BLANTERVIO103

16 Jenis-Jenis Genre Musik di Dunia Beserta Pengertian dan Sejarahnya

16 Jenis-Jenis Genre Musik di Dunia Beserta Pengertian dan Sejarahnya
Thursday, February 13, 2020

Jenis Genre Musik di Dunia – Menurut Wikipedia, Jenis atau Genre musik merupakan pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu dengan yang lain. Selain itu, musik juga bisa dikelompokkan berdasarkan darimana ia berasal.

Sebuah genre dapat didefinisikan oleh sebab teknik musik yang dipakai, gaya, konteks dan tema musik. Namun, secara umum musik dikategorikan berdasarkan fungsinya, yang secara garis besar terbagi menjadi tiga kelompok, yakni Musik Seni, Musik Populer dan Musik Tradisional. Ayo kita langsung bahas satu persatu.

Jenis Musik Seni (Art Music)

1. Genre Musik Klasik

Musik Klasik

Ketika membahas genre musik klasik pasti yang pertama tertanam di benak kita adalah komponis yang melegenda, seperti Mozart atau Beethoven. Namun, sebenarnya musik klasik sendiri sudah ada jauh sebelum itu.

Musik klasik biasanya merujuk pada musik klasik Eropa, tapi kadang juga pada musik klasik Persia, India, dan lain-lain. Musik klasik Eropa sendiri terdiri dari beberapa periode, misalnya barok, klasik, dan romantik. Dalam perkembangan musik klasik terdapat beberapa periode yang bisa juga dibilang sebagai pengaruh atau kualifikasi, diantaranya adalah :
  • Zaman Pertengahan (476-1450)
  • Zaman Renaisans (1450-1600)
  • Zaman Barok (1600-1750)
  • Zaman Klasik (1740-1830)
  • Zaman Romantik (1815-1910)
Dari periode diatas, yang memberikan perkembangan atau pengaruh yang paling besar dalam sejarah musik klasik adalah Zaman Klasik.

Dari zaman ini lahir beberapa musisi yang ternama seperti, Josep Haydn, Johann Ladislaus Dussek, Muzio Clementi, Andre Luchesi, Antonio Salieri, Phillip Emanuel Bach, Ludwig van Bethoven dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Ada sesuatu yang menarik dari jenis musik ini, selain memiliki melodi yang indah dan menangkan, para peneliti mengungkapkan bahwa Musik Klasik mempunyai banyak manfaat bagi pendengarnya, seperti meningkatkan kualitas tidur, mampu menaikkan mood, bagus untuk perkembangan janin pada ibu hamil, bahkan sampai ada yang merekomendasikan musik klasik untuk belajar.

Dahulu musik klasik di Eropa terutama digunakan untuk keperluan lagu di Gereja ataupun lagu untuk pengiringan Raja. Sejalan dengan perkembangan, mulai juga bermunculan musik klasik yang digunakan untuk keperluan lain, seperti misalnya musik klasik yang menggambarkan visual secara audio, contohnya lagu Cat and Mouse yang menggambarkan kucing mengejar tikus.


Jenis jenis Musik Populer

2.  Genre Musik Blues

Blues

Blues adalah sebuah aliran instrumental dan musik vokal yang berasal dari penduduk Afro-Amerika yang berada di sekitar Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19. Nama Blues sendiri tercipta dari konotasi perasaan frustasi dan melankolis. Selain itu, musik ini juga terlahir dari musik-musik pujian dan spiritual yang muncul dari kalangan bekas budak-budak Afrika yang tinggal di Amerika. Secara sederhana musik blues terlahir dari luapan spirituil , lagu kerja , hollers lapangan , teriakan, dan narasi sederhana berirama balada . 

Musik Blues kemudian berkembang dengan suatu bentuk pola “Call dan Response”. Dimana call adalah instrument gitar dan response adalah penyanyi. Jenis seni musik ini terbagi menjadi empat bagian utama, yakni :
  • Delta Blues. Merupakan gaya asli Blues yang berasal dari daerah Delta Mississippi.
  • Chicago Blues. Sebuah gaya yang memperkenalkan mikrofon untuk vokal dan amplifier dan instrument listrik pada suara Blues.
  • Texas Blues. Hampir mirip dengan Chicago Blues dalam hal instrument, namun ditambah sentuhan Texas yang tidak ada dalam Chicago.
  • Blues Rock. Gaya yang paling muda dari jenis seni musik Blues. Blues Rock terinspirasi dari Chicago dan Delta Blues yang dimulai tahun 1960an. Musisi yang terkenal dengan gaya ini adalah Rolling Stones, Creedence Clearwater dan The Doors.
Musik blues mempunyai pengaruh yang besar terhadap musik populer Amerika dan Barat yang baru, seperti dapat terlihat dalam aliran ragtime, jazz, blues rock, electric blues, bluegrass, rhythm and blues, rock and roll, hip-hop, dan country, pop, jazz, big band, reggae, serta musik rock konvensional. 
  

