BLANTERVIO103

Alasan Kenapa Harus Beli AC DAIKIN Di Central Elektro - Dealer Resmi DAIKIN Bengkulu

Alasan Kenapa Harus Beli AC DAIKIN Di Central Elektro - Dealer Resmi DAIKIN Bengkulu
Wednesday, October 28, 2020
Daikin Bengkulu

Dalam kurun waktu beberapa tahun lalu, AC masih tergolong barang superior yang sangat mahal yang hanya ada di kantor, hotel, mall, atau rumah mewah. Namun, sekarang AC sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama di kota-kota tropis bercuaca panas. Selain itu, air conditioner sudah menjadi fasilitas wajib terutama di kamar-kamar hotel, ruang kantor perusahaan, di ruang kelas atau bahkan di cafe.


Definisi AC

Air conditioner (AC) secara umum bisa diartikan sebagai suatu mesin yang dibuat untuk menstabilkan suhu dan kelembapan udara di dalam suatu ruangan. Alat ini digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan, tergantung kebutuhan pemilik. Namun, AC sering disebut sebagai pendingin udara karena lebih banyak digunakan untuk menyejukkan atau menurunkan suhu ruangan.

Meski AC adalah hasil teknologi modern, konsep pendingin udara sudah dikenal sejak abad pertengahan, yaitu pada masa Romawi Kuno dan Persia. Willis Haviland Carrier menjadi orang pertama yang menemukan AC modern berskala besar yang menggunakan energi listrik pada tahun 1902.


Fungsi AC

Seperti pada namanya, air conditioner, AC memiliki fungsi untuk mengondisikan udara di sebuah ruangan agar terasa sejuk, nyaman, dan sehat. Ada tiga hal yang dapat dikondisikan atau diatur dengan menggunakan AC, yaitu suhu, kelembapan, dan kebersihan udara.

1. Mengatur Suhu Udara

Fungsi AC yang paling utama adalah mengatur suhu di dalam ruangan. Suhu yang diinginkan dapat Kamu atur melalui angka yang tertera pada remote control. Pada umumnya, suhu terendah AC adalah 16 derajat Celsius dan suhu tertingginya 30 derajat Celsius.

2. Mengatur Kelembapan Udara

Suhu dan kelembapan udara saling berkaitan, sehingga secara tidak langsung, AC juga berfungsi mengatur kelembapan. Suhu AC sebaiknya diatur pada suhu ideal, yaitu 24–26 derajat Celsius karena udara yang terlalu dingin memiliki kelembapan tinggi sehingga menyebabkan kulit menjadi cepat kering.

3. Membersihkan Udara

Mesin pada AC dilengkapi dengan filter untuk menyaring debu dan kotoran yang terdapat di dalam udara sehingga menjadi bersih dan sehat. Oleh karena itu, filter AC harus dibersihkan secara rutin untuk membuang kotoran yang tersaring sehingga udara bisa terjaga kesejukan dan kebersihannya.


Komponen AC

AC didesain secara khusus dan terdiri dari beberapa komponen yang secara umum dapat dikelompokkan dalam empat bagian, yaitu komponen utama, komponen pendukung, kelistrikan, dan refrigeran.

1. Komponen Utama

Komponen utama dalam sebuah AC adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu udara, terdiri dari kondensator, kompresor, evaporator, dan pipa kapiler. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan fungsi keempat komponen utama tersebut.

a. Kondensator (Penguapan)

Secara umum berfungsi untuk tempat pembuangan temperatur panas. Kondensator berfungsi untuk menukar kalor, mengubah wujud refrigeran dari gas menjadi cair, dan menurunkan suhu refrigeran. Pipa kondensator dibuat berliku-liku dan dilengkapi sirip. Kondensator diletakkan di luar ruangan agar dapat melepaskan panas pada refrigeran ke udara bebas.

b. Kompresor (Komfersi)

Secara umum berfungsi untuk memompa gas refrigerant. Kompresor berguna untuk mengedarkan dan memompakan refrigeran ke seluruh bagian AC yang cara kerjanya mirip dengan jantung pada manusia. Kompresor dilengkapi dua buah pipa, yaitu pipa hisap dan pipa tekan serta memiliki dua tekanan, yaitu tekanan rendah dan tinggi.  

c. Evaporator (Pengembunan)

Secara umum berfungsi untuk tempat pembuangan temperatur dingin. Evaporator berfungsi menyerap dan mengalirkan panas dari udara ke refrigeran sehingga refrigeran berubah dari cair menjadi gas setelah melalui pipa kapiler. Evaporator mengambil udara panas dari ruangan yang kemudian melewati sirip-sirip pipa sehingga suhunya turun.

d. Pipa Kapiler

Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekanan dan mengatur aliran refrigeran ke evaporator. Penurunan tekanan refrigeran menyebabkan suhunya juga ikut turun dan inilah yang menyebabkan udara yang keluar dari AC bersuhu rendah.

