Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Kopi Bengkulu Jati Diri Kito


Kopi Bengkulu Jati Diri Kito

Bengkulu tanah kelahiran kami, tempat kami dibesarkan. Saya sendiri adalah putra kelahiran Kepahiang, salah satu kabupaten penghasil kopi terbesar di Bengkulu. Saya dibesarkan di keluarga petani kopi turun temurun, mayoritas profesi di desa kami adalah petani kopi. So, untuk urusan kopi Bengkulu, saya tau benar bagaimana kualitasnya.

Memang kualitas enggak mengkhianati rasa. Semakin tahun Kopi Bengkulu semakin populer, bahkan ada ujaran sekarang Kopi Bengkulu sedang naik daun lho bray. Ternyata memang Bengkulu terus mengembangkan dan menaikkan beberapa komoditas unggulan daerah agar semakin dikenal. Salah satunya adalah kopi Bengkulu. Seperti yang diketahui, Bengkulu merupakan provinsi ketiga penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Bengkulu masuk ke "Segitiga Emas Robusta" di pulau Sumatera, setidaknya beberapa tahun terakhir sudah mulai diperhitungkan keberadaannya. Maka, tidak lah salah bila disebut Kopi Bengkulu adalah jati diri kito atau kita. Bengkulu trade mark nya apa?. Kopi Bengkulu.

Kopi Bengkulu Jati Diri Kito

Pemerintah provinsi Bengkulu dalam hal ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pun terus lakukan upaya mulai dari branding, perluasan pemasaran hingga kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini semata untuk mengenalkan kepada dunia luar, bahwa Bengkulu memiliki kopi yang punya citarasa khas yang berbeda dengan daerah lain.

Pada tahun 2018, Bengkulu sudah memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia. IG ini diberikan sebagai langkah untuk melindungi potensi kopi Bengkulu yang cukup besar.

Kopi Bengkulu Jati Diri Kito

"Satu biji saja biji kopi Bengkulu keluar, maka harus disebutkan nama Bengkulu. Untuk itu, kita perlu melindungi hak para petani kopi Bengkulu agar tidak di klaim daerah lain," ujar Rohidin, 02/01.

Bahkan, mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini telah berhasil membranding Kopi Bengkulu dengan merek Bencoolen Coffee hingga Jakarta, dan klimaksnya berbuah MoU Kerjasama Pemasaran Kopi Bengkulu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kopi Bengkulu Jati Diri Kito

“Kita bangun kerjasama agar kopi rakyat bisa sampai ke Jakarta, karena kopi ini saya rasakan memiliki kualitas yang bisa dibanggakan di skala nasional dan internasional. Jadi sudah saatnya jadi tuan rumah di ibu kota,” ungkap Anies.

Menurut Anies, Jakarta sebagai salah satu kota yang memiliki pasar kopi yang sangat besar dengan permintaan yang tinggi, dapat menjadi wadah Kopi Bengkulu yang berkualitas baik, untuk dipasarkan.

“Harapannya nanti kopi dari Bengkulu bisa dirasakan oleh warga Jakarta, dengan harga terjangkau, serta kualitas kelas atas,” pungkasnya.

Kopi Bengkulu Jati Diri Kito

Sementara di akhir tahun 2019 lalu, kopi Bengkulu berhasil pemberoleh penghargaan di 3 kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis.

Bahkan presiden AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products), Philippe Juglar apresiasi langkah Gubernur Rohidin dalam mengembangkan komoditas kopi Bengkulu sehingga dapat bersaing dengan kualitas dan kuantitas yang tidak kalah dengan kopi negara produsen lain. 

"Kita ucapkan terimakasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah mendedikasikan kinerja, usaha, dan waktunya dalam mengembangkan kopi Bengkulu. Langkah yang dilakukan pak gubernur sampai saat ini sudah sangat tepat,” ungkap Phillipe.

Kopi Bengkulu Jati Diri Kito

Upaya dan kerja keras Gubernur Rohidin branding kopi Bengkulu makin terasa, setelah Bengkulu secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah International Coffee Day pada tanggal 01 Oktober 2020.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih pada Gubernur Rohidin di penguhujung tahun 2019 lalu.

