BLANTERVIO103

Jenis Janda Bolong Dengan Harga Termahal

Jenis Janda Bolong Dengan Harga Termahal
Tuesday, November 17, 2020

Bunga Janda Bolong

Mengenal Monstera Adansonii Atau Janda Bolong 

Tanaman janda bolong tengah menjadi perbincangan. Di media sosial, banyak yang membagikan soal tanaman janda bolong ini. Bahkan, ada yang memperjualbelikannya dengan harga tinggi hingga Rp 120 jutaan.

Apa itu tanaman hias janda bolong? Mari mengenalnya lebih jauh.

Tanaman janda bolong memiliki nama ilmiah Monstera adansonii. Pada bulan september yang lalu, diberitakan Monstera adansonii variegata ada yang terjual hingga Rp 95 juta-Rp 100 juta Janda bolong juga dikenal dengan dengan sebutan tanaman keju Swiss.\

Melansir United States Department of Agriculture Natural Resources Conservation Service, klasifikasi ilmiah tanaman ini adalah sebagai berikut:

- Kerajaan: Plantae

- Sub kingdom: Tracheobionta

- Divisi: Magnoliophyta

- Class: Lilliopsida

- Family: Araceae

- Genus : Monstera Adans

Menurut Gardens By The Bay, Monstera adansonii memiliki daun dengan lubang-lubang yang berbentuk oval yang tidak beraturan dan daun hias yang bertepi penuh. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Monstera adansonii merupakan tanaman merambat dan cocok dijadikan tanaman teralis.

Jika ditopang pada tiang, maka janda bolong akan tumbuh tinggi dengan daun semakin besar. Jika dijadikan tanaman hias, tanaman ini biasanya tingginya sekitar 1 meter. Akan tetapi, jika di alam, tinggi janda bolong dapat mencapai 2-4 meter. 

Monstera adansonii memiliki kerabat yang mirip dengan jenis Monstera deliciosa. Keduanya sama-sama memiliki bentuk mencolok yakni daun yang berlubang. Sebagai tempat hidupnya, tanaman ini cocok dengan cahaya matahari tidak langsung, seperti tempat hidup aslinya di alam liar dan tumbuh di bawah naungan pohon. Tempat paling cocok adalah tanah berbasis gambut dalam lubang pot yang memiliki lubang drainase besar.

Gambut mampu menahan kelembapan di dalam tanah tanpa harus tergenang air. Untuk menjaganya tetap tumbuh, tempelkan jari ke dalam tanah untuk melihat seberapa basah atau kering tanah tersebut. Jika hampir kering, maka sirami dan jangan biarkan janda bolong mengering seluruhnya. Janda bolong memiliki sekitar 41 spesies yang masuk dalam genus Monstera, dan semuanya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Harga Jenis Janda Bolong Termahal

Salah satu jenis tanaman yang sedang paling tren adalah Monstera Adansonii Variegata atau yang lebih dikenal dengan sebutan Janda Bolong. Harganya pun fantastis, bisa mencapai ratusan juta rupiah. Biasanya, bibit tanaman dijual paling murah seharga Rp 2 juta-Rp 3 juta.

Setelah beberapa waktu, bibit tanaman yang tumbuh dengan baik bisa dijual hingga Rp 5 juta. Pada awalnya, monstera merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup langka di Indonesia. Namun alasan lain mengapa monstera booming di masyarakat lantaran adanya cerita mengenai seorang petani di daerah Bogor yang berhasil menjual tanamannya kepada orang Jepang dengan harga mencapai Rp 120 juta, hanya 6 daun. 

Sejak saat itulah, monstera jadi viral dan popularitasnya terus meningkat pesat. Alasan lainnya adalah adanya kombinasi warna putih dan hijau pada daun Janda Bolong yang sering disebut dengan efek mutasi genetik secara alami.

Untuk 1 pot dengan daun 3 helai dipatok seharga Rp 90 juta. Namun yang anakan dengan daun kecil-kecil dihargai Rp 45 juta. Selain Janda Bolong yang mengalami mutasi dan Janda Bolong Monstera Obliqua adalah salah satu Janda Bolong termahal. Harga 1 potnya mencapai Rp 120 juta dengan jumlah 3 helai daun.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang menentukan mahal tidaknya harga tanaman janda bolong:

Kondisi Daun Tanaman

Daun monstera yang baik, biasanya terdapat lubang-lubang yang menjadi ciri khasnya. Tanaman ini sudah dikenal di kalangan pencinta tanaman hias. Bentuknya yang unik, biasa digunakan untuk memperindah ruangan. Bahkan banyak cafe maupun restoran yang memanfaatkan tanaman ini sebagai hiasan untuk interiornya.

Kondisi Akar Tanaman

Kondisi akar yang kuat juga menentukan seberapa tinggi nilai harga janda bolong tersebut.

Jumlah Daun Tanaman

Biasanya jika ukurannya sudah cukup besar, tanaman hias ini akan dihargai per helai daun.

Bentuk monstera yang memiliki lubang-lubang pada daun dianggap memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan jenis tanaman hias lain.

Perbedaan Janda Bolong Asli Dengan Janda Bolong Palsu

Janda bolong ini merupakan jenis tanaman yang sangat langka bahkan jarang dibudidayakan. Dibandingkan daun, ukuran dan penampilan daunnya sekilas mirip dengan Monstera Adansonii namun tanaman Monstera jenis ini sangat jarang dijumpai sehingga harga jualnya sangat tinggi.