2. Komponen Pendukung

Selain komponen utama yang berfungsi mendinginkan udara, AC juga dilengkapi komponen-komponen lain untuk mendukung kerja AC. Di bawah ini adalah beberapa jenis komponen pendukung AC dan fungsinya.

a. Strainer

menyaring kotoran yang terbawa di dalam refrigeran.

b. Accumulator

menampung sementara refrigeran cair bersuhu rendah dan campuran pelumas evaporator, serta menjaga agar aliran refrigeran menuju kompresor tetap lancar.

c. Blower

mengisap udara panas dari ruangan dan mengembuskan udara dingin kembali ke ruangan.

d. Fan (kipas)

membantu kondensator membuang panas ke udara luar.

3. Komponen Kelistrikan

Karena AC bekerja menggunakan tenaga listrik, maka dibutuhkan pula komponen kelistrikan yang memiliki berbagai fungsi sebagai berikut.

a. Termostat

mengatur suhu ruangan secara otomatis agar sesuai dengan perintah pada remote

b. Kapasitor

menyimpan daya listrik sementara agar ketika dinyalakan, AC sudah memiliki energi untuk menghidupkan mesin.

c. Overload

memutuskan aliran listrik pada kompresor jika kerja kompresor terganggu, mati, kekurangan oli, atau kekurangan refrigeran.

d. Motor listrik

mengubah energi listrik menjadi energi mekanik pada kipas AC.

4. Refrigeran

Refrigeran adalah zat yang mengalir dalam sistem AC dan berfungsi sebagai pendingin. Saat AC bekerja, refrigeran berubah wujud secara terus menerus antara cair dan gas untuk menghasilkan udara dingin.


Cara Kerja AC

Sebuah AC terdiri dari dua kumparan yang saling terhubung, yaitu kumparan evaporator yang diletakkan di dalam ruangan dan kumparan kondensator yang ditempatkan di luar ruangan. Kumparan tersebut berisi refrigeran yang mengalir secara terus-menerus.

Prinsip kerja AC sangat sederhana, yaitu menjaga agar kumparan evaporator tetap dingin (lebih dingin dari suhu ruangan) dan kumparan kondensator tetap panas (lebih panas dari suhu atmosfer). Refrigeran yang mengalir akan menyerap panas dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar ruangan.

Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut.

  1. Refrigeran dari evaporator yang bertekanan rendah mengalir ke kompresor sehingga menjadi bertekanan tinggi dan wujudnya berubah menjadi gas panas.
  2. Gas refrigeran panas mengalir menuju kondensator dan panas akan dilepaskan ke luar ruangan dengan bantuan kipas. Selama fase pelepasan panas ini, refrigeran akan berubah menjadi cairan dan suhunya turun.
  3. Refrigeran cair mengalir ke katup ekspansi yang berfungsi membatasi aliran dan mengurangi tekanan sehingga suhu refrigeran semakin turun dan lebih dingin daripada suhu ruangan.
  4. Refrigeran dingin mengalir menuju kumparan pendingin (cooling coil) pada evaporator.
  5. Udara panas dari ruangan yang masuk ke AC akan mengalir melalui kumparan pendingin tersebut sehingga menjadi dingin.
  6. Udara dingin mengalir melalui kisi-kisi dan dikembalikan ke ruangan.
  7. Proses tersebut terjadi secara berulang dan terus-menerus.


Jenis Jenis AC

Seiring perkembangan teknologi, kini AC diproduksi dalam beragam jenis dengan penggunaan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis AC yang dipasarkan di Indonesia.

1. Jenis AC Window

Seperti AC portable, bagian kompresor dan evaporator pada AC window juga menyatu. Untuk memasang AC window, dinding harus dilubangi sesuai ukuran AC dan AC diletakkan di dalamnya menggunakan bracket dengan posisi bagian evaporator menghadap ke dalam ruangan.