"Masyarakat Bengkulu mestinya bersyukur punya gubernur seperti Gubernur Rohidin ini, karena sangat visioner, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan komoditas lokal hingga ke kancah internasional. Apalagi event besar ini diadakan di benteng terbesar yang memiliki nilai historis," jelas Dirjen IKMA.

Kopi Bengkulu Jati Diri Kito

International Coffee Day 2020 pada bulan Oktober yang akan datang harus disambut sebagai momentum besar bagi petani dan pelaku kopi Bengkulu.

Pasalnya, terang Gati, Bengkulu menjadi tuan rumah persis ketika permintaan pasar terhadap kopi meningkat drastis. Baik di pasar domistik maupun internasional.

#InternationalCoffeeDay2020
#HariKopiInternasional2020
#KopiBengkulu #KopiLokal #KopiGadingCempaka
QuickEdit

You Might Also Like

30 comments:

  1. Kopi Bengkulu emang camkoha. Sedap nian! Kalo pergi ke luar kota buat pelatihan dari kantor, suka bawa kopi Bengkulu merk 100* buat oleh-oleh. Pada suka & ketagihan. 😆

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran pengen nyoba gimana rasa khasnya kopi bengkulu, industri perkopian akhir akhir ini memang berkembang sangat pesat ya.

    ReplyDelete
  3. kopi Bengkulu juara
    bagi yang belum pernah coba wajib coba nih
    apalagi yg disangrai pake kayu bakar
    behh..seda...pppppppppppp

    ReplyDelete
  4. Sebagai pecinta kopi aku jadi ngiler ngelihat kopi2 yang begitu segar itu. Pengen bisa dibuat minum sebagai teman begadang nggarap tulisan. Next time mgkn nyari di supermarket hehe

    ReplyDelete
  5. Aduh, silakan jewer telingaku ini, Kakak. Malah baru tahu kalau Bengkulu merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia. Sumatera Selatan dan Lampung pun kukira masih di urutan bawah. Selama ini aku lebih mengenal kopi Aceh, Sumatera Utara, dan Papua. Selain karena pernah mencicipi, di kafe-kafe pun mereka bertiga itu yang seringkali biji kopinya dipamerkan di atas meja barista.

    Ah, ini artinya pengetahuanku tentang kopi Indonesia masih minim banget ya, dudududu ...

    Memang ya, peran seorang pemimpin dalam memajukan daerahnya itu sangat besar. Selamat untuk Bengkulu untuk kesempatannya menjadi tuan rumah di Internationl Coffee Day 2020!

    ReplyDelete
  6. Ngga sabar banget ya pasti Kak Peri untuk international coffee day nanti, aku jadi penasaran gimana rasa khasnya Bengkulu. Ini bisa buat salah satu ikon Bengkulu nih, semoga kerja sama terkait bisa menaikan kopi bengkulu ya :D

    ReplyDelete
  7. Aku bukan pecinta kopi, tapi selalu suka kopi-kopi dari berbagai daerah Indonesia. Banyak banget jenisnya

    ReplyDelete
  8. Semoga acaranya bukan tahun ini aja, tapi dijadiin acara tahunan Bengkulu. Supaya turis banyak yang datang juga

    ReplyDelete
  9. Kerennya kopi Bengkulu yang sudah mendunia.
    Dengan kualitas kopi terbaik.

    Semoga ke depannya, para petani kopi ini makin sejahtera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sekali campur tangan Pemerintah untuk melindungi dan menjamin harga kopi Bengkulu ini agar stabil di pasaran.

      Delete
  10. aku jadi pengen tahu senikmat apa kopi bengkulu. Karena jujur aja bukan pecinta kopi dan biasanya minum kopi sachet :D

    ReplyDelete
  11. Wuah, masuk Segitiga Emas Robusta toh, keren kali Bengkulu!!!! Dan aku paling suka kopi Robusta, selain rasa pahitnya kental, dia juga enggak asam jadi aman lah buat lambungku hehehe.