3. Genre Musik Funk

Funk

Funk merupakan jenis musik yang berasal dari kolaborasi genre rhythm & blues, jazz dan soul music yang dijadikan sebuah ritmik. Jenis seni musik ini terlahir pada tahun 1960an sekitar daerah Louisiana ketika para musisi Afro-Amerika mencoba berimprovisasi, yang pada step elanjutnya musik ini mengandung unsur musik tarian  Afrika-Amerika.

Umumnya musik funk dapat dikenali lewat ritme yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang dominan, pengaruh jazz yang kuat, irama-irama yang dipengaruhi musik Afrika, serta kesan gembira yang didapati saat mendengarnya. Aliran musik ini juga terkait dekat dengan musik soul serta jenis musik turunan lainnya seperti P-Funk dan Funk Rock.

4. Genre Musik Gospel

Gospel

Gospel merupakan salah satu jenis musik religius yang pertama kali dikenalkan gereja-gereja Afro-Amerika pada tahun 1930 an dan dibawakan oleh kalangan kulit hitam.

Dalam perkembangannya jenis musik ini terpecah menjadi dua aliran, Gospel kulit hitam dan Gospel kulit putih. Hal ini terjadi karena adanya diskriminasi ras pada saat itu di Amerika. Ciri khas dari genre Gospel adalah vokal yang dominan dengan harmoni yang kuat dan liriknya yang religius, khususnya Kristen. Gospel juga identik dengan paduan suara, koor dan choir.

Lambat laun musisi gospel mencoba untuk memperkenalkan jenis musik ini ke kancah yang lebih luas. Salah satunya Mahalia Jackson, membawakan Gospel yang sudah dikombinasikan dengan genre musik lain.

Kemudian diikuti oleh Golden Gate Quartet dan Clara War yang lebih berani membawakan tembang-tembang gereja ini di club malam dalam perfomnya. Hingga kini musik Gospel sudah lagi tidak ada perbedaan yang kentara dengan musik kontemporer.

5. Genre Musik Hiphop

HipHop

Hiphop merupakan salah satu genre musik yang terdiri dari perpaduan rapping, DJing, Breakdance dan Graffiti. Hiphop mulai ada sekitar tahun 1970an yang dipelopori oleh kalangan Afro-Amerika dan Amerika Latin.

Awalnya Hiphop hanyalah musik dari Disk Jockey yang membuat variasi dengan memutar disk sehingga menciptakan bunyi yang unik. Kemudian Rapping masuk untuk menghiasi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya diisi dengan tarian patah-patah yang biasa disebut breakdance.

Seperti genre musik yang lain, Hiphop juga memiliki era dan melahirkan musisi dalam perkembangannya. Diantara musisi Hiphop yang terkenal ialah Nate Dogg, Snoop Dogg dan Ludacris.

6. Genre Musik Jazz

Jazz

Jazz merupakan salah satu jenis musik yang lahir di Amerika sekitar awal abad ke 20. Genre musik ini adalah improvisasi dari berbagai jenis musik, seperti ragtime, blues, brass band, musik tradisional Eropa dan musik tradisional Afrika.

Instrument yang biasa dipakai dalam musik Jazz adalah biola, piano, saksofon, bass, drum, gitar, trombone dan terompet. Perkembangan musik Jazz bisa dibilang menakjubkan, dari yang awalnya dihina bertransformasi ke dalam musik kelas atas.

Jazz bisa sangat sulit untuk menentukan karena membentang dari waltz Ragtime untuk fusi era tahun 2000-an. Berendt mendefinisikan jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa", ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan "khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai 'ayunan' sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi memainkan peran dan kemerduan dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz melakukan .

7. Genre Musik Metal

Metal

Musik Metal berawal dari kata Heavy Metal yang terdapat dari lagu band Hard Rock tahun 1960an, Steppenwolf.