Pada AC Window ini memiliki bentuk yang berbeda dengan bentuk lainnya, yaitu antara indoor dan outdoornya memiliki tempat yang sama (menyatu), sehingga tidak memerlukan tambahan pipa antara indoor dan outdoor AC tersebut.

Didalam pemasangan AC Window ini, kita harus melubangi tembok ruangan yang akan di pasang tersebut. Letak indoornya berada di dalam ruangan dan letak outdoornya berada di luar ruangan, tembok pembatas ini sangat di perlukan agar udara panas yang berada di luar ruangan tidak masuk ke dalam ruangan yang bersuhu rendah, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada compressor AC Window tersebut.

2. Jenis AC Cassette

Jenis AC cassette banyak digunakan di ruangan yang lebih luas dan tinggi, seperti perkantoran besar, ruko, atau ruang pertemuan dengan kapasitas 1 PK hingga 6 PK. Jenis AC cassette juga terdiri dari bagian indoor dan outdoor. Namun, bagian indoor tidak dipasang di dinding, tetapi di langit-langit ruangan.

Ukuran pada AC ini hampir sama dengan AC Floor standing yang memiliki bentuk dan ukuran cukup besar. Perbedaannya ialah ukurannya dan tempatnya peletakkan pada bagian indoornya. AC Central ini di pasang (di letakkan) pada bagian atas dekat ceilings (plafon), dan AC ini lebih banyak di pasang dalam keadan tergantung.

AC Central ini memiliki dua buah blower yang di gunakan untuk menghisap suhu dingin pada bagian evaporatornya dan mengeluarkannya keruangan yang telah di tentukan. AC ini biasanya diberi corong udara/dakting pada depan blowernya, sebagai tempat penyalur udara dari blower menuju ruangan. AC ini memiliki filter, yang dipasang pada bagian belakang blower.

3. Jenis AC Split Wall

Inilah jenis AC yang banyak digunakan di rumah karena ukurannya kecil, harganya terjangkau, dan perawatannya mudah. Jenis AC split ini terdiri dari dua bagian yang ditempatkan di dalam ruangan (indoor) dan di luar ruangan (outdoor). Kapasitas AC split bervariasi antara 0,5PK–2 PK.

Di lihat dari segi bentuknya AC Split ini memiliki dua bagian yaitu indoor dan uotdoor, compressor pada AC Split in terletak pada bagian outdoornya dan memiliki kipas sebagai alat untuk mengurangi panas yang ada pada pipa kondensornya.

Sedangkan pada bagian indoornya terdapat pipa evaporator dan motor listrik yang berfungsi memutar blower dan kemudian di keluarkan pada ruangan yang  telah di tentukan sehingga ruangan tersebut menjadi dingin.

Prinsip kerja pada AC Split adalah dimulai dari kompresor. Kompresor memompa gas yang bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi melalui pipa tekan (Discharge) ke kondensor. Di dalam kondensor suhu gas yang tinggi dibuang oleh Fan yang terletak pada Outdoor unit, sehingga suhu gas refrigerant menjadi dingin. Setelah melalui Condensor gas refrigerant masuk ke Filter Dryer untuk disaring, agar gas yang mengalir tidak terdapat kotoran. Setelah disaring gas (Freon) masuk ke pipa kapiler yang lubangnya begitu kecil, di dalam pipa ini freon saling bertubrukan dan berdesak-desakan disini freon telah berubah wujud menjadi cair yang sebelumnya berupa gas. Setelah melewati pipa kapiler freon akan menguap dan mengambil panas didalam Evaporator yang hampa udara. Sehingga pipa-pipa di evaporator menjadi dingin dan dihembuskan oleh fan motor yang ada dalam Indoor unit.

Setelah melakukan proses pendinginan freon di dalam evaporator, freon kembali disedot masuk kembali melalui pipa hisap (suction) ke dalam Kompresor. Begitulah cara kerja AC, singkatnya freon dipompa oleh kompresor keluar melalui pipa tekan lalu masuk ke condensor lalu ke filter dryer kemudian masuk melalui pipa kapiler menuju evaporator dan kembali ke kompresor melalui pipa hisap (Suction). Proses ini terus berulang ketika AC digunakan.

4. Jenis AC Central

Hotel, gedung bertingkat, dan mal biasanya menggunakan AC berjenis central karena memiliki kapasitas yang sangat besar. Cara kerja AC jenis ini adalah udara didinginkan di cooling plant yang terletak di luar ruangan, kemudian dialirkan ke dalam gedung.

