efektif mengusir tikus, penggunaan minyak esensial siap membuat ruangan menjadi segar dan wangi.

2. Menggunakan Perangkap Tikus


Perangkap Tikus

Menggunakan alat perangkap sebagai cara mengusir tikus curut adalah hal yang paling umum dan mudah dilakukan. Kamu hanya perlu meletakkan alat perangkap di sejumlah area rumah dengan menambahkan umpan berupa makanan lezat untuk menggoda tikus agar terperangkap. Jika tikus sudah berhasil terperangkap, pastikan Kamu mengenakan masker dan sarung tangan saat membuang tikus agar tidak terserang penyakit.

3. Menggunakan Racun Tikus


Racun Tikus

Cara mengusir tikus curut selanjutnya adalah dengan menggunakan racun tikus yang disebarkan pada beberapa titik di lingkungan rumah. Meskipun cara mengusir tikus curut ini sangat efektif, tapi sayangnya tikus curut tidak bisa mati secara langsung dan memerlukan waktu beberapa hari sehingga bisa saja tikus mati di tempat yang tidak terlihat dan sulit untuk dijangkau. Jika terdapat anak kecil dan hewan peliharaan di rumah, pertimbangkan kembali cara mengusir tikus curut dengan racun ini, ya!

4. Menggunakan Lem Tikus


Lem Tikus

Tips lainnya, Kamu bisa menggunakan lem tikus yang banyak tersedia di pasaran. Cara mengusir tikus curut ini bisa dilakukan dengan mengoleskan lem pada triplek atau karton bekas yang tebal, lalu letakkan makanan pada bagian tengahnya untuk menjebak tikus.

Cara mengusir tikus curut dengan menggunakan lem ini dinilai aman karena biasanya tidak mengandung racun atau zat berbahaya bagi manusia dan tidak menimbulkan bau sehingga aman diletakkan di area dapur. Supaya lebih efektif, pastikan Kamu memilih lem tikus dengan daya rekat paling kuat, ya!

5. Menggunakan Bahan Alami


Durian

Jika beberapa cara mengusir tikus curut di atas dirasa kurang aman, Kamu bisa memanfaaatkan bahan alami yang sangat mudah didapatkan. Sebarkan bumbu dapur yang tidak disukai tikus, seperti irisan bawang merah, sobekan daun mint, cengkeh, atau lada bubuk.

Selain itu, Kamu juga bisa mencampurkan baking soda dengan makanan yang disukai tikus, menempatkan kulit durian pada area yang sering dilalui tikus, menyemprotkan cairan dari buah mengkudu yang sudah ditumbuk dan dilarutkan, serta menyebarkan sobekan daun sirsak di area rumah yang sering dilalui tikus. Bahan-bahan alami tersebut tidak disukai oleh tikus, sehingga sangat ampuh dijadikan cara mengusir tikus curut.

6. Gunakan Jasa Pest Control


Jasa Pest Control

Jika populasi tikus di hunianmu sudah terlalu banyak dan sulit dibasmi, Kamu bisa menggunakan jasa pest control atau pengendali hama yang memang memiliki metode tersendiri dalam melakukan cara mengusir tikus curut. Pastikan Kamu menggunakan jasa pest control yang profesional, memiliki kredibilitas baik, dan didukung ahli bersertifikat, ya!

Keenam cara mengusir tikus curut di atas bisa Kamu lakukan agar hunianmu selalu bersih dan sehat. Namun, selalu pastikan bahwa penggunaan alat, lem, dan racun tikus tidak membahayakan kesehatan keluarga atau hewan peliharaan Kamu.

7. Pelihara Kucing Di Rumah


Kucing

What?. Pelihara kucing?. iyes, kucing adalah predator alami dari tikus curut. Keberadaan kucing senantiasa akan menjauhkan tikus curut dari rumah Kamu. Tak jarang kcing akan langsung memangsa tikus curut yang ia tangkap.

Perhatikan untuk konsep kucing piaraan dan pemburu tikus itu berbeda dengan kucing piaraan biasa. Usahakan kurangi pemberian makanan kucing yang dijual di toko-toko, cukup beri makanan apa yang kita makan sehari-hari saja. Hemat bukan?.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)