BLANTERVIO103

8 Jenis Tanaman Hias Yang Paling Mahal Di Indonesia

8 Jenis Tanaman Hias Yang Paling Mahal Di Indonesia
Monday, August 3, 2020
Tanaman Hias

Mulai munculnya tren-tren baru sejalan dengan berlangsungnya new normal di Indonesia. Bukan hanya tren bersepeda saja, ternyata tren bercocok tanam juga sudah mulai menjamur bebas, entah itu di kebun atau di rumah.

Budidaya tanaman hias juga mendapat tempat yang cukup hangat di kalangan masyarakat Indonesia, cukup banyak juga orang yang menjadikan ini sebagai peluang usaha yang baik. Selama pandemi ini kan ada banyak banget orang-orang yang mencari aktivitas di rumah, nah merawat tanaman hias merupakan salah satu pilihan yang banyak diminati.

Apabila Kamu ingin membeli atau mulai usaha budidaya tanaman hias, Kamu harus melakukan riset pasar kepada harga tanaman yang selalu berubah-ubah terlebih dahulu. Agar Kamu bisa mendapatkan tanaman dengan value yang sesuai dengan ekspektasi.

1. Adenium

Adenium

Adenium adalah salah satu tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Cara perawatannya pun juga termasuk cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya karena tanaman ini dapat tumbuh subur di Indonesia. Namun, Adenium adalah salah satu tanaman yang paling mahal di Indonesia. Bahkan, harganya pun bisa mencapai Rp50 juta.

2. Anggrek Hitam Papua

Anggrek Hitam Papua

Anggrek hitam Papua bisa mencapai harga hingga Rp100 juta. Alasannya, tanaman hias yang satu ini termasuk golongan tanaman langka.

Secara karakteristik, bunga anggrek hitam Papua memiliki kelopak berwarna hitam dan putik yang berwarna merah muda cerah. Tentu dari ciri warna yang khas tak seperti anggrek lain yang biasa ditemukan.

Tanaman hias yang satu ini memiliki keistimewaan yang bernilai estetik. Tak heran, jika kini orang mulai berlomba mencari bibit dan mulai membudidayakan tanaman hias anggrek hitam Papua.

3. Anthurium

Anthurium

Tanaman Anthurium adalah salah satu tanaman yang paling digemari di dunia. Dengan memiliki lebih dari 1.000 jenis, tanaman ini juga dikenal dengan nama kuping gajah. Hingga kini, tanaman dari spesies Anthurium ini pernah terjual di angka Rp70 juta.

4. Bonsai

Bonsai

Dikenal sebagai tanaman dengan ukuran kecil, Bonsai adalah salah satu tanaman yang sangat populer di Indonesia. Selain indah, tanaman ini juga memiliki nilai jual yang begitu tinggi. Bahkan, nilainya pun bisa mencapai Rp1 miliar.

5. Philodendron

Philodendron

Memiliki daun lebar yang memesona, tanaman philodendron juga memiliki bunga dan batang yang unik. Tanaman ini sering dijadikan sebagai alternatif dari Anthurium atau aglaonema yang memiliki harga fantastis di dunia tanaman. Meski harganya di bawah kedua jenis tanaman tersebut, harga philodendron disebut hingga jutaan rupiah.

6. Sanseviera

Sanseviera

Tanaman sanseviera memiliki harga yang cukup tinggi. Bahkan, salah satu jenisnya, Kirkii Silver Blue, mampu menembus hingga Rp10 juta per daunnya. Konon, tanaman ini juga memiliki banyak khasiat, mulai dari mengobati diabetes hingga kanker ganas.

7. Monstera

Monstera

Tanaman estetik milenial Monstera dengan tipe tertentu dijual di sebuah marketplace online seharga Rp20 juta untuk empat daunnya.

Monstera merupakan tanaman tropis dari Araceae family yang memiliki puluhan jenis varietas. Dari puluhan varietas tersebut, setidaknya ada satu jenis tanaman yang paling sering dibudidayakan dan terkenal dari yang lainnya, yakni Monstera Deliciosa.

Monstera Deliciosa memiliki tipe deliciosa variegata yang jarang ditemukan sebagai dekorasi rumah. Penyebabnya, ia membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh serta memiliki ciri bercak krem kekuningan di daunnya.

Namun siapa sangka, justru proses tumbuhnya yang lama membuat Monstera Deliciosa Variegata ditawarkan dengan harga tak murah.

8. Red Aglaonema

Red Aglaonema

Tanaman hias yang satu ini dibandrol dengan harga Rp1,5 juta dalam sebuah marketplace online. Tercatat tak kurang dari 10 orang sudah membelinya.

Tanaman sri rejeki atau aglaonema merupakan salah satu tanaman paling diminati dan banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sesuai dengan nama harfiahnya, tanaman ini mitosnya mampu memberikan energi positif untuk mendatangkan rejeki.

Aglaonema red memiliki bentuk daun yang unik, dengan motif yang apik, ditambah warna merah memukau seakan menyala dari tanaman ini.
Share This Article :
Peri Hardiansyah

Seorang blogger dan urban farmer, juga sebagai buzzer dan influencer.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 komentar:

7472166934831473300