5. Jenis AC Split Duct

Mesin AC jenis split duct bekerja dengan cara membagi hawa dingin ke semua ruangan melalui sistem ducting. Pada AC split duct terdapat banyak pengatur suhu, tetapi memiliki satu titik kontrol yang terpusat. Jenis AC ducting juga sering digunakan di mal atau ruangan yang luas.

6. Jenis AC Portable

Jenis AC portable berukuran kecil sehingga mudah dibawa dan harganya sangat ekonomis sehingga banyak dipakai para mahasiswa yang menyewa kamar indekos. Pada AC portable, bagian kompresor dan evaporator menjadi satu dan udara panas dari kompresor dibuang melalui pipa.

5. Jenis AC Standing Floor

Sesuai namanya, jenis AC standing floor tidak dipasang di dinding atau plafon, tetapi diletakkan di atas lantai. Jenis AC ini sering digunakan di acara resepsi, seminar, dan sejenisnya. Karena mudah dipindahkan dan dilepas-pasang, AC standing floor ini sering disewakan.

AC Floor standing ini memiliki bentuk yang besar baik pada indoornya maupun pada outdoornya, peletakan AC Floor standing ini yaitu pada bagian indoornya di letakkan pada dasar lantai ruangan yang di lengkapi dengan dudukannya, daerah pada bagian depan indoornya harus lapang hal ini di sebabkan agar sirkulasi udara pada AC Floor standing tersebut tidak terganggu.

AC Floor standing ini mampu mencapai temperatur terendah hingga kurang lebih 10 derajat celcius sedangkan pemasangan pada bagian indoornya disebelah atas dibuat suatu corong/dakting udara, yang dapat di tempatkan hingga ketinggian 3,5 meter.

AC Floor standing ini sangat banyak di gunakan pada setiap industri, karena memiliki kapasitas ruangan yang cukup besar dibandingkan dengan AC lainnya dan AC ini biasanya di letakkan dalam suatu ruangan produksi.


Masalah-Masalah Yang Di Hadapi Pada AC

1. AC yang membeku ( jadi es )

AC membeku (jadi es) bisa juga disebabkan karena ACnya kotor, kekurangan gas freon/refrigerant, dan kerusakan pada motor fannya.

Cara Mengatasinya:

  1. Kalau AC membeku (jadi es) di sebabkan karena kotor, cara mengatasinya  kita cukup dengan membersihkan bagian-bagian dalam AC yang kotor/mencuci AC tersebut.
  2. Kalau filter dryernya mampet compressor bekerja tidak stabil, dapat menyebabkan compressor overload. Cara mengetahui filter dryernya mampet dapat dilihat dari pipa katup buangnya dingin, sedangkan normalnya pipa katup buang itu panas, panasnya dapat dilihat dari berapa kapasitas compressor tersebut. Kalau filternya sudah mampet tidak bisa diperbaiki lagi dan kita harus mengganti filter yang baru.
  3. Kalau  Compressor  kekurangan  gas  freon/gas refrigerant maka AC juga bisa menjadi beku (jadi es), karena gas yang dipompa oleh compressor sedikit.

2. AC Split yang tidak dingin

AC Split yang tidak dingin, umumnya disebabkan oleh Freon yang habis atau outdoor yang sudah kotor sehingga dalam proses pendinginan tidak maksimal.

Cara Mengatasinya :

  1. Kalau Freon Habis isi kembali dengan memakai Refrigerant 22 menggunakan alat Regulator ke kompresor.
  2. Dan jika kotor bersihkan outdoor unit dengan hati-hati, sebaiknya matikan terlebih dahulu sumber arus pada Outdoor tersebut.


Perawatan Pada AC (Air Conditioner)

Hal yang harus di lakukan agar AC (Air Conditioner) dapat bekerja dengan baik, antar lain:

  1. Lindungi AC dari debu dan air hujan.
  2. Lindungi ruangan AC dari asap, bau yang tidak sedap dan tidak terlalu panas.
  3. Untuk mengurangi pemborosan bahan AC ruangan, cegah udara luar terlalu banyak masuk secara langsung kedalam ruangan yang dipasang AC.
  4. Bersihkan kisi-kisi ventilasi Evaporator dari kotoran debu minimal 3 kali dalam satu tahun.
  5. Lakukan perawatan pada AC sesering mungkin agar AC tersebut berfungsi dengan baik dan dapat digunakan lebih lama oleh pemakainya.
  6. Perbaikilah langsung bagian AC yang mengalami kerusakan, baik itu kerusakan yang besar ataupun kerusakan kecil.
  7. Jangan biarkan kondisi AC menyala terus-menerus, jika tidak di gunakan segeralah matikan AC.
  8. Perhatikan Suhu rekomendasi, yaitu itu sekitar  24-25 derajat., selain efisien juga lebih menghemat listrik.  