Seiring berkembangnya musik rock pada tahun 1970an, nama Heavy Metal kemudian dijadikan aliran tersendiri, dengan merujuk pada blues rock dan psychedelic rock. Genre baru ini bercirikan solo gitar yang panjang, distorsi gitar yang kuat dan ketukan yang cepat disemua instrument alat musiknya.

Heavy metal pada era ini melahirkan band-band besar seperti Led Zeppelin, Black Sabbath dan Deep Purple. Namun, elemen blues masih terlihat kental mempengaruhi di era ini. Selanjutnya Judas Priest mengimprovisasi genre ini dengan meniadakan unsur blues nya, sehingga hanya mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat dan harmoni.

Perkembangan demi perkembangan terus terjadi dalam sejarah salah satu jenis musik ini sampai akhirnya menjadikannya terbagi menjadi beberapa sub-genre, diantaranya Nu Metal, Glam Metal, Death Metal, Doom Metal, Black Metal, Trash Metal, Folk Metal, Progressive Metal, Neo Classical Metal  dan Power Metal.

8. Genre Musik Pop

Pop

Nama musik Pop diambil dari kata “Populer” dan merupakan genre musik yang paling easy listening. Jenis musik ini bermula pada tahun 1918 dan mulai diterima di Amerika Serikat pada tahun 1920. Salah satu pesohor yang iconic dalam musik pop adalah Michael Jackson alias King of Pop.

Seniman yang memperkenalkan istilah Pop adalah Lawrence Alloway, seorang pengamat seni rupa yang terinspirasi dari gerakan seni rupa di Amerika dan Inggris.

Di masa awalnya musik pop hanyalah pengiring tarian tango yang bernada minor dan melankolis. Hingga sampai tahun 1940 musik Pop menjadi salah satu jenis seni musik yang digemari di seluruh dunia dengan irama seperti Rhumba, Samba, Salsa, Conga, Mambo dan yang lainnya.

Namun dalam perkembangannya Musik Pop sering tumpang tindih dengan genre lain, karena banyak musisi Pop dimasukkan ke kategori rock, hiphop, country dan lain sebagainya.

9. Genre Musik Rhythm and Blues (R&B)

R&B

Musik R&B atau Rhythm dan Blues merupakan gabungan dari genre jazz, blues dan gospel. Pada awalnya musik ini hanya ditujukan bagi pendengar kulit hitam. Nama Rhythm dan Blues sendiri dibuat pada akhir tahun 1940an di Amerika Serikat sebagai istilah pemasaran agar tidak dianggap rasis.

Periode awal musik R&B berfokus pada ritme boogie dengan musisi ternama seperti Bo Diddley dan Chuck Berry. Sementara jenis musik ini berkembang selama bertahun-tahun sampai akhirnya menumbuhkan beberapa genre baru.

Musik R&B kontemporer mempunyai susunan tersendiri yang berbeda dengan pendahulunya, dengan beralih fokus pada unsur pop (walaupun elemen jazz, gospel dan blues terkadang masih tetap muncul).

Dari waktu ke waktu, kesan genre R&B sebagai musik kalangan kulit hitam semakin memudar dengan menyebarnya musik ini ke seluruh dunia.

R&B (ditulis juga RnB, singkatan dari rhythm and blues) adalah genre  musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, yang pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler  yang bekerja pada majalah Billboard.Istilah ini menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949.

10. Genre Musik Reggae

Reggae

Musik Reggae mempunyai ciri khas dengan ritme backbeat dan progresif kord sederhana. Genre musik ini berasal dari Jamaika dan mirip dengan gaya musik ska dan rocksteady. Walaupun unsur utama Reggae dari ska dan rocksteady, salah satu jenis musik ini juga mengadopsi jazz, R&B dan Jamaican mento.

Amerika Serikat dan Jamaika mengakui Reggae sebagai aliran musik tersendiri pada tahun 1960an. Dahulu musik reggae sering dianggap dengan jiwa muda, rude boys atau anak laki-laki kasar dan pemberontakan.

Dan kita semua tahu, genre musik ini melahirkan beberapa musisi hebat seperti Bob Marley, Prince Buster, Desmond Dekker dan Jackie Mittoo sebagai legendanya meskipun sebetulnya masih banyak lagi yang lain.

Menurut sejarah Jamaica, budak yang membawa drum dari Africa disebut "Burru" yang jadi bagian aransemen lagu yang disebut "talking drums" (drum yang bicara) yang asli dari Africa Barat. "Jonkanoo" adalah musik budaya campuran Afrika, Eropa dan Jamaika yang terdiri dari permainan drum, rattle (alat musik berderik) dan conch tiup.

