BLANTERVIO103

Kenapa TikTok Lebih Menarik Dibanding Youtube?

Kenapa TikTok Lebih Menarik Dibanding Youtube?
Sunday, October 11, 2020

Hello brader, TikTok adalah sebuah aplikasi jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. TikTok juga dikenal sebagai Douyin (Hanzi: 抖音短视频; Pinyin: Dǒuyīn duǎnshìpín; artinya "video pendek vibrato"), aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek hasil kreativitas mereka sendiri.

Orang dapat  berubah menjadi selebriti semalam dengan menggunakan TikTok. Tanpa anggaran, yang dibutuhkan semua orang hanyalah sedikit kreativitas dan konsistensi. Jika orang biasa dapat mempromosikan diri mereka dengan sangat baik dengan sumber daya minimum, bayangkan apa yang dapat dicapai oleh sebuah bisnis jika mereka mempromosikan merek di TikTok. Facebook, Twitter, dan Youtube telah disadap oleh terlalu banyak marketer dan inilah saatnya untuk mencoba platform lain yang belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Di situlah TikTok memainkan perannya. Sejak diluncurkan pada tahun 2017, TikTok telah mencapai lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan menurut data 2019 dari Wallaroomedia. Jika tidak cukup alasan bagi Kamu untuk mempertimbangkan marketing TikTok untuk strategi Kamu, berikut adalah lebih banyak alasan mengapa marketer harus mempromosikan merek di TikTok.

Alasan Kenapa TikTok Lebih Menarik Daripada Youtube

1. 15 Detik Video: Konsep Cemerlang yang Memprovokasi Efek Zeigarnik

Platform lain memungkinkan Kamu merekam video dengan panjang lebih panjang. Misalnya, Instagram memberi Kamu video hingga 1 menit sementara Youtube memungkinkan Kamu untuk merekam selama yang Kamu inginkan jika Kamu memiliki akun yang diverifikasi.

Dan bagaimana dengan TikTok? Kamu hanya dapat mengunggah video maksimal 15 detik di TikTok. Tapi, itulah alasan mengapa video di TikTok sangat membuat ketagihan. Pengguna tunduk pada efek Zeigarnik yang membuat mereka merasa seolah-olah pengalaman menonton video mereka tidak lengkap, sehingga mereka menonton video lain berulang kali atau bahkan mengulangi video yang sama lebih dari sekali untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi dalam video.

Selain itu, TikTok juga menerapkan fitur putar otomatis, sehingga pengguna dapat dengan mudah berpindah dari satu video ke video lainnya dan menginginkan lebih banyak konten tanpa menyadari berapa banyak waktu yang telah mereka habiskan.

Dengan perilaku pengguna seperti ini, mempromosikan merek di TikTok akan sangat mudah karena konten Kamu akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan paparan dibandingkan dengan mempromosikan melalui platform lain.

Durasi video yang pendek membuat pengguna tidak cepat bosan memainkan aplikasi ini. Persoalan durasi inilah yang juga membuat pesan dari video TikTok padat dan langsung sampai ke inti. Tak seperti Youtube atau platform video lainnya yang cenderung lama dan “bertele-tele”.

2. Fitur Editing Dan Musik Catchy Yang Fun

Fitur editing TikTok yang menarik dan mudah diaplikasikan. Coba perhatikan, ada banyak sekali video TikTok dengan fitur edit yang bervariasi, mulai dari slow-motion hingga green screen effect. Hal ini juga yang membuat TikTok anti boring.

Potongan musik yang catchy dan diputar terus-menerus menjadi salah satu alasan kenapa main TikTok bikin ketagihan. Selama ini, musik memainkan peranan penting dalam berbagai video dance TikTok yang viral di semua media sosial.

Tak heran jika aplikasi ini cocok bagi musisi anyar yang ingin mempromosikan karyanya. Contohnya, Lil Nas X hanya butuh waktu 4 bulan sebelum menandatangani kontrak dengan label musik Columbia Records. Kesuksesannya bermula dari video “Old Town Road” di TikTok yang viral dan membawa namanya masuk ke jajaran Billboard Hot 100 Chart.

