Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

12 Faktor Penyebab Kulit Wajah Kering


12 Faktor Penyebab Kulit Wajah Kering

Kulit wajah kering merupakan salah satu masalah kecantikan yang sering terjadi. Masalah ini biasanya ditandai dengan kondisi kulit yang terasa kasar saat dipegang, muncul garis-garis putih saat digaruk, hingga saat titik kondisi kekeringan yang sangat parah, biasanya kulit akan bersisik.

Kulit kering dapat dialami oleh siapa saja tanpa melihat faktor jenis kelamin. Kulit kering bisa terjadi dengan tingkatan yang berbeda pada tiap orang, tergantung pada kondisi kesehatan, tempat tinggal, lama waktu di ruangan terbuka, serta faktor usia.

Faktor-Faktor Penyebab Kulit Kering

1. Penggunaan Sabun Yang Salah

Memakai sabun yang tidak dikhususkan untuk kulit saat mandi akan membuat pelembap alami pada kulit terkikis, sehingga membuat kulit kering. Sabun dengan formulasi kuat seperti antiseptik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kulit kering, apalagi jika digunakan terlalu banyak. Hindari juga penggunaan sabun yang mengandung pewangi tambahan.

2. Usia Bertambah

Makin bertambah usia, makin tipis dan makin kering kondisi kulit seseorang. Perubahan ini wajar terjadi, mengingat makin tua usia seseorang, maka makin berkurang hormon yang diproduksi tubuh. Penurunan hormon itu meliputi hormon-hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

3. Iritasi

Penyebab iritasi cukup beragam, mulai dari sabun hingga parfum. Iritasi yang terjadi di kulit bisa juga disebabkan kain atau bahan pakaian, serta bahan yang digunakan untuk mencuci baju, seperti deterjen atau pelembut kain.

4. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca juga dapat mempengaruhi tingkat kelembaban udara. Kelembaban udara yang terlalu rendah akan menyebabkan kekeringan kulit. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, maka kulit makin terasa kering. Pendingin udara juga dapat memiliki pengaruh yang sama terhadap kulit. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit.

5. Mandi Air Panas Terlalu Lama

Memang mandi air panas itu membuat badan teranya nyaman banget, terutama sehabis bekerja, namun perlu disadari bahwa mandi air panas terlalu lama dapat mengurangi kadar air dan minyak di wajah yang melindungi kulit, sehingga menjadi penyebab kulit wajah kering lho.

6. Menggosok Kulit

Salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan kulit, namun bisa menyebabkan kulit kering adalah menggosok kulit. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan dengan alat gosok seperti spons. Gesekan yang terjadi antara alat gosok dan kulit inilah yang berpotensi merusak lapisan kelembapan di permukaan kulit, sehingga menyebabkan kekeringan pada kulit.

7. Salah Menggunakan Pelembap Wajah

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menggunakan pelembap saat kulit kering. Padahal produk itu bermanfaat maksimal, yaitu ketika digunakan saat kulit dalam keadaan lembap atau sesaat setelah mandi.

8. Paparan Sinar Matahari

Manfaat sinar matahari memang sangat baik bagi tubuh, terutama sinar matahari pagi. Namun, sinar matahari juga merupakan salah satu penyebab kulit kering. Minimalkan efeknya dengan menggunakan tabir surya ataupun topi lebar yang melindungi wajah.

9. Penggunaan Obat-Obatan

Beberapa jenis obat-obatan memiliki efek yang dapat memicu kekeringan pada kulit, seperti obat untuk tekanan darah tinggi, obat penurun kolesterol, antialergi serta obat jerawat.

10. Kondisi Kesehatan Tertentu

Kulit kering bisa menjadi tanda tubuh tengah mengalami perubahan atau mengalami penyakit tertentu. Misalkan dalam beberapa kasus, beberapa kulit bersisik dan kemerahan mungkin juga terkait kondisi medis berupa diabetes atau kurang aktifnya kelenjar tiroid dan kurang gizi juga dapat menyebabkan kulit kering.

11. Terpapar Senyawa Kimia

Mungkin Kamu sering banget tidak menyadari sudah terpapar berbagai bahan kimia yang ada di lingkungan sekitar. Misalnya, saat berenang, senyawa klorin yang menjadi pembersih kolam dapat menjadi faktor penyebab kulit wajah kering yang dialami.

12. Merokok

Yap, gangguan paru-paru dan jantung hanyalah beberapa dari banyaknya efek buruk dari merokok. Tidak hanya berdampak pada organ dalam, merokok juga mempengaruhi kesehatan kulit Kamu dengan membuat wajah menjadi kering dan kasar.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Rutin Gunakan Serum Mask

Kenapa Serum Mask?. Yoi, karena metode ini cocok banget bagi kita yang serba sibuk setiap harinya, entah itu karena pekerjaan, urusan rumah tangga atau keluarga. Well, memang menghemat waktu ya, cukup beberapa menit sudah beres. Garnier Serum Mask adalah pilihan produk yang paling sering saya gunakan sendiri lho, Variannya juga banyak, salah satu yang terbaik adalah masker untuk kulit kering. Soal kualitas?, jangan ditanya, Garnier punya euy.

Cara Penggunaannya Gimana?

Cukup gunakan sekitar 2-3 kali seminggu sudah pas banget untuk membantu kulit Kamu terjaga kelembabannya. Cara pakenya gampang banget gaes, cukup bersihkan dahulu kulit wajah, kemudian buka kemasan Garnier Serum Masknya, lalu tinggal pake deh.

Kalo ada cara yang lebih cepat dan cukup hemat, ya kenapa enggak donk. Toh, Garnier sudah memiliki reputasi yang sangat baik di Indonesia atas kualitas produknya, so enggak usah kuatir dan langsung coabin sekarang juga gaes.  
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)