Alasan Kenapa Harus Beli AC DAIKIN

Kelebihan AC DAIKIN

Daikin menjadi salah satu perusahaan terdepan dalam urusan AC. Fokus Daikin pada AC ini dimulai pada tahun 2000an, ketika sukses mengakuisisi perusahaan asal Malaysia. Setelah itu Daikin menjadi salah satu pemasok AC terbesar di Asia Tenggara. Walaupun menjadi salah satu produsen AC besar, Daikin harus tetap konsisten dalam mengembangkan setiap produknya. 

Daikin merupakan salah satu brand AC ternama di Indonesia. Oleh karena itu, wajar apabila merek asal Jepang ini terus menawarkan berbagai keunggulan. Sampai saat ini AC Daikin jadi primadona di berbagai kalangan karena kualitasnya yang bagus. Ada banyak alasan kenapa kamu harus memilih AC Daikin untuk dipasang di rumah atau kantor. Apa saja? Simak ulasannya dibawah ini!

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan mencoba membahas apa saja kelebihan AC Daikin yang wajib kamu tahu sehingga tidak ragu lagi dalam melakukan pembelian.

1. Kaya Fitur Unggulan

Selanjutnya adalah pilih AC Daikin yang memiliki fitur unggulan sesuai kebutuhan. Banyak orang yang terkesima dengan banyaknya fitur unggulan yang akhirnya malah membuat budget menjadi sangat membengkak. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mencari AC Daikin yang memiliki fitur paling cocok dengan kebutuhan. Misalnya kamu membutuhkan AC yang mempunyai timer atau AC yang bisa dingin lebih cepat.

Beberapa AC Daikin seperti AC Split Standard, AC Split Inverter, dan AC Split Deluxe mempunyai keunggulan seperti Energy Savings dan Comfortable Airflow Control. Walaupun begitu, tetap sesuaikan dengan budget yang kamu miliki ya.

2. AC Daikin Mempunyai Jenis Yang Lengkap

Kelebihan pertama yang wajib kamu tahu adalah AC Daikin ini mempunyai jenis AC rumahan yang sangat lengkap. Ada tiga AC dari Daikin yang bisa kamu beli, pertama AC Inverter, kedua AC Non Inverter, dan ketiga adalah AC Low Watt. Jangan khawatir, kami akan membedahnya satu per satu.

- AC Inverter

AC Inverter adalah salah satu yang sering dicari oleh konsumen di Indonesia khususnya bagi para pelanggan baru. AC Inverter menggabungkan inverter listrik yang nantinya bisa mengatur kecepatan motor/mesin di dalam AC. Jadi ketika AC pertama kali dinyalakan, motor/mesin tidak akan bekerja dengan terlalu keras. Dengan begitu, listrik yang dihasilkan bakal lebih sedikit.

- AC Non Inverter

AC Non Inverter ini kebalikan dari AC Inverter. Jadi tidak ada penghubung antara inverter listrik dengan motor/mesin AC. Ketika AC pertama kali dinyalakan, mesin AC akan menyala secara powerful karena kompresor bisa langsung bekerja dengan kekuatan penuh. Kelebihan dari AC Non Inverter ini adalah lebih murah, tetapi pemakaian daya listrik yang dibutuhkan pun lebih banyak.

- Low Watt

Jenis AC Selanjutnya adalah Low Watt. Jenis AC ini menjadi salah satu AC yang dicari banyak orang. AC Low Watt ini harganya lebih murah daripada AC Inverter. Tetapi ada kekurangan dari AC Low Watt ini, karena daya kompresornya ini terlalu rendah, maka ketika AC dinyalakan maka ruangan tidak akan cepat dingin. Walaupun begitu, AC ini bisa lebih hemat secara pemakaian listrik dan juga harga.

