Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Rambut Berminyak, Apa Saja Penyebabnya ?


Rambut Berminyak

Rambut berminyak adalah salah satu masalah yang sering dihadapi dalam urusan perawatan rambut dan kepala. Memang sebagian besar yang mengalami masalah ini adalah wanita, namun enggak berati para pria bebas dari masalah ini. Sejatinya, minyak yang ada pada kulit kepala berfungsi untuk membuat rambut terlihat berkilau alami, namun akan jadi sebuah masalah apabila jumlah kandungan minyak pada kepala berlebihan, efek yang akan muncul adalah rambut yang mudah kotor, kusam, dan lepek. Tentu saja enggak menyengkan banget kan?.

Penyebab-Penyebab Munculnya Rambut Berminyak

1. Hormon

Hormon merupakan salah satu faktor yang turut serta dalam jumlah produksi minyak pada kulit kepala dan rambut Kamu. Kadar hormon yang cukup tinggi bisa memicu kulit memproduksi minyak yang jauh lebih banyak dari biasanya. Biasanya peningkatan hormon ini terjadi di usia remaja, wanita yang sedang menstruasi, dan wanita hamil. Salah satu hormon yang berpengaruh langsung pada produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut adalah hormon androgen.

2. Faktor Genetik

Hal yang terkadang terlewatkan, coba perhatikan, bisa jadi jenis rambut berminyak yang Kamu miliki merupakan turunan dari orang tua Kamu, atau dari Kakek atau nenek, karena bila rambut dari salah satu mereka ternyata berminyak, Kamu juga berpotensi sangat besar untuk memiliki jenis rambut yang sama, yaitu rambut berminyak.

3. Rambut tipis

Jika Kamu memiliki rambut tipis, maka sebum (suatu zat yang konsistensinya mirip dengan minyak atau lilin dan diproduksi oleh glandula atau kelenjar sebasea di kulit. Dalam jumlah yang cukup, sebum sebenarnya berguna untuk membantu mengunci kelembapan kulit dan melindungi kulit.) yang disekresi kulit kepala tidak akan diserap oleh rambut. Dikarenakan rambut yang terlalu halus serta tipis. Ini membuat semua minyak dari rambut menempel pada rambut halus dan membuatnya terlihat kusut dan berminyak bahkan kusam.

4. Kebiasaan Yang Salah

Kebiasaan membelai atau menyentuh rambut dengan tangan juga bisa menyebabkan rambut berminyak lho. Pasalnya, tangan adalah bagian tubuh yang paling mudah kotor karena sering digunakan untuk menyentuh apa saja. Bila Kamu baru saja memegang makanan atau sesuatu yang berminyak, lalu langsung membelai rambut, tidak heran rambut jadi kotor dan berminyak. Jadi, biasakan untuk tidak terlalu sering-sering menyentuh rambut dengan tangan. Atau Kamu bisa membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh rambut Kamu.

5. Terlalu Banyak Menggunakan Kondisioner

Ini merupakan salah satu penyebab datangnya minyak berlebih pada kepala dan rambut, karena itu biasakan sebaiknya untuk menggunakan kondisioner hanya di ujung rambut saja. Karena sebenarnya akar rambut Anda secara alami sudah lembab. Sehingga jika menggunakan kondisioner di bagian akar, rambut justru akan kehilangan volume dan membuatnya berminyak.

6. Penyakit Tertentu

Kulit kepala dan rambut berminyak juga bisa menjadi tanda adanya suatu masalah kesehatan tertentu, salah satunya dermatitis seboroik. Pengidap penyakit ini juga akan mengalami gejala yang lain seperti rambut berketombe, bercak kemerahan di kulit, serta rasa gatal yang membuat kulit mengelupas.

7. Keramas Dengan Air Panas

Sebaiknya, ketika mencuci rambut atau keramas, usahakan untuk selalu menggunakan air dingin. Karena air panas akan menstimulasi kelenjar sebaceous yang akan membuat rambut lebih banyak menghasilkan minyak yang tidak bangus untuk kesehatan kepala dan rambut.

8. Cara Merawat Rambut yang Salah

Bila rambutmu berminyak, coba kilas balik lagi bagaimana selama ini Kamu merawat rambut. Cara merawat rambut yang salah malah bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit kepalamu lho. Misalnya saja, menggosok kulit kepala terlalu kencang saat keramas. Hal ini akan membuat kulit kepalamu jadi iritasi sehingga bisa memicu produksi minyak lebih banyak lagi. Mencuci rambut terlalu sering, sampai 2-4 kali dalam sehari juga dapat membuat rambut berminyak semakin parah.

9. Peralatan Tata Rambut Yang Kotor

Peralatan tata rambut yang tidak bersih juga bisa berperan masalah pada rambut Kamu. Sebagai contoh, alat catok atau sisir yang tidak dibersihkan secara rutin akan membuat kotoran-kotoran menumpuk di alat-alat tersebut. Hasilnya, rambut pun akan makin cepat lepek dan mengalami masalah yang berkepanjangan.

10. Kekurangan Vitamin B

Kamu yang sering diet patut waspada terhadap permasalahan rambut. Ketika tubuh kekurangan asupan vitamin B, maka produksi minyak di rambut pun akan bermasalah. Oleh karena itu, pastikan tubuh Kamu mendapatkan asupan vitamin B yang cukup agar rambut Kamu indah berkilau.

Perawatan Untuk Rambut Berminyak

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Kamu terapkan untuk mengurangi masalah rambut berminyak:

  1. Jika terlihat rambut Kamu semakin kusam bahkan setelah dibersihkan, bisa jadi frekuensi membersihkan rambut yang terlalu sering, yang menyebabkan tingginya produksi minyak pada kulit rambut. Keramas cukup satu kali sehari saja dan lakukan setiap hari.
  2. Gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak yang bermanfaat untuk membersihkan rambut tanpa memicu produksi minyak berlebih. Selalu sempatkan untuk mempelajari kandungan produk perawatan rambut membeli. Karena, penggunaan produk dengan kandungan tertentu malah bisa memicu peningkatan produksi minyak di kulit kepala.
  3. Kamu juga bisa membuat masker lidah buaya dan mengaplikasikannya pada rambut, karena bahan alami ini efektif mengurangi minyak, sehingga rambutmu lebih sehat, kuat dan berkilau.
  4. Bilas rambut dengan teh hijau. Zat tannin pada teh hijau dipercaya dapat mengatasi minyak berlebih sekaligus menutrisi kulit kepalamu.
  5. Kamu juga bisa mencoba mencuci rambut dengan campuran air dan cuka sari apel. Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menyeimbangkan kada pH kulit kepalamu.
  6. Hindari pemakaian berlebih produk-produk perawatan dan styling rambut karena bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala Kamu. Cukup gunakan beberapa yang sudah teruji saja, dengan jumlah yang wajar. Ketika penggunaan sebuah produk perawatan justru membuat rambut Kamu terlihat kusam, bisa jadi intensitas penggunaan terlalu sering sehingga membuat produksi minyak semakin tinggi. Oleh karena itu, atur penggunaan produk tersebut sebaik mungkin.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Peri Hardiansyah] [img=https://res.cloudinary.com/lifebrown/image/upload/c_scale,w_124/v1571153934/IMG_20180201_062319_bban7e.jpg] [description=Enjoy Reading. Semoga Bermanfaat.] (facebook=https://www.facebook.com/peri.hardiansyah.3557) (twitter=https://twitter.com/PeriHardian) (instagram=https://www.instagram.com/perihardiansyah/)