3. Algoritma Rekomendasi Yang Keren

Kamu pasti tahu bagaimana algoritma rekomendasi sangat diperlukan, terutama jika Kamu masih dalam tahap awal dalam mempromosikan merek di TikTok. Apa yang membuat algoritma TikTok lebih baik adalah bagaimana mereka tidak hanya memasukkan rekomendasi berdasarkan interaksi dan aktivitas Kamu sebelumnya, tetapi juga video populer dan tren. Dengan ini, sebuah merek dapat melebarkan sayapnya lebih luas ke audiens di luar ceruk pasar mereka.

Algoritma TikTok memungkinkan aplikasi ini untuk mempelajari video apa saja yang kamu tonton lebih dari satu kali. Dengan begitu, video yang tersaji di feed kamu berkaitan dengan topik yang kamu suka atau dengan video yang sebelumnya kamu tonton secara berulang.

Memasuki beranda, kamu akan langsung disajikan dengan deretan video. Berbeda dengan Youtube atau aplikasi lainnya, pengguna tidak perlu mencari video apa yang mereka ingin lihat. “Serangan” mendadak inilah yang membuat pengguna TikTok tak perlu repot-repot untuk berpikir ingin menonton apa.

4. Pengalaman Pengguna Intim dan Interaktif

Di zaman sekarang ini, orang-orang suka ketika teknologi tidak terasa seperti robot, tetapi manusia. Dalam hal ini, TikTok patut diacungi jempol. Pertama-tama, tampilan vertikal layar penuh membuat pengguna merasa seperti mereka benar-benar berada di dalam video, terhubung langsung dengan pembuat video.

Tidak hanya itu, tetapi mereka juga mengoptimalkan tombol suka dengan menunjukkan animasi hati yang menari ketika pengguna menyukai video dan menempatkan suka total akun tepat di bawah gambar profil pengguna. Detail kecil itu memberi dampak besar pada keterlibatan dan kreativitas karena pencipta berlomba untuk membuat konten yang lebih baik dan meningkatkan suka sementara pengguna didorong untuk mengetuk tombol suka.

Nah, dengan peluang besar dalam marketing TikTok ini, apakah Kamu masih mempertanyakan mengapa ini bukan waktu yang tepat bagi setiap bisnis untuk mempromosikan merek di TikTok?

5. Mudah Berkolaborasi dengan Influencer: Creator Marketplace

TikTok masih berusaha menemukan tempatnya di pasar influencer yang sedang berkembang dan terus menambahkan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu fitur beta mereka adalah Creator Marketplace di mana merek dan marketer dapat dengan mudah terhubung dengan influencer TikTok. Fitur ini sangat membantu karena sebagian besar merek beriklan di TikTok melalui influencer yang memproduksi konten kreatif

6. Cara Beriklan di TikTok

Ketika pertama kali diluncurkan, TikTok tidak memfasilitasi fitur periklanan. Merek merasa kecewa karena satu-satunya cara untuk mempromosikan merek di TikTok adalah dengan menggunakan marketing konten organik. Untungnya, sepertinya TikTok mendengarkan dan sangat menerima umpan balik pasar. Baru-baru ini mereka mulai menyediakan empat opsi Iklan (Iklan Biddable, Tantangan Hashtag, Pengambilan Merek, dan Lensa Bermerek). Iklan-iklan itu agak rumit dan memerlukan ulasan mendalam, jadi kami akan menghubungi Kamu dengan topik itu di artikel berikutnya.

TikTok


Cara Agar Video Kamu Masuk FYP DI TikTok

FYP (For Your Page) adalah  halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap kita membuka aplikasi TikTok. Pada halaman tersebut ada banyak sekali video rekomendasi untuk kamu lihat. Maka dari itu banyak akun-akun TikTok yang menginginkan videonya berhasil masuk ke FYP user TikTok seluruh dunia.

Balik lagi ke topik awal, seperti judul artikel ini maka kita akan bahas ada konten tiktok menarik apa saja sih yang bisa jadi inspirasi ketika kamu ingin berkarya di TikTok dan pastinya memiliki banyak viewers dan likers. Yuk scroll dan simak apa saja konten TikTok menarik yang bisa bawa kamu terus-terusan masuk FYP.