Di sekitar tempat tinggal, kita pasti juga kerap menjumpai tanaman yang bentuknya mirip dengan janda Bolong bukan?.  Tanaman ini sering tergantung di depan rumah-rumah dengan daun yang tampak rimbun dan menjuntai.

Monstera biasa ini juga bisa tumbuh merambat pada botol dengan air. Harganya pun jauh berbeda dengan Janda Bolong Obliqua yaitu seharga Rp 20 ribu sampai Rp 100 ribu saja.

Ada Permainan Harga?

Ada alasan lain yang menyebabkan melambungnya harga Janda Bolong, bukan karena keunikan fisiknya saja, faktor lainnya adalah adanya bentuk dari permainan harga.

Banyak pihak yang melansir bahwa melambungnya arga tanaman ini hanya sebatas dari permainan dagang atau harga untuk tanaman hias. Fenomena serupa pernah terjadi saat harga Anthurium atau Gelombang Cinta meroket pada 2007 silam. Namun popularitasnya diprediksi bisa menurun.

Diperkirakan, jika sudah banyak yang produksi tanaman ini, maka akan mengakibatkan harga di pasaran menjadi turun drastis.

Gimana, tertarik koleksi janda bolong?.

Share This Article :
Peri Hardiansyah

Menulis tentang apa yang terlintas di pikiran, Semoga bermanfaat untuk diri sendiri dan khalayak luas.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 14 komentar:

  1. Mas Peri, aku mah takut liat tanamannya. Ngebayanginnya kaya digigit ulat gitu. duhhh maafkan ya. padahal tau itu tanaman cantik, tapi jadi merinding.

    ReplyDelete
  2. Mahal banget ya, pantas ada khabar yang katanya tanaman hiasnya ada yang dicuri, mungkin karena saking mahalnya kali ya, tanaman hias mengalahkan godaan logam mulia.

    ReplyDelete
  3. iya nih, permainan harga doang ya
    dulu ibuku sempet ngikutin yang gelombang cinta dan anthurium, sama euphorbia waktu itu

    untungnya ibu nggak ngikutin yang lagi rame2 ini ya
    wuah abis ntar duitnya haha

    ReplyDelete
  4. Saya juga melihat fenomena Janda Bolong ini kayak fenomena Gelombang Cinta, harganya melambung karena settingan dari pihak tertentu yang punya power buat menjadikan sebuah tanaman ngetrend.

    ReplyDelete
  5. oh ini janda bolong tuh harganya wow , aku aja kemren sok lho ka tmn beli tamhias monstera , tembus 450 ribu include vitamin tamanya nya , ini ada yang lebih bikin shock janda bolong

    ReplyDelete
  6. Aku kok gak tertarik sama Monstera ya. Mahal dan sayang gitu kalau buat beli dan dijadiin pajangan. Belum lagi nanti dimakan ulat dan lainnya

    ReplyDelete
  7. Aku tertarik sih mas punya janda bolong, tapi selama harganya masih melambung kayanya enggak dulu deh, hihihi nanti nunggu harganya turun aja baru pengen punya. Gpp deh kalo gak hits lagi asal bisa punya dengan harga ramah

    ReplyDelete
  8. Janda bolong oh janda bolong. Namamu sengeri hargamu. Untuk tanamannya cantik. Ga heran banyak diburu bu ibu pecinta tanaman hias.

    ReplyDelete
  9. Cantik banget emang ya daunnya. Warnanya bisa dua gitu, trus lubang-lubangnya cantik. Masya Allah.. Allah tuh beneran Maha Pencipta dan Maha Kreatif ya. Tapi aku sendiri tentu saja cuma suka lihat, enggak mau beli. Soalnya gak ada duit sebesar itu buat beli. Hahaha.

    ReplyDelete
  10. Lagi populer buangeettt nih si janda bolong
    bisa dibilang ini berkah pandemi buat yg berkutat di bisnis tanaman hias.
    kalo daku, ga terlalu demen tanaman gini.
    sukanya piara kucing doang wkwkwkw

    ReplyDelete
  11. Bener ih...fenomena Pandemi yang sungguh mencengangkan adalah Harga tanaman menjadi meningkat.

    Dan salut juga..daya beli tetap tinggi untuk tanaman Hands Bolong ini.

    ReplyDelete
  12. Dulu di rumah nenek belakang banyak janda bolong, tumbuh liar. Skrng jadi barang lngka dan mahal heheheh. Untung aku punya satu pot.

    ReplyDelete
  13. ya sih..aku ngerasa ini permainan harga..dan jadi pada latah soalnya keladi-keladi yang biasa juga ikutan naik harganya..padahal biasanya dicuekin aja heheheheh

    ReplyDelete
  14. Seperti yang sudah sudah. Semua adalah permainan harga dan media jadi alatnya.
    Sama seperti tanaman zamia yang dijatuhkan agar anturium naik, lalu ganti lagi dan lagi.
    Berita baiknya sekarang banyak jenis bunga yang naik bersamaan, tidak monopoli.
    Tapi trend kali ini entah kenapa saya tidak seberapa suka. Monstera dan caladium bagi saya agak kurang menarik.
    Tapi suami saya suka, jadinya ya punya beberapa. Hehehehe

    ReplyDelete
7472166934831473300