Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Rebung, Sumber Gizi Yang Berasal Dari Hutan


Hutan Bambu

Tahu enggak sih dengan "Rebung"?. Tentunya kita sebagai orang Indonesia dan Asia, pasti sudah enggak asing lagi dengan sayuran satu ini. Sayuran rabung ini kebanyakan memang sering dikonsumsi oleh orang Asia Timur seperti China, Jepang, Taiwan dan Asia Tenggara. Sayuran ini dalam bahasa inggris disebut dengan "Bamboo Shoot", seperti pada namanya, Rebung adalah tunas muda yang tumbuh dari tumbuhan bambu. Bisa dibilang anaknya bambu lah.

Sewaktu kecil, saya sering menjelajah hutan untuk mencari bahan makanan favorit yang satu ini.  Memang betul kata orang tua, hutan sumber pangan. Berpetualang sembari mengemban misi untuk mencari bahan makanan adalah salah satu aktivitas masa kecil yang sangat menyenangkan, biasanya kami bisa membawa pulang beberapa buah rebung, kalau lagi beruntung bisa lebih banyak dari itu, dan hati ini sudah senang bukan main, hahaha. Nih penampakan rebung gaes.

Rebung

Kebanyakan jenis rebung bagian luar kulitnya sedikit berbulu, dan agak gatal bisa terkena kulit, jadi agak hati-hati yakk. Untuk ukuran, itu tergantung lagi dengan jenis bambunya, jika jenis bambunya yang jumbo, pastinya rebungnya juga jumbo, sebaliknya jika ukuran bambunya kecil, maka otomatis ukuran rebungnya juga kecil. Biasanya bagian kulit rebung yang berbulu ini dikupas hingga ketemu bagian isinya lembut yang berwarna putih kekuningan. Karena prinsipnya kita mengkonsumsi "Bambu Muda", pastikan untuk hanya mengambil bagian lembut atau renyahnya saja.

Kalo di kampung saya, biasanya rebung yang sudah dikupas, dibersihkan dan direbus terlebih dahulu sebelum diolah menjadi gulai. Seperti gulai rebung santan manis, gulang rebung asam yang bercampur dengan ikan, gulai rebung santan pedas yang bercampur udang, ayam atau campuran lainnya, serta sambal lema, sambal fermentasi rebung khas etnik Rejang kami. Dibawah ini contoh gulai rebung santan pedas bercampur udang. Wohooo.

Gulai Rebung

Kalau di bagian Asia Timur dan Asia Tenggara lainnya, biasanya rebung ini dijadikan isian untuk lumpia, ditumis, dijadikan campuran untuk Rice Mix, dijadikan asinan, salad hingga nasi goreng. Bahkan di beberapa daerah rebung ini setelah direbus dijadikan cemilan.

So, Kamu harus tahu banget dengan sayuran ini gaes, dan dicobain, karena rebung enggak hanya memiliki rasa yang gurih dan khas serta bertekstur renyah sehingga bisa diolah ke berbagai macam hidangan, sayuran ini juga kaya dengan manfaat lho gaes. Beberapa diantaranya adalah:

Manfaat Rebung Untuk Kesehatan


1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam sayur rebung membuat Kamu bisa memperkuat daya tahan tubuh. Rebung bambu juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih yang meraja lela.

3. Melindungi Jantung

Beberapa kandungan yang ada di dalam rebung, seperti fitosterol dan fitonutrien juga dinilai ideal untuk melarutkan kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Tumpukan kolesterol di pembuluh darah dan risiko terjadinya serangan jantung pun akan berkurang.

4. Mencegah Berbagai Penyakit

Rebung mengandung berbagai fitokimia (senyawa kimia alami dalam tanaman) yang bersifat antibakteri dan antivirus. Membuat rebung sangat bermanfaat untuk membantu mencegah masuknya penyakit ke tubuh.

6. Mencegah Kanker

Kandungan fitosterol di dalam rebung dinilai memiliki sifat antikanker, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker paru, kanker lambung, kanker payudara, dan kanker ovarium.

Selain itu, rebung kaya akan vitamin-vitamin B kompleks, seperti thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, dan pantothenic acid. Rebung jga memiliki kandungan potasium yang sangat baik untuk kesehatan.

Tuh, banyak kan manfaatnya. Makanyajangan malas untuk mulai konsumsi sayuran sehat ini gaes. Yang enggak kalah penting lagi, jagain habitatnya tumbuh juga, yaitu hutan.

Hutan menyimpan berjuta bahan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Mulai dari hewan hingga tumbuhan yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, sebagai manusia yang taat pada peraturan kita tidak boleh semena-mena memangkas habis semua sumber tersebut, terutama yang langka-langka atau yang dilindungi, kelestarian ekosistem perlu kita jagain bareng-bareng gaes. 

Nah, begitu juga dengan sikap saat mengambil sumber makan dari hutan, jika ada 5, ambil lah 2, tinggalkan 3. Jika ada 3, ambil lah 1, tinggalkan 2. Demi terjaganya keberlangsungan generasi selanjutnya.

Pasti mau dong anak cucunya nanti tetap bisa berpetualang di hutan serta menikmati udara yang segar dan bersih sembari cari makanan di hutan. Kuy jaga kelestarian hutan bareng WALHI
QuickEdit

You Might Also Like

2 comments:

  1. Mantap ya. Saya maalh belumbpernah masak rebung. Kurang bisa soalnya.

    ReplyDelete
  2. Biasanya makan rebung kalau pas menikkmati lumpia..ternyata banyak ya menu olahan rebung

    ReplyDelete

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)