Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Menghilangkan Noda Jamur Di Baju? Gampang, Begini Caranya


menghilangkan noda jamur

Ketika musim hujan mulai datang, pakaian lebih susah untuk kering, sehingga menyebabkan munculnya bintik-bintik jamur, biasanya yang muncul berupa bintik-bintik hitam. Selain itu, iklim yang cukup lembab juga merupakan penyebab mengapa pakaian kotor yang berada di kerancang cucian atau dalam tas menjadi berjamur. Nah, jika hal ini kamu alami, enggak perlu pusing gaes, ada beberapa cara yang simple banget untuk jadi solusi Kamu dalam menghilangkan noda jamur yang berupa bintik-bintik hitam di pakaian Kamu secara efektif.

Sebelum Kamu memulai treatment pada pakaian Kamu, coba cek dulu di label pakaian tersebut, apakah ada petunjuk perawatannya atau enggak, soalnya untuk cara yang paling umum untuk membasmi jamur yang berupa bintik hitam pada pakaian adalah dengan merendam pakaian di air panas, cek apakah ada petunjuk suhu tertinggi yang bisa dipakai untuk pakaian tersebut.

Untuk mencegahnya tumbuhnya jamur di pakaian, langsung keringkan pakaian setelah dicuci serta hindari menumpuk pakaian yang lembab terlalu lama di keranjang pakaian kotor atau mesin cuci. Bintik-bintik jamur yang berwarna hitam jauh lebih susah dihilangkan dibanding noda jamur yang masih berupa bercak-bercak aja lho. 

Cara Menghilangkan Noda Jamur Pada Pakaian

1. Cuka Putih

Enggak usah bingung, cuka putih itu sama aja dnegan cuka masak yang sering dipakai di dapur. Cuka putih dikenal sangat efektif untuk membasmi bintik-bintik pada baju berjamur, disamping itu, cuka putih aman banget untuk digunakan pada berbagai jenis pakaian. Cara Penggunaannya adalah:

  • Campurkan cuka putih dengan air biasa yang dingin, dengan takaran 1:1, lalu oleskan larutan tersebut ke spot jamur yang berupa bintik-bintik jamur dengan sikat gigi bekas atau kain.
  • Oles hingga merata.
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Selanjutnya, cuci seperti biasa, namun dengan air panas yang memiliki sushu tertinggi yang diperbolehkan untuk pakaian tersebut. Petunjuk suhu tertinggi bisa dilihat di label pakaian masing-masing.

Untuk noda yang sangat membandel dan terlihat sudah menyebar, Kamu bisa merendam dengan larutan cuka putih dan air dingin dengan takaran 1 gelas : 1 ember selama semalaman.

Oh ya, untuk perhatian Jangan pernah mencampur cuka putih dan pemutih karena bisa memicu gas beracun. Saya kasih huruf tebal biar gak kelewat gaes.

2. Boraks

Boraks adalah mineral yang sangat ampuh melawan jamur dan bisa dibeli juga dalam bentuk bubuk lho. Perlu diketahui sebagian diterjen juga mengandung boraks. Berikut cara pemakian boraks untuk mengatasi jamur pada pakaian:
  • Ikuti petunjuk pemakaian boraks bubuk di kemasannya
  • Pada umumnya, serbuk perlu dicampur dengan air terlebih dahulu untuk membentuk pasta.
  •  Oleskan campuran pasta boraks pada noda jamur dengan sikat gigi bekas. Oles hingga merata
  • Diamkan beberapa jam, kemudian cuci di mesin cuci.
  • Kamu juga bisa menambahkan campuran air dan boraks langsung ke laci mesin cuci jika mencuci beberapa baju berjamur secara bersamaan.
Perlu perhatian untuk menjauhkan produk pemutih dan boraks dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Setelah dicuci, jemur pakaian di bawah sinar matahari untuk membantu membasmi jamur. Pada musim hujan khususnya, gantung dan angin-anginkan pakaian di ruangan di rumah dengan sirkulasi udara yang lancar. Jika ingin lebih cepat lagi, Kamu bisa gunakan mesin pengering cucian.

3. Pemutih

Ternyata, pemutih bukan cuma sekedar memutihkan pakaian saja. Pemutih juga mampu untuk membasmi noda jamur di pakaian. Namun, jelas perlu ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan, yang terpenting adalah hanya gunakan produk ini untuk baju putih

Untuk baju yang berwarna, jika noda masih ringan, Kamu hanya perlu menggunakan diterjen anti-noda favorit Kamu. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna pakaian agar tidak mudah pudar. Nah, berikut tata cara penggunaan pemutih untuk membasmi jamur pada pakaian:

  • Teteskan cairan pemutih di atas noda langsung, atau Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk mengoleskannya pada pakaian putih yang berjamur tadi.
  • Setelah dioles merata, diamkan selama beberapa jam.
  • Selanjutnya cuci baju pada suhu tertinggi yang diizinkan dengan menggunakan air panas.
  • Mengingat adanya kandungan klorin pada cairan pemutih, pastikan Kamu mengerjakannya di ruangan berventilasi baik atau buka jendela lebar-lebar, dan gunakan sarung tangan karet. 

Cara Mencegah Jamur Pada Pakaian

Jika diikuti secara tepat, membasmi jamur pada pakaian bukanlah hal yang mustahil, step selanjutnya ada baiknya kita juga mengerjakan langkah-langkah untuk mencegah munculnya jamur di pakaian, agar pakaian kesayangan juga tetap awet. Berikut cara-caranya:
  • Biasakan untuk tidak menumpuk baju yang lembab diam terlalu lama, contohnya seperti pakaian yang basah, handuk lembab, baju sehabis olahraga. Pakaian yang lembab atau basah tersebut baiknya langsung di cuci bersih dan dikeringkan dengan segera.
  • Kosongkan mesin cuci segera setelah selesai berputar dan langsung jemur cucian atau masukkan ke mesin pengering.
  • Pada musim hujan, cuci baju sedikit demi sedikit untuk menghindari baju basah yang bertumpuk di jemuran.
  • Selain baunya yang tidak sedap, baju berjamur juga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal pada kulit. Maka dari, langsung action untuk menghadapi munculnya jamur pada pakaian.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)