3. Memiliki Service Center Di Seluruh Indonesia

Kelebihan AC Daikin selanjutnya adalah adanya service center yang tersebar luas hampir di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, garansi yang diberikan di setiap produk AC Daikin ini mencapai 1 tahun, jadi ketika AC kamu rusak atau tidak bekerja secara maksimal, kamu bisa langsung menelepon customer service untuk pengaduan atau langsung datang ke service center.

4. Fitur Menarik

Terobosan yang dilakukan AC Daikin salah satunya adalah adanya filter antibakteri, yaitu Titanium Apatite Photocatalytic Filter. Filter ini bekerja untuk mengurangi bau yang tidak diinginkan. Operasi AC Daikin juga bebas suara alias hening karena memiliki fitur Indoor quiet Mode yang membuat suara angin AC dari 25 db turun ke 22 db, juga fitur Outdoor Quiet Mode yang mencegah kebisingan sehingga lebih nyaman.

5. Hemat Energi

AC Daikin mempunyai teknologi hemat energi dan menggunakan freon R32 yang ramah lingkungan. Di mana kerja Coefficient of Performance (COP) dari AC Daikin sangat bagus dan dapat mengindikasikan efisiensi unit pendingin dari konsumsi energi. COP yang tinggi berarti efisiensi juga semakin besar sehingga biaya listrik dapat ditekan serendah mungkin. 

Segera setelah suhu yang diinginkan tercapai, maka AC akan segera menyesuaikan kembali dengan cepat. Penggunaan daya listrik jadi lebih rendah sehingga sangat hemat biaya listrik.

6. Teknologi Canggih

Selain ketahanannya sudah teruji, AC Daikin dikenal memiliki banyak kelebihan dibanding dengan banyak merek lainnya. Salah satunya, AC Daikin memiliki teknologi inverter yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan motor kompresor sehingga dapat mendorong aliran refrigerant variable dalam sistem AC. Teknologi ini mampu mengatur suhu udara di seluruh penjuru ruang secara merata.

AC Daikin juga menggunakan teknologi pendingin titanium dengan beberapa range, serta memiliki control pendingin dengan sirkulasi air swing vertical dan horizontal. AC ini cenderung lebih stabil sehingga tidak ada perbedaan dalam perubahan udara. 

7. Desain Menarik

AC Daikin dirancang dengan desain menawan dan garis kurva yang cantik. Sehingga terlihat lebih modern dan elegan dalam tampilannya. AC Daikin Inverter European Desain ini sukses meraih Red Dot Design Award 2013 dan AC Daikin Urusara yang juga mampu memenangkan award karena keindahan desainnya. 

Artinya, AC Daikin adalah pilihan yang sangat tepat untuk mempercantik kantor dan rumah kamu. Tak hanya memberi kesejukan tapi juga mendukung desain interior ruang yang ada.


Beli AC DAIKIN di Dealer Resmi - Central Elektro

Central Elektro

24 Oktober 2020 merupakan momen spesial bagi saya, karena pada waktu itu kami bersama teman-teman blogger lainnya mendapatkan edukasi seputar AC Daikin, AC kelas dunia yang semakin dikenal masyarakat karena kualitasnya yang sangat baik.

Central elektro merupakan dealer resmi AC DAIKIN di Bengkulu. Bukan cuma Daikin Bengkulu saja, central elektro juga membuka cabang di kota-kota besar lain lho, ada Daikin Palembang, Daikin Jambi dan Daikin Lampung. Animo masyarakat atas produk dari Daikin ini ternyata sangat positif lho, bahkan menurut Pak Undang, owner Central Elektro, penjualan unit Daikin di Bengkulu menduduki posisi 2 besar se-sumbagsel. Kerennn gaes.

AC Daikin sarat akan fitur dan teknologi yang mutakhir, beberapa diantaranya adalah:

  1. Super Multi HW (Advanced Technology Utilising Waste Heat)
  2. Premium Product (Urusara 7 dan European Design)
  3. Inverter (Premium Inverter, Smile Curve, Flash Inverter)
  4. Inverter Multi Split (Multi S2 Connection, Multi S3 Connection, super multi NX)
  5. Non-Inverter-Single Split (SMS, Lite)
Semuanya keren-keren banget, dari inverter multi S3 connection yang bisa sediain konsep 1 outdoor 3 indoor, maksudnya 1 mesin fan di luar langsung bagi ke 3 unit ac beda ruangan, cocok banget untuk di rumah, hingga urusara dan european design yang premium banget.