1. Edukasi - Informasi

Bukan cuma konten menarik dengan jenis hiburan yang bisa FYP di TikTok tapi juga konten serius seperti informasi baru dan juga edukasi. Selama pandemi dengan masa karantina kemarin, TikTok dengan hastag #samasamabelajar mendapatkan banyak sekali penonton. Dalam hastag ini biasanya berisi konten-konten TikTok yang menarik dan pastinya bermanfaat. Pokoknya cocok deh untuk bagi-bagi ilmu atau skill yang kamu punya.

2. Tutorial

Kamu hobi dance? Suka ikut-ikutan dance challenge di media sosial? Konten TikTok pertama ini wajib kamu bikin sih! Berbagi tutorial gerakan-gerakan dance yang biasa banyak di TikTok atau bahkan berbagi tutorial tentang hal lain seperti edit foto atau juga edit video di TikTok. Dijamin banyak peminatnya.

3. Masak

Nah, kalau inspirasi konten menarik berikut mungkin emang udah banyak banget di TikTok. Namun, konten masak di TikTok ini banyak peminatnya loh. Apalagi sejak masa karantina di rumah aja kemarin, membagikan tips bahkan resep masak yang simple hingga yang ribet bisa banget buat konten kamu jadi fyp di TikTok.

4. DIY - Life Hacks

Kamu suka banget bikin sesuatu dengan hasil kerja tangan sendiri? Pas banget kalau gitu buat konten TikTok menarik satu ini! Bukan hanya bisa dinikmati sendiri hasilnya, tapi kamu juga bisa berbagi prosesnya loh dengan para user dan followers kamu di TikTok! Lakukan saja dengan konsisten, apalagi dengan isi video yang jelas dan bermanfaat bagi orang lain. Dalam sekejap tentunya kamu bisa mengumpulkan like yang banyak.

Selain konten DIY, apabila kamu pernah menemukan cara baru atau sederhana yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh orang banyak, maka kamu bisa membagikan konten jenis Life Hacks di TikTok. Berguna banget pasti.

5. Beauty & Fashion

Untuk konten TikTok yang menarik satu ini, kamu bisa mencobanya dengan membuat video tentang solusi kecantikan atau apa saja sih yang sedang tren saat ini di dunia fashion. Bisa juga melalui video mix & match outfit, berguna banget pastinya untuk user TikTok yang suka dunia beauty & fashion.

6. Story Telling

Konten dengan tema story telling mungkin sudah sering kamu jumpai di Youtube. Namun kamu juga bisa loh mencoba membuat konten TikTok yang menarik satu ini untuk para followers kamu di TikTok. Mungkin bisa dibuat lebih singkat agar mudah dipahami. Mengingat bahwa durasi video di TikTok tidak bisa terlalu panjang, maka kamu bisa membaginya dalam beberapa part di TikTok. Konten story telling menarik di TikTok ini bisa tentang apa saja ya, sesuaikan saja dengan apa yang kamu suka agar berbagi kisahnya pun tidak merasa terbebani.

7. "Racun"

Racun yang dimaksud di sini bukan mematikan ya gais, malah bisa membawa keberuntungan buat kamu. Yap! Konten TikTok menarik berikutnya adalah konten jenis "racun". Jika kamu suka menonton channel Youtube dengan konten Haul, maka dipastikan kamu akan suka pula dengan konten racun. Konten TikTok jenis ini biasanya berisi tentang bahasan belanja atau semacam rekomendasi tempat belanja barang-barang menarik. Konten satu ini cocok juga digunakan untuk user TikTok yang punya bisnis kecil-menengah-hingga besar untuk memperkenalkan bisnisnya via TikTok.

8. Humor - Receh

Sadar gak sih kamu kalau konten receh itu sebenarnya punya manfaat yang sangat besar saat ini di media sosial? Tidak sedikit orang bahkan perusahaan yang ingin memperkenalkan brand mereka menggunakan konten dengan jenis humor receh ini, dan hasilnya bisa menarik engagement yang banyak loh! So, kalau kamu tertarik membuat konten-konten jenis ini, tentu seru banget bisa jadi hiburan serta manfaat bagi orang lain. Cobain deh bikin konten yang menarik ini di TikTok kamu. Inget ya, intinya konten apapun bukan hanya harus menarik tapi memberikan manfaat atau berguna untuk orang banyak pasti bakal masuk fyp.
Share This Article :
Peri Hardiansyah

Seorang blogger dan urban farmer, juga sebagai buzzer dan influencer.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7472166934831473300