11. Genre Musik Rock

Rock

Lahirnya musik Rock berawal dari kombinasi dari genre musik rhythm dan blues, country, jazz, musik klasik termasuk musik rakyat (folk music). Jenis musik ini mulai dikenal secara umum pada pertengahan tahun 1950an.

Rock mempunyai ciri khas yang didominasi oleh vokal, gitar, drum, keyboard maupun synthesizer. Dalam beberapa dekade saja genre musik ini sudah menelurkan sub-genre baru seperti soft rock, glam rock, hard rock, progressive rock, punk rock dan alternative rock.

Dalam perkembangannya hingga tersebar ke seluruh dunia musik Rock juga melahirkan beberapa band yang bisa dibilang legendaris seperti The Beatles, Dream Theater dan lainnya.

Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

12. Genre Musik Ska

Ska

Ska merupakan genre musik yang berasal dari jamaika dan lahir pada tahun 1950an. Jenis musik ini menggabungkan unsur kalipso dari Karibia dan musik mento dengan rhythm & blues dan jazz dari Amerika.

Ska mempunyai ciri khas bass yang berjalan dengan penekanan pada upbeat. Contoh band besar yang berkonsentrasi pada genre musik ini seperti Sublime, the Spesials, Streetligt Manifesto dan Madness.

Ska adalah genre musik yang berasal di Jamaika pada akhir 1950-an, dan merupakan pendahulu rocksteady  dan reggae.Ska menggabungkan unsur-unsur musik mento dan musik kalipso dari Karibia dengan jazz dan rhythm and blues dari Amerika Serikat. Ciri khas musik ini adalah jalur bass berjalan dengan aksentuasi pada ritme upbeat. Pada awal 1960-an, ska adalah genre musik yang dominan di Jamaika dan popular di kalangan para mod di Britania Raya.

13. Genre Musik Techno

Techno

Musik techno atau dikenal dengan Electronic Dance Music (EDM) mulai ada sekitar tahun 1980 di Detroit, awal mula musik ini dibentuk sebagai bentuk tari dan musik pesta.

Seperti namanya, genre musik ini mengedepankan ragam suara dari teknologi dalam musiknya. Sebagian besar musik Techno merupakan kombinasi synthesizer, hentakan drum dan sequencer.

Biasanya musik techno menghiasi di setiap club malam dunia. Dan beberapa musisi yang terkenal dalam genre musik ini adalah Carl Cox dan Richie Hawtin.

Jenis Seni Musik Tradisional

14. Genre Musik Country

Country

Musik Country merupakan kombinasi dari unsur-unsur musik Amerika Serikat bagian selatan, lebih tepatnya di daerah pegunungan Appalachia. Musik ini lahir dari lagu penduduk Amerika Utara dengan aransemen musik Kelt dan genre Gospel.

Genre musik ini mulai menyebar luas ketika pada abad 19 banyak orang yang berimigrasi dari Irlandia, Inggris, Jerman, Spanyol dan Italia menuju Texas. Disana mereka bertemu dengan orang Meksiko-Amerika. Karena Texas mempunyai padang rumput yang subur sehingga para imigran tersebut banyak yang menjadi penggembala sapi, sampai akhirnya membuat Texas dijuluki kota Cowboy. Waktu demi waktu musik Country mulai diterima di Amerika Serikat hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Musik country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan

15. Genre Musik Dangdut

Dangdut

Dangdut adalah musik yang berasal dari Indonesia. Dangdut memiliki nuansa India dan Melayu. Biasanya genre musik dangdut menggunakan alat musik tradisional dalam setiap pentasnya, seperti seruling dan gendang.

Pada awalnya Dangdut hanya dinikmati oleh masyarakat menengah ke bawah. Namun, seiring waktu genre musik ini sudah mulai dinikmati oleh semua kalangan dan mulai menyebar ke seluruh dunia. Contoh musisi yang tenar adalah Rhoma Irama yan bergelar Raja Dangdut.

16. Genre Musik Keroncong

Keroncong

Keroncong merupakan nama dari instrumen musik sejenis ukulele dan juga sebagai nama dari jenis musik khas Indonesia yang menggunakan instrumen musik keroncong, flute, dan seorang penyanyi wanita.

Asal-usul Akar keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke Nusantara.
Share This Article :
Peri Hardiansyah

Seorang blogger dan urban farmer, juga sebagai buzzer dan influencer.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7472166934831473300