Daikin mengcover semua segmen lho, dari harga murah hingga premium, jadi tinggal kita sesuaikan saja dengan kebutuhan maisng-masing, karena semua AC Daikin itu aman dari segi konsumsi listrik, jadi Kamu enggak usah pusing memikirkan konsumsi listrik yang boros. 

Daikin Bengkulu

Bahkan, pihak Daikin dari negeri sakura Jepang langsung datang ke Bengkulu, untuk melihat langsung seperti apa kondisi di Bengkulu yang punya market share yang sangat besar sehingga mengalahkan kota besar yang lain di sumbagsel. Menurut Pak Undang, Central Elektro tidak hanya rajin untuk promosi melalui media cetak saja, tetapi juga melalui media sosial dan TV juga rutin. Alhasil, dengan semakin banyaknya masyarakat yang paham mengenai unggulnya AC Daikin, membuat penjualan AC Daikin di Bengkulu meningkat drastis.

Jadi, kenapa mesti beli AC Daikin di Central Elektro?:

  1. Dealer resmi Daikin Bengkulu
  2. Harga bersahabat
  3. Service memuaskan
  4. Banjir promo dan diskon
  5. Kualitas produk dijamin
  6. Staff service yang sigap dan siaga

Dari pengalaman pribadi saya sendiri mengenai Central Elektro, disana saya bisa mendapatkan produk dengan harga yang sangat bersahabat dan proses yang cepat, bukan hanya itu, sewaktu di kantor saya memerlukan service AC atau layanan cuci AC, tim Central Elektro langsung datang ke lokasi kantor saya hanya dalam kurun waktu beberapa menit setelah ditelpon. Fast respon banget.

So, kenapa mesti ragu? Buruan beli sekarang juga untuk rumah atau kantor Kamu. Kualitas dan pelayanan terjamin gaes.

Share This Article :
Peri Hardiansyah

Menulis tentang apa yang terlintas di pikiran, Semoga bermanfaat untuk diri sendiri dan khalayak luas.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 38 komentar:

  1. Memiliki service center resmi di kota kita ini salah satu hal yang harus dicek sebelum memilih AC, Jangan sampai pas butuh eh ternyata tidak ada servuce center-nya.

    ReplyDelete
  2. Pilih AC aja harus cermat ya, mesti hemat listrik itu yang utama sih. Daikin bisa mewakili kebutuhan AC bagi tiap orang.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya, Kak..jadi lebih paham ttg AC nih krn biasanya hanya tahu memakai tapi tidak tahu perawatannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yang tau AC cuma pakenya doang 😆 tp klo beli emang hrs lebih cermat lagi. Daikin sih emang gk diraguiin lagi ya

      Delete
  4. Wah gk nyangka stiap mau cari AC psti pd refrensiin Daikin. Emang sebagus itu ya

    ReplyDelete
  5. Wah lengkap bgt informasinya nih, aku jg nyesel kmrn pas beli AC baru setahun dah rusak tau gitu pilih Daikin aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Kak, jadinya sekarang mantengin banget info ini nih aku..hehe..

      Delete
  6. Pilih2 AC emang perlu referensi kayak gini nih...kan jadi tahu ya AC yang bagus sekalian tempat belinya...

    ReplyDelete
  7. Pas banget sih aku lg nyari ac beb, trnyata nyari ac itu juga jodoh" an yaa harus tau bngt detailnya but terimakasih referensinya ya:)

    ReplyDelete
  8. AC ni sering rusak masalah freon ya, memang harus selalu di cek atau diganti ya

    ReplyDelete
  9. Ini nih yang dibutuhkan konsumen, fast response.

    ReplyDelete
  10. kalau sedang panas kepikiran banget mau beli AC.. maunya dipakai pas sedang panas aja.. AC Daikin sering dengar.. noted..

    ReplyDelete
  11. Jenis AC sudah macam2 sekarang. Cara operasional dan merawatnya harus diperhatikan supaya ACnya berumur panjang.

    ReplyDelete
  12. Mencari AC sebenernya gampang gampang susah, asalkan yg bener bener hemat energi seperti DAIKIN ini wes semua urusan beres..

    ReplyDelete
  13. Kalau aku di rumah AC nya selalu bermasalah dengan pendinginnya. Di selang freonnya suka bocor. Kayaknya harus coba ini daikin.