    ReplyDelete
  12. suka sekali melihat beragam jenis kopi Indonesia jadi Primadona negeri sendiri dan juga negara lain. HArapannya tak perlu diolah diluar lagi, cukup diolah dinegeri sendiri dan hasilnya juga bisa bikin banyak hati kepincut dan susah kelian hati

    ReplyDelete
  13. Waahh baru tahu kalau Bengkulu juga penghasil kopi terbaik dari negara ini. Salut dan bangga pemdanya menyadari ttg kunggulan kopi daerahnya sehingga bisa membantu petani dan bahkan memasarkannya yaaa

    ReplyDelete
  14. Aku pengen coba beneran. Karena memang seumur2 belum oernah coba kopi bengkulu. Paling juga kopi aceh pernah

    ReplyDelete
  15. Bangganya jadi orang Indonesia. Banyak tempat di Indonesia ternyata menghasilkan kopi. Selama ini saya tahunya yang berada di Pulau Jawa saja, ternyata di Bengkulu juga penghasil kopi

    ReplyDelete
  16. Kopi Bengkulu? Hmm.. Menarik juga untuk dicoba bagaimana ini cita rasanya. Terus terang, aku pribadi bukanlah pecinta kopi, ya banteran sih minum kopi sachet doang. Sepertinya, aku mesti berkelana belajar beberapa macam kopi, nih. Semoga sempat aja.

    ReplyDelete
  17. Kopi Bengkulu?. Saya baru tahu lho, Kak. Jadi penasaran kepengen incip rasa kopinya. Meskipun saya bukan pecinta kopi tapi selalu tertantanguntuk mencicipi panganan daerah apalagi yang terkenal.

    ReplyDelete
  18. Wah, international coffee say akan diadakan di Bengkulu tahun ini! Asyik banget. Sebagai penyuka kopi, acara ini termasuk saya tunggu kisahnya

    ReplyDelete
  19. Wah, saya baru tau kalau Bengkulu termasuk segitiga emas kopi robusta. Jenis kopi ini sempat jadi favorit saya beberapa tahun belakangan. Setahhn terakhir ini,lidah saya lebih banyak menyesap arabika. Anyway, maju terus kopi bengkulu. Sukses dan survive!

    ReplyDelete
  20. Kebiasaan aku dulu saat ke rumah nenek buat metikon kopi di kebun.
    Ternyata penghasil kopi terbanyak dan terbaik di Indonesia ada di Bengkulu
    Tapi sayangnya akuu kurang responsiive saat konsumsi kopi. Huuu.

    ReplyDelete
  21. Baru baca judulnya sudah tercium aroma kopi yang menyeruak dan membuat mata melek :)
    Jujur saya bukan pecinta kopi hitam karena rasanya yang pahit, tapi untuk aroma kopi memang kopi hitam yang paling juara. Jadi penasaran dengan aroma kopi Bengkulu deh.

    ReplyDelete
  22. Dengan munculnya trend makanan dan minuman berbahan dasar kopi, Kopi Bengkulu tepat sekali menyasar ke banyak masyarakat mulai dari remaja, dewasa, maupun orang tua. Sukses Bengkulu!

    ReplyDelete
  23. Masyaa Allah, kopi Bengkulu sudah makin dikenal. Smg next bukan hasil kopinya saja yg dikenal, bahkan semua sumber daya alam dan prestasi pemuda pemudi Bengkulu juga makin mengharumkan nama Bengkulu. Aamiin. Saya jg Bengkulu, tapi kelahiran bengkulu selatan

    ReplyDelete
  24. Kopi Bengkulu memiliki kualitas internasional.. Semoga suksea untuk kopi Bengkulu

    ReplyDelete
  25. bengkulu gak cuma terkenal dengan bunga raflesia tetapi juga kopi yang sudah mendunia, semoga bisa menjadikan indonesia lebih kedepan, dari bengkulu untuk indonesia

    ReplyDelete
  26. Saluuut dengan pemprov Bengkulu, gercep dan langsung bisa jadi tuan rumah International Coffee Day, tentunya kopi Bengkulu makin tambah mendunia

    ReplyDelete
  27. Gokillll, semoga ada kesempatan ke Bengkulu untuk ikutan international coffee day ini. Penasaran 👌👌

    ReplyDelete
  28. Bangga banget kopi Bengkulu bisa menjadi hits hingga mendunia.. Para pecinta kopi wajib banget nih nyobain rasanya..

    ReplyDelete

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)