    ReplyDelete
  14. Boleh di coba nih AC disini bro... rekomen deh

    ReplyDelete
  15. Wah info yang panjang lebar dan lengkap deh apalagi buat aku yang tahunya AC tinggal pasang aja. Mksh kak

    ReplyDelete
  16. Banyak sekali keunggulan AC Daikin.
    Aku jadi banyak tau juga kegunaan AC gak hanya mendinginkan suhu ruangan saja, ternyata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. AC yang hemat energi dan sebelum beli memang ada baiknya untuk memilih yang sesuai kebutuhan ruang yaa..

      Delete
  17. Thanks broh infonya, jadi semakin yakin untuk memilih AC Daikin saja kalo nanti mau beli AC.

    ReplyDelete
  18. Sekarang ac udah bukan barang mewah ya, di tiap rumah pasti ada. Tapi harus rajin dibersihkan juga supaya ac nya tetap dingin

    ReplyDelete
  19. Tulisan ini banyak menambah pengetahuan baik cara kerja dan jenis AC. Mpo tahunya AC central dan split aja.

    Dari mengetahui AC maka kita tidak salah beli ukuran PK untuk dirumah

    ReplyDelete
  20. Aku di rumah belum punya AC Bang, alhamdulillah dapet rekomendasi AC kece darimu Bang. Jadi bisa ada pilihan nih nggak bingung kalo mau beli

    ReplyDelete
  21. Sebelum membeli AC perlu nih perbanyak bacaan artikel seperti ini, karena biar nggak bongkar pasang AC karena ketidakpahaman atau kurang membaca.

    ReplyDelete
  22. Daikin memang tak tertandingi, ada harga ada rupa dan kualitas, akupun selalu memilih Daikin untuk kamar tidur dirumah

    ReplyDelete
  23. Lagi ada promo kah untuk AC daikin ini Mas?
    Kok aku malah penasaran pengen ngerasain dinginnya ini AC.

    ReplyDelete
  24. Beberapa waktu lalu, saat kami membutuhka AC, seorang teman merekomendasikan Daikin. Ternyata kualitasnya memang bagus dan awet. Mantap lah Daikin.

    ReplyDelete
  25. Bisa jadi rekomend ke orang tua di Bengkulu soal AC nih. Apalagi informasi yang diberikan tentang AC Daikin ini lengkap banget dan service center nya mudah ditemukan kalau AC yang kita beli mengalami kendala.

    ReplyDelete
  26. Dengan sebanyak itu , AC Daikin bisa banget dijadikan sahabat untuk kesejukan ya ... ini bakalan cocok juga buat dikantong dan buat keamanan bayar listrik bulanan

    ReplyDelete
  27. Rumahku ac nya 3 biji, huaa. Bukan bermaksud apa-apa tapi memang di sini panas banget. Enggak kayak zaman dlu yang masih adem tanpa ac. Apalagi ada bayi bisa keringatan kalau g pakai ac. Sepakat sih beli ac di dealer resminya dan kalau rusak atau eror kudu langsung dibenerin

    ReplyDelete
  28. Kalau aku memang yg paling utama yg low watt itu, soalnya menghemat banget

    ReplyDelete
  29. Kalo aku pakenya AC alami kak selama ini. Alias angin cepoi cepoi~~

    Thanks infonya, yaaa!!

    ReplyDelete
  30. Bener sekarang AC bukan barang wah lg, dah biasa yaaa kek kipas angin hehehe
    Waaah banyak sekali ternyata jenis AC-nya yaa
    Dan Daikin punya semua ya?
    Daikin ini katanya sih emang mampu menghemat energi listrik gtu, kyknya rumah mertuaku makai AC ini deh.

    ReplyDelete
  31. Beli barang di distributor resmi emang banyak kelebihannya ya...selain kualitas barang, layanan after salenya juga jadi pertimbangan

    ReplyDelete
  32. Saat memilih AC memang harus cermat ya, wajib hemat listrik dan harganya terjangkau. Daikin bisa jadi pilihan nih

    ReplyDelete
  33. Punya ac yg hemat listrik ni bs idaman, misalnya daikin bs jd salah satu pilihan. Mau jelang akhir tahun gini promonya bs lebih besar ya kak?

    ReplyDelete
  34. Kebetulan sekali mau beli AC karena kondisi di Surabaya ini panas poll. Baca review-nya jadi pengen sisain uang job buat beli

    ReplyDelete
  35. Sekarang lagi cari AC Standing Floor kk, btw merk Daikin ini sudah lama dan kualitasnya bagus. Mau cek harga lagi nih buat AC di rumah kk.

    ReplyDelete
7472166934831473300